26 April 2024 - 14:01 14:01

Pekan Terakhir Serie A Dijamin Bakal Panas

WartaPenaNews, Jakarta – Serie A musim ini sangat pantas disebut sebagai liga paling sengit dari lima liga elite Eropa.

Bagaimana tidak. Di saat liga-liga sudah menemukan siapa tim juara, tim-tim yang finis empat besar, dan tim-tim terdegradasi, kompetisi tertinggi Italia itu masih harus menunggu hingga giornata pemungkas untuk menuntaskan beberapa diantaranya.

Ya, hanya kepastian Juventus sebagai pemegang scudetto yang sudah diketahui sejak giornata ke-33 (21/4).

Untuk perebutan empat besar, ada empat tim yang berkesempatan menemani Juve dan Napoli. Yakni, Atalanta, Inter Milan, AC Milan, dan AS Roma. Sebab, gap antara Atalanta yang ada di tempat ketiga dan Roma di posisi keenam hanya 3 poin (66-63).

”(Lolos, red) Liga Champions akan luar biasa. Tapi, kami tidak boleh berpikir bahwa itu sudah ada dalam genggaman (dengan saat ini ada di peringkat ketiga, red). Saya harap semua penggemar yang kami miliki di Roma (final Coppa Italia 16/5) juga datang ke Stadio Reggio-Emilia (kandang Sassuolo untuk giornata pemungkas, Red),” ucap allenatore Atalanta Gian Piero Gasperini kepada Tuttosport.

Eks pelatih Inter itu sedikit menyesalkan hasil timnya yang hanya bermain imbang 1-1 kontra Juve di Allianz Stadium. Sebab, jika menang, maka Josip Ilicic dkk hanya butuh hasil seri kontra Sassuolo sebagai jaminan ke Liga Champions musim depan.

Hal serupa berlaku bagi Inter. Mereka wajib menang melawan Empoli pada giornata pemungkas. Masalahnya, Empoli yang saat ini ada di peringkat ke-17 dengan 38 belum aman dari ancaman degradasi. Itulah yang membuat meski laga dihelat di Giuseppe Meazza peluang kedua tim masih fifty-fifty.

Nah, kondisi Atalanta-Inter bisa dimanfaatkan Milan dan Roma yang hanya menghadapi SPAL dan Parma yang sudah aman dari degradasi. Apalagi, Serie A menggunakan penilaian head to head dua pertemuan musim ini apabila ada dua tim dengan poin sama.

Dan, itulah keuntungan yang dimiliki Milan. Rossoneri unggul head to head dari Atalanta. Jika nilai keduanya serupa pekan depan, maka Milan yang berhak berada satu peringkat di atas Atalanta.

Untuk Giallorossi, kans mereka memang paling tipis daripada tiga tim lainnya. Selain harus menang minimal 6-0 dari Parma, Daniele De Rossi dkk juga berharap Inter yang ada di tempat keempat kalah dari Empoli dan Milan juga kalah dari SPAL. Sebab, head to head pertemuan Roma dengan Inter dan Atalanta sama kuat.

Jika sudah begitu, maka penentuan siapa yang berhak di posisi lebih baik jika ada beberapa tim dengan poin sama, adalah menggunakan head to head selisih gol.

”Itu (melawan Empoli, Red) adalah laga fundamental bagi kami seperti hidup dan mati,” kata pelatih Nerazzurri Luciano Spalletti. Sama seperti Atalanta, Inter bisa lebih tenang menatap giornata pemungkas jika mereka bisa menang dari Napoli kemarin. Tapi, alih-alih menang, Inter justru dihajar 1-4.

Bagaimana dengan persaingan lolos dari jerat degradasi. Persaingannya lebih sengit. Sebab, ada lima tim yang masih berkesempatan bertahan. Yakni, Genoa, Empoli, Udinese, Fiorentina, dan Bologna.

Sama halnya dengan persaingan di empat besar, gap antara Genoa yang ada di peringkat ke-18 dengan Bologna di posisi ke-14 hanya 3 poin (37-40).

”Saya prihatin untuk Genoa (terancam terdegradasi, Red). Saya harap mereka bisa bertahan dan kami juga bisa ke Liga Champions musim depan,” ucap striker Milan yang didatangkan dari Genoa Januari lalu Krzysztof Piatek. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

01
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

02
|
26 April 2024 - 10:13
Warga Kalimantan Enggan Jual Tanahnya untuk Pembangunan IKN

WARTAPENANEWS.COM –  Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkapkan salah satu tantangan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) adalah masalah tanah. Sebab masih ada sebagian warga Kaimantan yang

03