26 April 2024 - 17:39 17:39

Bukit Soeharto Jadi Satu dari Tiga Lokasi Alternatif Ibu Kota Baru

WartaPenaNews, Jakarta – Derasnya gagasan yang diusulkan sejumlah daerah guna penempatan lokasi alternatif calon pengganti ibu kota negara, membuat Presiden Joko Widodo langsung bergerak, Selasa (7/5). Kalimantan Timur salah satu provinsi yang dituju. Lokasinya di Bukit Soeharto, yang terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Presiden mengakui, ada beberapa lokasi yang 1,5 tahun terus ditunjau. “Ya, salah satunya Bukit Soeharto. Di sini semuanya sangat mendukung. Kebetulan di tengah-tengah jalan tol Samarinda-Balikpapan,” timpalnya.

Balikpapan dan Samarinda memiliki airport, sehingga tidak perlu membuat airport lagi. Pelabuhan pun sudah tersedia. “Artinya itu akan banyak menghemat biaya,” sambungnya.

Namun Presiden mengingatkan, kajian itu tidak hanya urusan infrastruktur, sosiologisnya, kemudian kajian sosial politiknya seperti apa, ini yang perlu dipertajam.

Selain itu, juga urusan lingkungan dan misalnya kebutuhan air seperti apa, apakah jauh dari sisi kebencanaan, entah banjir, entah yang namanya gempa bumi. “Saya kira di sini enggak ada,” ujarnya.

Saat ditanya wartawan apakah berarti sudah ada deal, Presiden Jokowi menegaskan semuanya masih dikalkulasi, masih dihitung. Tetapi secara khusus Presiden menilai, bahwa fasilitas-fasilitas yang ada di Kaltim ini sangat mendukung, terutama tadi airport. “Jalan tol nanti tahun ini Insyaallah sudah jadi juga. Sangat mendukung itu,” tegasnya.

Selama peninjauan berlangsung, Presiden dan rombongan yang tiba di lokasi sekitar pukul 14.00 WITA mendapatkan paparan dari Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim Zairin Zain.

“Intinya kita akan ingin melihat visi ke depan kita seperti apa dan yang paling penting Indonesia sebagai negara besar kita ingin memiliki juga pusat pemerintahan yang terpisah dengan pusat ekonomi, bisnis, perdagangan, dan jasa. Ya ini, kita ingin menapak ke depan sebagai sebuah negara maju,” jelasnya.

Presiden menegaskan, ada tiga lokasi alternatif pemindahan lokasi ibu kota dari Jakarta. Salah satunya adalah Bukit Soeharto itu. Sedang dua tempat lainnya juga akan ditinjaunya.

Nah, setelah kunjungan dirinya dan sejumlah menteri, nantinya akan ada tim ke lapangan lagi untuk melakukan kajian lebih detil lagi. “Ini harus sangat terencana, sangat matang, sehingga saat memutuskan itu betul-betul kondisinya betul-betul benar, gitu lho,” tegasnya.

Demikian juga sisi anggarannya, menurut Presiden juga ada kajian untuk keuangannya, sebagaimana yang disampaikan oleh Menteri Keuangan agar tidak membebani APBN.

Terpisah, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan, pemindahan ibu kota negara merupakan bagian dari pengembangan wilayah metropolitan di Indonesia menuju Indonesia Sentris. “Namun demikian, Jakarta akan tetap menjadi kota bisnis dan keuangan,” terangnya.

Selain lokasi strategis, calon ibukota juga tersedia lahan yang luas, serta bebas dari bencana seperti gempa bumi, gunung berapi, banjir, kebakaran hutan, dan sebagainya.

Selain itu, lokasi ibu kota baru juga harus memiliki sumber daya air yang cukup dan bebas pencemaran lingkungan, dekat dengan kota existing, dan tidak memiliki risiko potensi konflik sosial serta memiliki budaya terbuka terhadap pendatang.

“Yang tidak kalah penting, lokasinya memenuhi perimeter pertahanan dan keamanan nasional,” terangnya.

Untuk diketahui kunjungan Presiden Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro, serta Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan A. Djalil. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

01
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

02
|
26 April 2024 - 10:13
Warga Kalimantan Enggan Jual Tanahnya untuk Pembangunan IKN

WARTAPENANEWS.COM –  Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkapkan salah satu tantangan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) adalah masalah tanah. Sebab masih ada sebagian warga Kaimantan yang

03