28 April 2024 - 01:22 1:22

Kepala Terasa Sakit Ketika Sedang Lapar? Ini jawaban Dokter

WarataPenaNews, Jakarta – Banyak yang menduga bunyi perut keroncongan itu tanda lapar. Tetapi diluar itu, sebagian orang terkadang merasakan sakit kepala yang cukup hebat saat belum makan atau melepaskan agenda makannya. Kok dapat, ya, mengalami sakit kepala saat sedang lapar?

Apa pemicu sakit kepala saat lapar?

sakit kepala tegang

Badan memerlukan persediaan daya yang cukup sebagai bahan bakar untuk mendukung semua aktivitas fisik. Baiknya, sumber makanan menyediakan sejumlah daya yang langsung bisa digunakan atau disimpan terlebih dulu oleh badan.

Saat Anda belum makan benar-benar, atau terakhir makan beberapa saat yang lalu, otomatis persediaan dan cadangan daya di badan alami penurunan. Keadaan ini pasti akan membuat kadar gula darah alami penurunan. Walau sebenarnya, gula darah dihandalkan sebagai sumber daya dari berbagai beberapa sel badan.

Bila kadar gula atau glukosa darah ini turun sampai dibawah 70 mg/dL, artinya Anda mengalami hipoglikemia. Ini membuat otak otomatis melepas hormon, karena merasakan persediaan gula darah dan daya di badan sudah mulai tipis.

Tidak hanya jadi tanda lapar, timbulnya hormon ini membuat tekanan darah bertambah, pembuluh darah menyempit, sampai membuat otot menegang. Semua keadaan itu yang akhirnya menyebabkan rasa sakit kepala ada saat sedang lapar.

Karena itu itu, semestinya jangan sampai Anda telat makan atau bahkan tidak isi perut benar-benar. Rutinitas itu akan menyebabkan hipoglikemia dan akhirnya sakit kepala juga menyerang.

Tanpa ada sadar, hal tersebut dapat menyebabkan sakit kepala kumat kembali saat sedang lapar. Bahkan juga, kelaparan terkadang dapat membuat beberapa orang mengalami migrain.
Apa gejala yang lain yang mungkin ada?

lemas saat puasa

Kelaparan tidak cuma memunculkan sakit kepala saja, tetapi dapat juga membuat Anda mengalami berbagai gejala yang lain. Tersebut salah satunya:

Merasakan kepala seakan diikat kencang oleh tali
Merasakan adanya tekanan di dahi atau bagian kepala
Alami kemelut di leher dan pundak
Gampang geram
Badan lemas

Bila penurunan kadar gula darah ini tidak segera kembali pada tingkat umumnya, gejala bisa berkembang makin lebih buruk. Tidak hanya sakit kepala, penurunan kadar gula darah saat lapar meningkatkan gejala misalnya:

  • Badan merasakan dingin
  • Sakit perut
  • Susah menyamakan badan
  • Tidak sadarkan diri

Beberapa gejala itu biasanya tidak hadir pada sebuah waktu secara bersamaan. Sebelumnya, sakit kepala akan ada terlebih dulu saat sedang lapar, yang selanjutnya baru dibarengi oleh gejala yang lain.

Hanya satu cara untuk menyembuhkan sakit kepala karena perut belum mendapatkan konsumsi makanan hanya dengan makan.

Sesudah badan mendapatkan konsumsi makanan, biasanya gejala-gejala itu juga akan makin lama makin lenyap sekitar 30 menit setelah itu.
Dapatkah sakit kepala saat lapar ini dihindari?

bikin gemuk badan meningkatkan bagian makan

Berlainan dengan jenis sakit kepala yang lain, sakit kepala saat lapar ini tambah lebih mudah dihindari. Anda perlu makan tepat waktu, dan jangan coba-coba untuk tunda makan karena alasan apapun.

Bila perlu, usahakan untuk selalu menyediakan cemilan atau makanan dalam bagian dikit sebagai pengganjal perut sementara.

Jadi, saat di jam makan Anda masih direpotkan oleh aktivitas lain hingga belum sudah sempat makan, cemilan itu dapat dikit menolong. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03