4 May 2024 - 20:22 20:22

4 Jenis Ikan Ini Aman Dikonsumsi bagi Penderita Asam Urat

WartaPenaNews, Jakarta – Jika Anda mengidap penyakit asam urat, salah satu pantangan yang harus hindari adalah mengonsumsi makanan hasil laut atau seafood. Bukan tanpa alasan, ada banyak jenis ikan yang mempunyai kandungan purin cukup tinggi, sehingga bisa memicu kenaikan kadar asam urat di dalam tubuh.

Padahal, ikan sendiri merupakan makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Ikan mengandung lemak omega-3 dan omega-6 yang baik untuk kesehatan otak dan jantung sekaligus sebagai sumber protein hewani yang baik sebagai pengganti daging.

Memang, ada beberapa jenis ikan yang mempunyai kandungan purin yang terbilang tinggi, sehingga konsumsinya yang berlebihan justru tidak baik bagi tubuh. Ikan teri, haring, dan sarden adalah beberapa jenis ikan di antaranya. Mengonsumsinya dalam jumlah banyak untuk pengidap asam urat akan memperburuk nyeri pada sendi.

Meski demikian, ternyata masih ada jenis ikan yang aman dikonsumsi untuk pengidap asam urat. Apa sajakah itu?

Ikan Lele
Ikan satu ini sangat mudah dijumpai, harganya pun sangat terjangkau. Lele menjadi jenis ikan yang aman dikonsumsi oleh pengidap penyakit asam urat karena kandungan purinnya yang terbilang lebih rendah dibandingkan ikan lainnya.

Tidak hanya itu, lele juga menjadi makanan laut sumber vitamin D yang sangat baik. Vitamin D ini akan membantu penyerapan kalsium, sehingga kesehatan tulang selalu terjaga. Di samping itu, juga membantu menjaga sistem kekebalan tubuh sekaligus membantu pertumbuhan sel.

Ikan Nila
Selain kandungan purin yang rendah, ikan nila juga rendah akan kandungan lemak. Selain itu, kandungan selenium pada ikan nila juga terbilang tinggi, yang berfungsi sebagai antioksidan yang membantu menangkal masuknya radikal bebas pada tubuh, menjaga kesehatan kelenjar getah bening, dan membantu meringankan risiko terserang penyakit yang berhubungan dengan daya ingat seperti alzheimer.

Ikan Kakap Merah
Sama seperti halnya lele, ikan kakap merah juga mempunyai kandungan vitamin D yang cukup tinggi, dan rendah lemak seperti ikan nila. Kandungan-kandungan yang baik inilah yang membuat ikan kakap merah menjadi jenis ikan yang aman dikonsumsi untuk pengidap asam urat.

Ikan Salmon
Ikan salmon sudah tidak asing lagi manfaatnya untuk tubuh. Tidak hanya baik untuk kesehatan otak, paru-paru, sirkulasi darah, dan jantung, kandungan lemak omega-3 di dalam ikan salmon juga dapat meringankan risiko terserang gout yang sering kali dialami oleh pengidap penyakit asam urat.

Studi yang dimuat dalam jurnal Arthritis & Rheumatology menyebutkan, pengidap asam urat yang rutin mengonsumsi ikan salmon setidaknya 2 hari sebelum menjalani pemeriksaan ternyata mempunyai risiko terserang gout 33% lebih rendah dibandingkan dengan pengidap yang tidak mengonsumsi salmon. Bahkan, dampaknya pun jauh lebih baik dibandingkan dengan konsumsi rutin suplemen omega-3.

Meskipun baik untuk dikonsumsi pengidap penyakit asam urat, tetap ada batasan konsumsi setiap jenis ikan bagi penderita asam urat. Misalnya, ikan kakap merah baik dikonsumsi antara 3 sampai 6 kali dalam 1 bulan. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
4 May 2024 - 12:14
Mal Rabinza di Lebak Hangus Terbakar

WARTAPENANEWS.COM – Kebakaran hebat terjadi di Mal Rangkasbitung Indah Plaza (Rabinza), Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada Sabtu (4/5/2024) dini hari. Informasi diperoleh, peristiwa itu terjadi pukul 00.25 WIB.

01
|
4 May 2024 - 11:13
Mayat Pria Ditemukan Tanpa Busana di Perumahan Sukabumi

WARTAPENANEWS.COM – Warga di Perumahan Frinanda, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, digegerkan dengan penemuan mayat pria dalam kondisi telanjang. Kejadian tragis tersebut terjadi di rumah blok B1 Nomor 1

02
|
4 May 2024 - 10:06
Exit Tol Jagorawi Arah Puncak Macet, Contraflow Diberlakukan di KM 44

WARTAPENANEWS.COM – Kemacetan terjadi di exit Tol Jagorawi arah Puncak pagi ini, Sabtu (4/5). Ini disebabkan wisatawan yang akan berlibur ke kawasan Puncak pada weekend. Informasi dari Jasa Marga, kemacetan

03