21 April 2024 - 21:05 21:05

3 Khasiat Lengkuas untuk Kesehatan

WartaPenaNews, Jakarta – Tak hanya membuat masakan jadi lebih sedap, lengkuas juga dipercaya sebagai obat. Salah satu khasiat lengkuas adalah untuk menyehatkan usus.

Dilansir dari Mind Body Green, lengkuas bisa dibuat menjadi rebusan kaldu untuk mendapatkan khasiatnya. Lengkuas merupakan bagian dari tanaman akar-akaran, keluarga tanaman yang sama dengan jahe. Tidak seperti jahe, lengkuas hanya bisa diiris, tidak diparut, karena bagian luarnya lebih keras.

Lengkuas juga memiliki rasa yang jauh lebih kuat daripada rasa pedas jahe. Lengkuas juga disebut sebagai jahe Thailand karena popularitasnya, yang telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan ayurveda serta obat-obatan dalam budaya Asia lainnya.

Lengkuas memiliki kolagen dan nutrisi lain yang cocok dengan senyawa kuat lainnya yang bekerja untuk menyembuhkan usus melalui berbagai cara. Apa saja khasiatnya?

1. Anti-inflamasi
Peradangan adalah penyebab sekaligus efek kesehatan usus yang buruk. Beberapa penelitian telah menunjukkan kemampuan lengkuas untuk menenangkan peradangan di seluruh tubuh dengan menurunkan sitokin pro-inflamasi IL-6 dan jalur inflamasi NF-kb karena kandungan fitonutriennya.

2. Antibakteri dan Antijamur
Ketidakseimbangan bakteri dalam microbiome juga berkontribusi terhadap masalah usus dan memicu peradangan. Salah satu infeksi bakteri yang paling umum di dunia adalah H. pylori dengan jenis bakteri tertentu yang telah dikaitkan dengan tukak lambung dan masalah usus lainnya. Lengkuas telah terbukti membantu meringankan bisul serta menghilangkan keberadaan bakteri ini. Itu juga telah ditunjukkan untuk melawan bakteri kuat lainnya seperti E. coli, clostridium, staphylococcus, dan salmonella.

3. Merawat Usus
Meningkatkan autophagy, proses tubuh membersihkan sel-sel tua dan rusak. Sehingga memberi jalan bagi sel-sel muda yang lebih sehat. Penelitian baru menunjukkan bahwa autophagy diperlukan untuk mengatur keseimbangan bakteri yang tepat dalam usus dan mempertahankan lapisan usus yang sehat. Lengkuas telah terbukti secara langsung menginduksi proses autophagy. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03