7 May 2024 - 23:47 23:47

8 Cara Agar Tak Tertular Virus Corona di Pesawat

WartaPenaNews, Jakarta – Virus corona kini telah menjadi perhatian serius pemerintah. Pemerintah telah melakukan serangkaian antisipasi terutama di bandara atau pintu masuk ke Indonesia sebagai bentuk pencegahan virus corona masuk ke Indonesia.

Salah satunya dengan memasang thermal check, hingga pemeriksaan kesehatan oleh petugas KKP bandara terhadap orang-orang yang masuk dari beberapa negara yang telah terpapar virus corona. Tetapi bukan hanya pemerintah saja, masyarakat juga harus aware terutama mereka yang ingin bepergian ke luar negeri menggunakan pesawat terbang agar tidak terserang virus corona.

Berikut ini langkah pencegahan virus corona saat berada di bandara maupun dalam pesawat seperti dikutip dari laman USA Today.

1. Sering-seringlah mencuci tangan, dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik. Centers for Disease Control and Prevention America (CDC) mengatakan ini adalah tindakan pengendalian infeksi yang paling penting, dan daftar pertama di antara pedoman untuk mencegah penyebaran penyakit pada pesawat komersial.

2. Bawalah pembersih tangan berbahan dasar alkohol (CDC merekomendasikan setidaknya yang mengandung 60 persen alkohol) jika air tidak ada di dekatnya.

3. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut Anda dengan tangan yang belum dicuci, CDC memberi tahu awak pesawat dan penumpang.

4. Biarkan ventilasi udara di atas kursi Anda terbuka untuk meningkatkan sirkulasi udara. Analis frequent flier dan travel Henry Harteveldt dari Atmosphere Research di San Francisco mengatakan ia mengarahkan lubang terbuka untuk sirkulasi udara di setiap penerbangan.

Baca Juga: SHARP Indonesia Gelar Fase Kedua ‘Bakti Untuk Negeri’ di Lebak, Banten

5. Bersihkan sandaran tangan dan meja nampan dengan tisu anti septik dan bawa tisu untuk membuka pintu kamar mandi.

6. Bawalah masker wajah jika Anda duduk di sebelah seseorang yang batuk atau bersin. Harteveldt mengatakan menggunakan masker menjadi rutin bagi banyak penumpang setelah epidemi SARS pada tahun 2003. CDC merekomendasikan kru penerbangan juga menggunakan masker saat menangani penumpang yang sakit dengan gejala pernapasan.

7. Pilih tempat duduk dekat jendela. Ini menjadi rekomendasi dari studi yang diterbitkan pada Maret 2018 tentang bagaimana virus pernapasan menyebar di pesawat.

8. Tanyakan kepada pramugari apakah mungkin untuk berpindah tempat duduk untuk menjauh dari penumpang yang sakit. Studi bulan Maret yang sama menemukan bahwa penumpang dalam dua kursi atau sebelah penumpang dengan penyakit pernapasan memiliki kemungkinan 80 persen atau lebih besar untuk sakit, CNN melaporkan. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
6 May 2024 - 12:17
Rafah Diserang Israel, 19 Warga Gaza Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Israel menyerang Rafah di selatan Gaza pada Minggu (5/5). Aksi Israel adalah tindakan balas dendam atas serangan roket sayap militer Hamas yang menewaskan tiga tentara IDF. Menurut pejabat

01
|
6 May 2024 - 11:14
Pagi Tadi, Gunung Semeru Kembali Erupsi

WARTAPENANEWS.COM – Gunung Semeru yang terletak di Lumajang "batuk" pagi ini, Senin (6/5). Gunung tersebut memuntahkan kolom abu setinggi 700 meter dari atas puncaknya. "Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari

02
|
6 May 2024 - 10:16
Ada Tumpahan Oli, Jalan Juanda Depok Macet Parah

WARTAPENANEWS.COM – Jalan Juanda dari arah Cisalak ke arah Margonda, Depok, macet parah tadi pagi, Senin (6/5) sekitar pukul 08.00 WIB. Ada tumpahan oli jalan dekat Pesona Square Mal. Pantauan

03