27 April 2024 - 01:37 1:37

Tips Mencegah Kenaikan Berat Badan di Kantor

WartaPenaNews, Jakarta – Rutinitas mengonsumsi cemilan, jarang bergerak, dan depresi terkait pekerjaan ternyata bisa menyebabkan berat badan naik di kantor. Tanpa ada diakui, faktor-faktor berikut yang membuat Anda kesusahan jaga berat badan baik sekalinya sudah jalani gaya hidup sehat di rumah.

Lalu, bagaimana cara menahan kenaikan berat badan yang tidak Anda sadari?
Panduan simpel menahan kenaikan berat badan di kantor

Anda habiskan hampir setengah hari ada dalam tempat kerja. Hari-hari Anda juga dipenuhi dengan aktivitas yang tak ada habisnya. Ke-2 hal ini jadi masalah buat beberapa orang untuk jaga konsumsi makanan dan berat badannya.

Tetapi, Anda sekarang bisa berusaha jaga berat badan baik dengan mengaplikasikan panduan tersebut:

1. Bawa bekal

Penyebab kenaikan berat badan di kantor bisa berasal dari makan siang, cemilan, dan hidangan yang Anda mengonsumsi pada perayaan di kantor.

Bawa bekal akan menolong Anda memonitor konsumsi makanan yang Anda mengonsumsi setiap hari.

Supaya faedahnya lebih berasa, jangan batasi bekal Anda cuma untuk makan siang. Sediakan juga cemilan sehat untuk mengganjal perut pada saat-saat tersendiri, contohnya jam 10 pagi setelah sarapan atau pada sore hari.

Dengan demikian, Anda tidak akan terlalu tertarik untuk terus-terusan ngemil yang tak sehat.

2. Mempersiapkan cemilan sehat

Beberapa kantor menyediakan cemilan gratis yang dapat diambil setiap saat. Meskipun lezat, cemilan itu biasanya tinggi gula, tinggi lemak jemu, dan secara keseluruhnya, tidak sehatkan.

Cemilan semacam ini memberikan kalori tambahan tetapi tidak padat nutrisi.

Untuk menahan berat badan naik di kantor, bekali diri Anda dengan pilihan cemilan yang lebih sehat. Merujuk pada American Heart Association, pilihan cemilan yang dianjurkan diantaranya:

Buah-buahan fresh atau buah-buahan kering tanpa gula penambahan
Sayuran fresh seperti paprika, wortel, brokoli, tomat ceri, edamame, dan timun Jepang
Cracker, roti, dan produk yang lain yang berasal dari gandum utuh
Kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah, kenari, dan pistachio
Yogurt rendah lemak atau bebas lemak
Popcorn rendah garam
Keju rendah lemak atau bebas lemak

3. Tidak kerja saat makan siang

Rutinitas multitasking ternyata bisa jadi pemicu berat badan naik di kantor. Saat makan siang, coba untuk konsentrasi pada makanan Anda. Jauhi melakukan kegiatan lain seperti kerja di muka komputer atau mengecek ponsel.

Bila konsentrasi terpecah, otak tidak dapat konsentrasi pada apa yang Anda makan. Ini membuat Anda cepat merasakan lapar setelah makan siang. Pada akhirnya, Anda seringkali makan cemilan pada jam-jam tersendiri setelah makan siang.

4. Tidak melampiaskan depresi dengan makan

Beban pekerjaan salah satu sumber utama depresi. Tidak dapat disangkal, banyak pekerja kantoran yang melampiaskan stresnya dengan makan sekalian kerja.

Rutinitas itu mungkin meredakan depresi, tetapi berikut yang membuat berat badan Anda naik di kantor.

Bila Anda makan untuk meredakan depresi, Anda akan terus melakukannya. Untuk menahan kenaikan berat badan, lakukan kegiatan lain untuk meredakan depresi Anda.

Contohnya melakukan tehnik pernafasan, berjalan kaki, dan mengobrol sesaat.

5. Masih aktif bergerak

Kerja 8 jam sehari tidak jadi penghambat untuk aktif bergerak. Anda dapat melakukan gerakan-gerakan simpel pada saat tersendiri.

Salah satunya saat pergi, pada pukul istirahat, atau setiap beberapa saat sekali ditengah-tengah waktu kerja. Berikut beberapa panduan supaya Anda tetap aktif bergerak untuk menahan berat badan naik di kantor:

Berjalan kaki, naik kendaraan umum, atau bersepeda ke kantor bila memungkinkan.
Berdiri dan berjalan setiap kali mengusung telephone.
Bawa bola fitness atau dumbbell. Gunakan pada jam-jam senggang.
Kencangkan otot dada dan perut selama 10 detik saat duduk. Ulangilah sekitar 10 kali, kerjakan setidaknya 3 kali dalam sehari.
Meluruskan kaki kanan sampai sejajar dengan pinggul selama 10-15 menit. Ulangilah dengan kaki kiri.
Berjinjit selama beberapa menit sekalian berpegangan pada bangku.

Banyak yang tak sadar jika kenaikan berat badan dapat dikarenakan oleh kebiasaan kantor. Jarang-jarang bergerak, makan makanan tak sehat ialah dua faktor utamanya.

Rutinitas ini lambat-laun bisa menyebabkan masalah kesehatan, terutama pada jantung dan skema peredaran darah. Melakukan perbaikan kebiasaan di kantor tidak cuma bermanfaat untuk jaga berat badan, dan juga melindungi Anda dari efek penyakit itu. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 18:53
Sharp Indonesia Umumkan Pemenang Program Sharp Lovers Day-Sharp Fiestapora

WARTAPENANEWS.COM –  Kampanye penjualan besutan Sharp Indonesia bertajuk Sharp Lovers Day – Fiestapora telah berakhir akhir Maret 2024 lalu. Sukses dilaksanakan sejak tujuh tahun silam, Sharp Lovers Day hadir guna

01
|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

02
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

03