Kelas Kreatif Forum Warta Pena di Halal Indonesia Expo 2019

WartaPenaNews, Jakarta– Jum’at 28 Juni 2019, menjadi hari penuh barokah bagi team Forum Warta Pena dan Sanina Art & Culinary Center yang sukses menyelenggarakan Workshop kreatif, “Yuk, Berkreasi Dengan Pau Halal & Lucu.

Even yang berlangsung di Theatre 2, Arena Pameran Hall B JCC merupakan dukungan kami terhadap even Akbar “Halal Indonesia Expo 2019, di Jakarta Convention Center.

Even yang menandai keberadaan Forum Warta Pena (FWP) sebagai komunitas pekerja media yang peduli dan trampil memberikan solusi dengan kemasan kekinian ini, diikuti belasan kelompok peserta ibu dan anak. Mereka lebur menjadi tim yang kompak membuat dan membentuk pao dengan beragam karakter.

Imam, Wakil Ketua Forum Warta Pena mengatakan, “Kuliner halal yang banyak diproduksi kelompok Ukm, sudah sepatutnya tersertifikasi halal untuk memberikan perlindungan dan rasa tentram umat Islam Indonesia dalam menjalankan kehidupannya. Sayangnya, aspek halal yang menjadi kebutuhan ini belum banyak diakomodir”.

Ia melanjutkan, melalui workshop yang FWP selenggarakan bekerja sama dengan Sanina Art & Culinary Center, Insya Allah kaum ibu akan mendapat gambaran tahapan-tahapan seputar kuliner halal yang bisa diolah di dapur sendiri, kata Imam.

Ena Lubis, Founder Sanina Art and Culinary Center yang juga praktisi kuliner Ukm halal
menyorot banyak aspek produksi yang harus dipersiapkan sebelum pelaku mengajukan sertifikasi halal ke MUI.

Yang lebih penting, pelaku ukm harus konsisten untuk terus melakukan tahapan-tahapan produksi halal dari hulu ke hilir.

Lebih lanjut Ena menyoal kuliner halal harus tayib, atau bermanfaat bagi tubuh. Pelaku ukm harus trampil memilah dan memilih bahan-bahan yang digunakan, selain halal, harus menggunakan bahan berkualitas terbaik.

Pedoman pengurangan lemak, gula, dan garam sepatutnya dijadikan acuan dalam mengolah produk kuliner, tegas Ena.

Tantangan Pao Karakter, Aksi Seru Ibu dan Anak

Senyum ceria anak-anak dan antusias para ibu terlihat ketika Ena memulai kelas, “Membuat pao di masa sekarang terasa lebih mudah, karena sudah banyak diproduksi tepung yang diformulasi khusus seperti Cakra Kembar Emas Roti Pao & Mantao dari Bogasari. Yang merupakan jenis tepung premiks yang dibuat dari campuran gandum keras dan gandum lunak pilihan yang alami,” ujar Ena.

Jika ibu-ibu menggunakan Cakra Kembar Emas Roti Pao & Mantao tambahnya. Hasil pao akan lebih lembut dengan warna putih alami. Kulit pao halus mengkilat dan tidak keriput. “Selain itu, hasil pao yang ibu anak jumlahnya akan lebih banyak lho,” tegas Ena.

Ada banyak keceriaan yang dibagikan Bunda dan anak-anaknya. Salah peserta diantarannya, Bunda Corry terlihat sabar memberikan arahan kepada Genta ketika memberikan warna karakter Spiderman pada adonan pao.

“Warna spiderman itu merah lho nak, gunakan pewarna ini, tapi jangan diberi terlalu banyak ya, tetesi secukupnya saja, kemudian aduk-aduk hingga rata, agar hasilnya menarik,” kata Bunda Corry memberikan arahan kepada Genta.

Tangan Genta pun penuh warna dan campuran adonan terigu. Tapi Bunda dan anak ini tetap asyik dan sibuk berkreasi membuat 2 karakter lain dari adonan pao mereka.

Kehebohan serupa dialami Bunda Yuli dan Afid putranya. Walau sudah berhasil membuat adonan pao, tapi mereka bingung menentukan karakter apa yang harus dibuat. Ide untuk membuat bunga pun menjadi project mereka.

“Selain lucu, bunga itu kan indah ya Mah,” kata Afid sambil membentuk kelopak dengan tangan mungilnya.

Bunda Yuli dan Afid harus menyelesaikan pao tepat waktu, karena selesai workshop harus buru-buru menuju ke sekolah untuk mengambil rapor, oalaaah…

Ini Dia, Pemenang Kreasi Pao Halal & Lucu

Waktu 1 jam untuk membuat 3 pao dengan karakter berbeda bisa diselesaikan dengan baik oleh seluruh peserta. Aroma harum sedap dari pao warna-warni yang baru matang dikukus menggoda anak-anak dan Bunda untuk mencicipinya. Rasanya benar-benar lezat, tekstur pao terasa lembut dengan aroma harum sedap, kata seluruh peserta.

Bunda Ena dan Ka Boim dari Forum Warta Pena mulai memilih kreasi pao terlucu, yang dikerjakan secara kompak antara Bunda dan anaknya.

Pemenang akan mendapatkan voucher menginap dari Hotel Amaroossa Cosmo Jakarta, lampu belajar Philips, peranti cantik Vicenza, dan sertifikat.

Favorit
Bunda Corry dan Genta Arisudana Krisna
Bunda Revalina dan Sabrina Fauziyyah Maheswari

Juara III
Bunda Dewi Purbo Sejati dan Shalomyta Angel Lona Djara

Juara II
Bunda Nurul Adawiyah dan Alesha Humaira

Juara I
Bunda Dwi Kusuma Dewi dan Jade Kasih Lubis.

Terima kasih kepada panitia Halal Indonesia Expo yang telah memberi kepercayaan kepada Forum Warta Pena sebagai pengisi acara. Bunda Ena dari Sanina Art & Culinary Center, Seluruh peserta Bunda-bunda dan anak-anak hebat, serta pihak pendukung acara. (Bud)

ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here