27 April 2024 - 07:52 7:52

Hubungan Pakistan-RI Kian Erat Di Segala Sektor

Hubungan Pakistan-RI Kian Erat Di Segala Sektor

Dalam rangka memperinggati Hari Kemerdekaan Pakistan Ke-73, Kedutaan Besar Pakistan di Indonesia menggelar serangkaian ceremonial hal ini turut diselingi dengan memperingati hari raya idul fitri 1440 H.

Duta Besar Pakistan untuk Indonesia Abdul Salik Khan dalam sambutannya mengatakan, hubungan antara Pakistan dan Indonesia sudah berlangsung lama sebelum negaranya memperoleh kemerdekaan. Terlebih lagi kedua negara ini juga memiliki kesamaan, mayoritas penduduknya beragama Islam.

“Kita juga ingin hubungan dengan negara-negara lain semakin semakin membaik, agar tercipta dunia yang damai. Demikian pula kita berharap hubungan dengan Indonesia semakin hari semakin baik,” kata Salik Khan disela acara di kantor Kedutaan Besar Pakistan di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (14/8).

Ia pun menceritakan kepada wartapenanews, kunjungan Presiden Joko Widodo ke Pakistan pada tahun 2018 lalu, semakin menegaskan jalinan hubungan kedua negara ini semakin erat, baik itu disektor perekonomian, ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, dsb.

Tak hanya itu, Presiden RI Joko Widodo juga pernah melakukan kunjungan kerja ke Islamabad pada 2018 silam. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menyampaikan, sejak pemberlakuan Preferential Trade Agreement (PTA) pada 2013, nilai perdagangan Indonesia dan Pakistan meningkat signifikan, dari USD1,6 miliar pada 2013 menjadi USS2,1 miliar pada 2016.

Selain itu, Jokowi juga ingin meningkatkan kerja sama di dunia Islam, mempromosikan Islam moderat serta persatuan ummah, membantu perjuangan bangsa Palestina, meningkatkan ekonomi umat, seperti sertifikasi halal dan bisnis berbasis syariah.

Salik memuji kebangkitan ekonomi Indonesia yang kian maju pesat. Menurut dia, Pakistan harus mencontoh gerak cepat Indonesia dalam bidang ekonomi. “Indonesia adalah sahabat dekat kami sebagai sesama negara Muslim. Ekonomi Indonesia sangat maju pesat dan kami harus mencontoh kebangkitan ekonomi Indonesia,” ujarnya.

Tak hanya di bidang ekonomi, Pakistan dan Indonesia juga memiliki hubungan baik di bidang politik, sains, pendidikan bahkan di bidang media.

“Kami menawarkan sejumlah beasiswa untuk warga Indonesia, sebaliknya pun Indonesia memiliki program tersebut. Di bidang pendidikan, kami terus meningkatkan kerja sama,” ucap dia.

Selain pendidikan, ujar Salik Khan, jurnalis Pakistan dan Indonesia juga memiliki hubungan yang baik. Ia menambahkan, Pakistan sempat mengadakan program pertukaran antar jurnalis dua negara.

Sangat Terbuka Untuk Wisatawan Indonesia

Pakistan terkenal dengan objek wisata sejarah dan pegunungan Himalaya yang merupakan salah satu gunung tertinggi di dunia. Wilayah perbatasan Pakistan dengan Tiongkok dan Afghanistan memiliki pesona alam yang luar biasa, dan terbaik di dunia.

Terkait pengembangan pariwisata tersebut Pemerintah Republik Islam Pakistan mempersilahkan para wisatawan asal Indonesia untuk mengunjungi negara tersebut.

“Untuk wisatawan, silahkan kapan saja berkunjung ke Pakistan. Banyak sekali destinasi dan objek wisata yang ada di sana. Alam pegunungannya luar biasa,” kata Salik Khan .

Negara yang terletak di kawasan Asia Selatan ini memiliki pemandangan terbaik di dunia. Terlebih lagi, negara ini memiliki nuansa tropis dan empat musim sekaligus.

“Seorang blogger asal Indonesia yang sudah mengunjungi lebih dari 100 negara mengaku takjub dan mengatakan Pakistan memiliki pemandangan terindah di dunia yang pernah dia lihat,” tutup Salik Khan.

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 18:53
Sharp Indonesia Umumkan Pemenang Program Sharp Lovers Day-Sharp Fiestapora

WARTAPENANEWS.COM –  Kampanye penjualan besutan Sharp Indonesia bertajuk Sharp Lovers Day – Fiestapora telah berakhir akhir Maret 2024 lalu. Sukses dilaksanakan sejak tujuh tahun silam, Sharp Lovers Day hadir guna

01
|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

02
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

03