26 April 2024 - 16:29 16:29

Lakukan 7 Hal Ini untuk Memulai Hidup Sehat

WartaPenaNews, Jakarta - Memulai diet, menjalankan gaya hidup sehat dan seimbang memang tak pernah mudah. Dibutuhkan niat dan determinasi yang kuat untuk bisa menjalaninya secara konsisten.

Sebab, memang ada garis tipis antara menantang diri sendiri untuk jadi lebih baik dengan membuat diri sendiri menjadi tertekan hingga akhirnya stres. Untuk mencegah hal ini, maka dalam menjalankan diet sehat bisa dimulai dengan melakoni gaya hidup sehat secara perlahan-lahan.

Lalu adakah trik yang bisa dilakukan untuk bisa beralih menjalani gaya hidup sehat jadi lebih mudah? dilansir dari Foodbeast, Sabtu (11/5/2019), ini dia 7 life hacks agar lebih mudah beralih ke gaya hidup sehat:

1. Tambahkan konsumsi air mineral

Hidrasi atau memenuhi kebutuhan air mineral harian sangatlah penting. Di zaman canggih dan modern seperti sekarang begitu banyak aplikasi gratis di ponsel yang bisa dimanfaatkan, sebagai pengingat diri agar jangan sampai kurang mengonsumsi air mineral sehari-hari. Terpenuhinya kebutuhan asupan air mineral harian, tidak hanya membuat tubuh berenergi namun hidrasi juga bagus untuk mengurangi berat badan.

2. Masak makanan di rumah

Memasak bisa jadi kegiatan yang menenangkan sekaligus menyenangkan. Coba ajak teman-teman dan memasak bersama di akhir pekan, buatlah hidangan sebanyak yang kita bisa dengan adanya bala bantuan dari teman-teman terdekat. Tak perlu hidangan yang rumit, buat hidangan simpel seperti ayam, salad, sandwhich. Nah kita tinggal menyantap hidangan yang sudah dimasak tersebut selama pekan berikutnya.

3. Persiapkan makanan sebelumnya

Selama akhir pekan. Anda bisa memasak aneka masakan, membuat dressing, dan juga melakukan semua memotong, memarinasi alias merendam dalam bumbu semua bahan yang Anda inginkan. Kemudian simpan semuanya di lemari es, dalam wadah tersendiri masing-masing. Selain itu, cobalah memilih resep dengan jumlah bahan yang sedikit, tiga hingga lima, sehingga Anda tidak perlu banyak persiapan atau belanja bahan-bahan makanan.

4. Ubah mindset soal kudapan

Snacking alias ngemil memang mengasyikkan, tapi jika ingin punya gaya hidup sehat, maka camilan seperti keripik kentang asin, atau cokelat yang manis harus dilupakan. Masih banyak loh camilan ringan yang renyah, punya rasa gurih ataupun manis yang bisa dikonsumsi tanpa masalah. Contohnya, buat sendiri granola bar di rumah dengan cara memilih sendiri kacang-kacangan dan buah-buahan kering yang ingin digunakan. Atau bisa saja mengemil simpel, dengan mengunyah sepotong apel segar.

5. Bikin smoothies

Sembari menyiapkan menu makanan, kita bisa juga sekaligus menyiapkan smoothies yang penuh nutrisi di rumah. Cukup potong buah-buahan dan sayur-sayuran yang akan digunakan, simpan di wadah ziploc khusus freezer. Voila! Ketika dibutuhkan hendak diolah, kita tinggal mengeluarkannya dari kulkas lalu memasukkannya ke blender. Hemat waktu dan membuat sesi minum smoothies jadi lebih mudah kan?

6. Perbanyak sayuran

Jika tak terlalu suka mengonsumsi sayuran secara langsung, bisa diakali dengan cara menambahkan lebih banyak sayuran pada smoothies. Bayam, kale, bit, bisa digunakan sebagai sayuran dalam smoothies. Bahkan ketika ingin menyantap pizza atau muffin, bisa loh dengan memasukkan bunga kol atau cauliflower menjadi salah satu bahan utama.

7. Olahraga saat kerja

Tidak punya waktu cukup karena sibuk bekerja biasanya memang jadi alasan banyak orang untuk melewatkan berolahraga. Well, sebetulnya banyak jenis gerakan olahraga yang bisa dilakukan di meja kerja loh! Dan jangan lupa untuk membiasakan diri untuk lebih memilih menaiki tangga dibandingkan instan menaiki lift ya! (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

01
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

02
|
26 April 2024 - 10:13
Warga Kalimantan Enggan Jual Tanahnya untuk Pembangunan IKN

WARTAPENANEWS.COM –  Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkapkan salah satu tantangan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) adalah masalah tanah. Sebab masih ada sebagian warga Kaimantan yang

03