25 May 2024 - 21:17 21:17

2030, Istanbul Berpotensi Diguncang Gempa Besar

wartapenanews.com – Gempa 7.8 magnitudo yang mengguncang Turki pada pekan lalu memicu kekhawatiran baru. Bencana serupa berpotensi terjadi di Istanbul.

Bila kekhawatiran itu terjadi bisa jadi jumlah korban jiwa jauh lebih besar dari gempa tenggara. Pada gempa 6 Februari menyebabkan lebih dari 38 ribu orang di Turki kehilangan nyawa.

Menurut penelitian sejumlah seismolog, kemungkinan gempa besar akan terjadi di Istanbul pada 2030. Istanbul merupakan kota terbesar dan rumah bagi 16 sampai 20 juta warga.

Istanbul juga terletak di salah satu patahan utama di Turki. Dengan penduduk mencapai puluhan juta kepadatan di Istanbul sangat tinggi.

Pada 1999 lalu gempa besar yang terjadi di sebelah timur kota tersebut menyebabkan 17 ribu orang. Saat itu jumlah penduduk Istanbul dua kali lebih sedikit.

Seorang sarjana perkotaan Turki, Murat Gurney, mengatakan korban jiwa dalam jumlah besar bisa terhindar bila pemerintah memiliki kemampuan merelokasi warga yang tinggal di bangunan tak layak dan tempat kumuh.

“Gempa besar lebih dari 7.5 magnitudo diprediksi terjadi di Istanbul. Gempa semacam itu bisa menyebabkan kematian ratusan ribu orang dan juga total bangunan roboh dan rusak parah sekitar 50 ribu sampai 200 ribu,” kata Guney kepada AFP.

“Bangunan berisiko tinggi, yang mayoritas liar dan tidak tahan gempa, harus segera ditranformasi agar mereka tidak roboh bahkan terhadap gempa kecil sekali pun,” sambung dia.

Meski prediksi yang disampaikan mengerikan, Guney mengatakan masih ada kabar baik. Setelah 2008 Istanbul punya 150 ribu bangunan tahan gempa yang masih belum ditempati.

“Mereka milik perusahaan kontruksi yang menunggu pelanggan, atau rumah kedua atau ketiga orang kaya yang tak mau repot-repot menyewa apartemen,” ucap Guney.

“Jumlah bangunan kosong cukup untuk mereka yang mau pindah dari bangunan risiko tinggi.

Namun, keputusan politik belum pernah diambil oleh pemerintah,” ucap dia.

Guney menambahkan, selain pemindahan dan pembangunan bangunan tahan gempa, Pemerintah Turki didorong untuk menggelontorkan dana pencegahan gempa.

“Uang pajak tidak digunakan dengan baik dan efisien,” tutur dia. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 May 2024 - 12:41
Terjadi Lagi, Bus Rombongan Study Tour Alami Kecelakaan di Sumsel

WARTAPENANEWS.COM – Kecelakaan bus rombongan study tour kembali terjadi, kali ini dialami oleh bus membawa rombongan study tour Sekolah Dasar (SD) yang diduga dari Kecamatan Cempaka, Kabupaten OKU Timur, Sumatera

01
|
25 May 2024 - 11:38
Di Wilayah Ini, Kendaraan Tanpa Pelat Nomor Makin Marak

WARTAPENANEWS.COM –  Kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil tanpa pelat nomor (TNKB) kembali marak di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Ironisnya, para pengemudi kendaraan ini rata-rata mengemudi secara ugal-ugalan

02
|
25 May 2024 - 10:39
Makin Meluas, Ada 47 RT di Jakarta yang Terendam Banjir

WARTAPENANEWS.COM – Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya mulai Jumat (24/5), menimbulkan genangan dan banjir di sejumlah wilayah, Sabtu (25/5). BPBD DKI melaporkan, banjir siang ini meluas hingga ke

03