2 Februari 2023 - 14:37 14:37
728x90

3 Khasiat Lengkuas untuk Kesehatan

WartaPenaNews, Jakarta – Tak hanya membuat masakan jadi lebih sedap, lengkuas juga dipercaya sebagai obat. Salah satu khasiat lengkuas adalah untuk menyehatkan usus.

Dilansir dari Mind Body Green, lengkuas bisa dibuat menjadi rebusan kaldu untuk mendapatkan khasiatnya. Lengkuas merupakan bagian dari tanaman akar-akaran, keluarga tanaman yang sama dengan jahe. Tidak seperti jahe, lengkuas hanya bisa diiris, tidak diparut, karena bagian luarnya lebih keras.

Lengkuas juga memiliki rasa yang jauh lebih kuat daripada rasa pedas jahe. Lengkuas juga disebut sebagai jahe Thailand karena popularitasnya, yang telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan ayurveda serta obat-obatan dalam budaya Asia lainnya.

Lengkuas memiliki kolagen dan nutrisi lain yang cocok dengan senyawa kuat lainnya yang bekerja untuk menyembuhkan usus melalui berbagai cara. Apa saja khasiatnya?

1. Anti-inflamasi
Peradangan adalah penyebab sekaligus efek kesehatan usus yang buruk. Beberapa penelitian telah menunjukkan kemampuan lengkuas untuk menenangkan peradangan di seluruh tubuh dengan menurunkan sitokin pro-inflamasi IL-6 dan jalur inflamasi NF-kb karena kandungan fitonutriennya.

2. Antibakteri dan Antijamur
Ketidakseimbangan bakteri dalam microbiome juga berkontribusi terhadap masalah usus dan memicu peradangan. Salah satu infeksi bakteri yang paling umum di dunia adalah H. pylori dengan jenis bakteri tertentu yang telah dikaitkan dengan tukak lambung dan masalah usus lainnya. Lengkuas telah terbukti membantu meringankan bisul serta menghilangkan keberadaan bakteri ini. Itu juga telah ditunjukkan untuk melawan bakteri kuat lainnya seperti E. coli, clostridium, staphylococcus, dan salmonella.

3. Merawat Usus
Meningkatkan autophagy, proses tubuh membersihkan sel-sel tua dan rusak. Sehingga memberi jalan bagi sel-sel muda yang lebih sehat. Penelitian baru menunjukkan bahwa autophagy diperlukan untuk mengatur keseimbangan bakteri yang tepat dalam usus dan mempertahankan lapisan usus yang sehat. Lengkuas telah terbukti secara langsung menginduksi proses autophagy. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
sidang ferdy sambo
Hari Ini, Enam Eks Anak Buah Sambo Jalani Sidang Tuntutan
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
2 Februari 2023 - 12:03
Rekonstruksi Ulang Kecelakaan Mahasiswa UI Dijaga Ketat Polisi

wartapenanews.com - Puluhan polisi tampak berbaris, menjaga ketat tempat kejadian perkara (TKP) rekonstruksi ulang kecelakaan Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Hasya Attalah Syaputra di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Puluhan polisi

01
|
2 Februari 2023 - 11:08
Nunung Divonis Idap Kanker Payudara

wartapenanews.com -  Kabar kurang menyenangkan datang dari pelawak Nunung Srimulat. Belum lama ini, ia divonis dokter mengidap penyakit kanker payudara. Awalnya, Nunung merasakan ada benjolan di sekitar payudaranya. Namun, ia

02
|
2 Februari 2023 - 10:06
Hari Ini, Polda Metro Gelar Rekonstruksi Ulang Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI

wartapenanews.com - Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi ulang kasus kecelakaan yang menewaskan mahasiswa UI, Muhammad Hasya Atallah (18), di Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, hari ini, Kamis (2/2). Polisi

03