27 February 2024 - 23:46 23:46

Penting! Ini Tips Mengatasi Mata Merah

WartaPenaNews, Jakarta – Salah satu gangguan pada mata yang sering dialami banyak orang adalah mata merah. Mata merah tidak hanya mengganggu penampilan saja, tetapi juga mengganggu aktivitas harian seseorang.

Kebanyakan kasus menunjukkan bahwa orang-orang yang terkena gangguan mata merah juga akan mengalami rasa gatal pada mata, pusing, penglihatan kabur dan berair.

Mata merah terjadi karena adanya peradangan pada selaput-selaput yang menutupi bagian putih pada mata dan selaput-selaput pada bagian dalam pada kelopak mata.

Pada beberapa kasus, mata merah juga disebabkan oleh virus yang sifatnya bisa menular. Berikut ini beberapa tips mengatasi mata merah, seperti dilansir dari laman Health, Sabtu (16/6).

1. Antibiotik topikal
Antibiotik topikal dalam bentuk tetes mata atau salep hanya bisa membantu mengobati mata merah yang disebabkan oleh bakteri, bukan mata merah yang disebabkan oleh virus.

Tetapi Anda mungkin bahkan tidak membutuhkan mereka untuk mengalahkan bakteri.

“Satu-satunya alasan untuk mengobati mata merah bakteri ringan adalah untuk mempersingkat jalannya penyakit dan membuat anak-anak kembali ke sekolah lebih cepat atau orang dewasa kembali bekerja lebih cepat,” kata K. David Epley, MD, juru bicara klinis untuk American Academy of Ophthalmology.

2. Obat antiviral
Ada beberapa virus yang bisa menyebabkan gejala mata yang bisa diobati dengan obat antivirus yang diresepkan oleh dokter Anda dalam bentuk tetes mata, salep atau pil.

Virus varicella zoster – yang menyebabkan cacar air dan herpes zoster – adalah virus herpes dan juga bisa menyebabkan mata merah.

Ini sering terasa sangat menyakitkan dan Anda bisa mengurangi penglihatan dan kepekaan terhadap cahaya.

Seringkali jenis mata merah ini juga datang dengan ruam melepuh di sekitar mata dan dahi.

Jika Anda memiliki gejala-gejala ini, segera kunjungi dokter mata Anda.

3. Eyewashes
Konjungtivitis virus dan bakteri juga bisa datang dengan rasa menyengat, terbakar, gatal, lengket dan penglihatan kabur dari penumpukan lendir.

Anda bisa menggunakan pencuci mata untuk membersihkan lendir. Ini juga menyingkirkan beberapa bakteri atau virus.”

Carilah produk yang dijual bebas yang mengatakan “pencuci mata” atau “saline steril.”

Larutan garam steril yang biasanya digunakan untuk lensa kontak akan melakukan trik, pastikan Anda tidak mendapatkan pembersih secara tidak sengaja.

Itu tidak akan menyenangkan untuk masuk ke mata Anda.

4. Kompres basah
Menaruh kompres basah di atas mata Anda tidak menyembuhkan mata merah Anda, tetapi itu dapat membantu meringankan gejalanya.

Gunakan kompres dengan hati-hati, jika tidak, Anda berisiko menulari mata Anda yang lain atau orang lain.

Letakkan es batu dan sepotong kasa di kantong plastik zip-top. Biarkan kasa menjadi sangat dingin, tekan di mata Anda selama 30 hingga 60 detik, lalu buang. (*/dbs)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 February 2024 - 12:12
Ini Penyebab Sakit Kepala karena Sering Begadang

WARTAPENANEWS.COM  -  Terlalu asik mengerjakan sesuatu terkadang membuat Anda lupa waktu untuk beristirahat. Kerap kali waktu tidur di malam hari dimanfaatkan untuk begadang menyelesaikan beberapa pekerjaan atau sekadar asik berselancar

01
|
27 February 2024 - 11:08
Rumah Warga di Cilodong Kebakaran

WARTAPENANEWS.COM  - Sebuah rumah di Perumahan Taman Cimanggis Indah, Sukamaju, Cilodong, Kota Depok, kebakaran, pada Senin 26 Februari 2024, sekira pukul 23.55 WIB. Kasi Penyelamatan Dinasb Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan

02
|
27 February 2024 - 10:13
Pemkot Depok Tutup JPO di Taman SeCawan untuk Sementara

WARTAPENANEWS.COM  - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) menutup sementara jembatan penyebrangan orang (JPO) yang ada di Taman SeCawan Jalan Salak, Depok Jaya, Pancoran Mas,

03