27 April 2024 - 10:08 10:08

KLB PSSI Digelar Usai Lebaran, Alasannya…

WartaPenaNews, Jakarta – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah memastikan tanggal penyelengaraan Kongres Luar Biasa (KLB). Keputusan tanggal KLB PSSI yang dihasilkan dari rapat Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Kamis (2/5) kemarin itu jatuh pada 13 Juli 2019.

KLB PSSI yang masih belum memutuskan lokasinya itu akan membahas tiga agenda utama yakni, merevisi Statuta PSSI, kemudian mengubah kode pemilihan PSSI, dan yang ketiga memilih anggota baru untuk Komite Pemilihan (KP) serta Komite Banding Pemilihan (KBP).

“Pelaksanaan KLB ini sesuai dengan saran dan masukan dari FIFA yang disampaikan ke PSSI melalui surat resminya SG/nak/Ini tanggal 24 April 2019 yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal FIFA,” tutur Iwan Budianto dalam siaran pers yang diterima wartawan di Jakarta, Kamis (2/5).

“PSSI secara intens berkomunikasi dengan FIFA, tak hanya terkait soal KLB, tetapi juga program dan masalah organisasi lainnya,” sambung Iwan yang ditetapkan sebagai Plt Ketum PSSI melalui rapat Exco tersebut.

Khusus revisi Statuta dan Kode Pemilihan, Iwan Budianto menjelaskan bahwa FIFA kini tengah mereview dan akan memberikan catatan. Rencananya hasil review FIFA akan disampaikan pada 12 Mei 2019, mendatang.

“PSSI selambatanya akan memberikan feedback (balasan) pada 30 Mei 2019. Sedangkan, finalisasi bersama akan dilakukan pada 6 Juni 2019, mendatang,” tutur Iwan.

Iwan menambahkan draft revisi statuta dan draft kode pemilihan PSSI akan dilampirkan dalam notifikasi dan undangan KLB yang akan dikirimkan sebulan sebelum waktu penyelenggaraan yakni, pada 12 Juni 2019. Mengenai kandidat nama-nama calon KP dan KBP akan diputuskan dalam Rapat Exco berikutnya.

Lebih lanjut, Iwan menuturkan bahwa FIFA menyarankan pergantian struktur kepengurusan PSSI diadakan pada Kongres tahunan PSSI, Januari 2020. Dalam kongres itu baru akan menentukan 15 orang yang mengisi Anggota Exco PSSI yang terdiri dari Ketua Umum dan dua Wakil Ketua Umum, serta 12 anggota.

“Komunikasi kami dengan FIFA, intinya FIFA ingin PSSI untuk tetap menjalankan programnya sesuai time line, seperti kompetisi dan program FIFA Forward yang terdiri dari Pengembangan pelatih dan pemain melalui FILANESIA dan Pengembangan Wasit,” jelasnya.

“Terlebih lagi, Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah untuk kualifikasi Piala AFC U16 dan U19. Karena itu, Kongres Biasa Pemilihan akan dilaksanakan pada 25 Januari 2020, lebih cepat dari masa jabatan yaitu November 2016-November 2020,” tandas Iwan.

Iwan menambahkan digelarnya KLB pada 13 Juli 2019 mendatang itu sekaligus menghormati perayaan Hari Raya Idul Fitri yang jatuh di tanggal 6 dan 7 Juni 2019. Dimana, dalam wakut satu bulan setelah Hari Raya arus transporstasi masih cukup padat. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 18:53
Sharp Indonesia Umumkan Pemenang Program Sharp Lovers Day-Sharp Fiestapora

WARTAPENANEWS.COM –  Kampanye penjualan besutan Sharp Indonesia bertajuk Sharp Lovers Day – Fiestapora telah berakhir akhir Maret 2024 lalu. Sukses dilaksanakan sejak tujuh tahun silam, Sharp Lovers Day hadir guna

01
|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

02
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

03