27 April 2024 - 06:30 6:30

Normalkah Bila Mengalami Keputihan ketika Hamil Tua?

WartaPenaNews, Jakarta - Keputihan adalah hal lumrah yang dialami oleh kaum hawa. Ketika Anda masih remaja dan sebelum menikah, kerap kali mengalami keputihan bukan? Namun, bagaimana jika mengalami keputihan saat hamil tua? Apakah itu normal atau berbahaya?

Yuk, cari tahu apakah keputihan saat hamil trimester tiga normal atau tidak! Selain itu, temukan pula keputihan pada ibu hamil yang normal dan cara mengatasi keputihan saat hamil tua agar kondisi janin dan kehamilan tetap dalam kondisi baik.

Apa itu keputihan?

Keputihan adalah cairan yang keluar dari liang vagina seorang wanita. Dalam istilah medis, keputihan juga disebut dengan leukore atau flour albus. Istilah keputihan dalam bahasa Inggris adalah vaginal discharge atau white discharge.

Ada dua jenis keputihan, yaitu keputihan fisiologis dan keputihan patologis. Keputihan fisiologis merupakan keputihan normal, sedangkan keputihan patologis adalah keputihan abnormal.

Jenis keputihan fisiologis dikatakan keputihan normal dan tidak berbahaya karena terjadi sebagai dampak fisiolgis tubuh yang tidak terelakan seperti siklus haid, rangsangan seksual, perubahan hormonal, dan lainnya.

Hal tersebut berbeda pada keputihan patologis. Keputihan patologis disebut keputihan tidak normal karena disebabkan oleh bakteri, jamur, atau penyakit tertentu pada wanita. Jenis keputihan ini harus segera ditangani.

Banyak wanita hamil cemas karena mengalami keputihan saat menginjak trimester tiga. Terlebih lagi, keputihan tersebut semakin banyak dan memiliki perbedaan karakteristik aroma, warna, dan kekentalan dari keputihan yang dialami biasanya.

Apakah itu normal atau tidak? Keputihan saat hamil bisa normal dan bisa tidak normal. Anda tidak perlu cemas jika keputihan tersebut normal. Akan tetapi, Anda perlu waspada bila keputihan tersebut memiliki ciri-ciri keputihan patologis.

Keputihan normal pada ibu hamil disebabkan karena perubahan hormon yang berdampak pada peningkatan jumlah cairan vagina dan terjadinya penurunan tingkat keasaman vagina. Hal tersebutlah yang membuat keputihan semakin banyak saat hamil tua.

Anda perlu cemas jika ternyata keputihan tersebut bersifat patologis. Keputihan patologis adalah keputihan tidak normal dan berbahaya pada ibu hamil dan janinnya. Jadi, bahaya atau tidaknya keputihan pada ibu hamil tergantung pada jenisnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 18:53
Sharp Indonesia Umumkan Pemenang Program Sharp Lovers Day-Sharp Fiestapora

WARTAPENANEWS.COM –  Kampanye penjualan besutan Sharp Indonesia bertajuk Sharp Lovers Day – Fiestapora telah berakhir akhir Maret 2024 lalu. Sukses dilaksanakan sejak tujuh tahun silam, Sharp Lovers Day hadir guna

01
|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

02
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

03