26 April 2024 - 19:17 19:17

Ini Alasannya Kenapa Gelombang Hawa Panas Hambat Jalur Transportasi di Eropa

WartaPenaNews, Jakarta – Jika Anda sedang pergi dengan kereta api saat ini di Eropa, anda untung jika metode pendingin udara di kereta berperan baik. Di negara teknologi maju sekali lantas, perangkat yang dipasang seringkali mengalami problem, jika suhu udara mencapai tingkat berlebihan. Tetapi Anda pun harus bersiap-siap mengalami keterlambatan kereta api atau malahan kemelut skedul. Sebab metode signal kereta api di selama rel pula seringkali bermasalah.

Suhu udara tinggi bisa menyebabkan tidak berfungsinya metode signal transportasi rel. Bukan cuma itu, di banyak tempat, rel-rel kereta malahan dapat bengkok dibawah teriknya matahari. Kejadian ini dikenal sebagai sun kink.

Seseorang juru bicara perusahaan kereta api Jerman Deutsche Bahn mengaku kalau “teknologi kami telah mencapai batasnya dalam suhu berlebihan ini.”

Karena itu, keberangkatan sejumlah kereta harus dihentikan atau di tunda. Hal demikian terjadi di Jerman selama minggu ini. Di Prancis dan Inggris, otoritas berotoritas menganjurkan para penumpang untuk menghindari perjalanan kereta api, jika memungkinkan.

Pergi dengan mobil pula terhalang

Orang Jerman dikenal edan mobil. Tapi biarpun mobil mereka dapat lari kencang dan di jalan tol tidak ada penentuan kecepatan secara umum, mereka tidak dapat apa-apa jika di permukaan jalan aspal tiba-tiba ada lubang menganga.

Panas yang berlebihan dapat menyebabkan aspal mencair dan permukaan beton melengkung dan patah. Di Jerman ini dikatakan sebagai blow-up. Lempengan beton tidak memiliki cukup ruang untuk memuai setelah terkena panas. Lempengan itu selanjutnya sama-sama dorong dan akhirnya patah. Ini terutama terjadi di bagian jalan yang relatif sudah tua.

Di Belanda, otoritas berotoritas sudah beberapa langkah lebih tambah maju hadapi kejadian ini. Dewan kota Arnhem contohnya memutuskan untuk melakukan suatu hal, yang biasanya justru dilakukan pada musim salju: menyirami jalan dengan garam. Sebab diketahui, garam ternyata tidak dapat tingkatkan daya cengkeram ban sewaktu aspal tertutupi salju, akan tetapi bisa juga digunakan untuk hentikan pelelehan aspal pada cuaca panas yang berlebihan. Garam dapat menarik kelembapan dari udara dan mendinginkan permukaan jalan.

Bagaimana dengan transportasi air dan penerbangan?

Naik kapal telusuri Sungai Rhein di Jerman memang menyenangkan, sembari didera angin sepoi-sepoi. Tetapi kesempatan ini, otoritas lalu lintas sungai mengingatkan kalau permukaan air sedang turun. Di banyak tempat, Rhein sudah tidak dapat dilayari. Tingkat air yang rendah pula melumpuhkan lalu lintas Sungai Donau di Bayern, hingga otoritas ditempat melarang kapal-kapal pesiar menggunakan sungai pada arah selama 60 kilometer.

Anda mungkin akan berpikir, pesawat terbang yaitu moda transportasi terunggul, karena memang pesawat didesain dan ditambahkan untuk menangani baik suhu rendah atau suhu tinggi yang berlebihan. Tetapi itu semua ada batasnya. Bila suhu melampaui 47 derajat Celcius, pesawat akan “didaratkan” (grounded), karena beberapa produsen pesawat tidak menanggung kalau pesawat akan berperan penuh. Sebab kian hangat, tambah berkurang kepadatan udara, yang pada gilirannya membuahkan lebih dikit arus angin dibawah sayap, yang diperlukan pesawat untuk melaju di udara.

Jadi yang paling selamat bersepeda saja? Tak juga. Sebab dokter mengingatkan, pada suhu panas berlebihan, badan dengan cepat dapat mengalami dehidrasi, jadi jauhi kegiatan fisik berlebihan, seperti berjalan cepat, lari dan bersepeda. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 18:53
Sharp Indonesia Umumkan Pemenang Program Sharp Lovers Day-Sharp Fiestapora

WARTAPENANEWS.COM –  Kampanye penjualan besutan Sharp Indonesia bertajuk Sharp Lovers Day – Fiestapora telah berakhir akhir Maret 2024 lalu. Sukses dilaksanakan sejak tujuh tahun silam, Sharp Lovers Day hadir guna

01
|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

02
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

03