29 Januari 2023 - 05:34 5:34
728x90

Alasan KIB Ogah Deklarasi Dini Capres

wartapenanews.com –  Tiga partai politik yakni Golkar, PAN dan PPP yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sepakat untuk tidak mendeklarasi calon presiden (capres) karena menilai belum waktunya. Petinggi KIB yang berkumpul pada gelaran HUT Golkar di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (20/10/2022) malam, menganggap deklarasi dini lebih banyak mudarat daripada manfaatnya.

Ketum Golkar Airlangga Hartarto menyebutkan, KIB selaku parpol koalisi pendukung pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin memahami ketidakpastian global yang terjadi sekarang ini sehingga prioritas utama yang harus dilakukan yakni menyelesaikan tantangan-tantangan tersebut. Apabila capres dideklarasikan sebelum waktunya dikhawatirkan menjadi kontraproduktif karena memantik silang pendapat yang bisa jadi menghambat agenda pemerintahan.

“KIB menghormati Pak Presiden akan ada kerikil di sepatu, kalau terlalu banyak capres yang di-annaounce (diumumkan) sebelum waktunya karena kita sedang menghadapi tantangan ketidakpastian yang tinggi,” kata Airlangga, yang juga Menko Perekonomian.

Dia juga menyinggung KIB memilih membahas capres pada agenda selanjutnya menjelang pendaftaran capres-cawapres pada September 2023 karena tak mau memilih kucing dalam karung. Artinya diperlukan mekanisme yang tidak sembarang untuk menjaring kandidat capres yang diyakini layak berkontestasi.

“KIB tidak mau membeli kucing dalam karung. Masalahnya kalau ada kucingnya, alhamdulillah, kalau tidak ada? Itu yang masalah,” selorohnya.

Wakil Ketum PPP Amir Uskara juga menyatakan bahwa KIB mematangkan konsep dan visi-misi terlebih dahulu sehingga capres ditentukan pada akhir. Namun, Amir menyampaikan harapan agar capres yang akan diusung KIB berasal dari internal. “Sehingga pikiran kita di internal parpol sendiri kan banyak yang punya kapasitas, berkompetensi untuk membangun bangsa ini. Makanya itu ngapain harus nyari ke luar?” ucapnya.

Sedangkan Ketum PAN Zulkifli Hasan menyatakan KIB perlu mematangkan visi-misi sebelum menetapkan tekad deklarasi capres. “Dengan konsep-konsep yang ada, persoalan siapa presidennya tentu akan kita tentukan pada akhirnya, pada waktunya. Tapi, yang penting adalah konsepnya dulu, visi misinya kemana,” ujarnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Pelaku Pembunuhan Ojol di Tangerang Ternyata Bukan Ojol
garis polisi
Dibakar Hidup-hidup, Wanita Paruh Baya di Sorong Meregang Nyawa
film
Deretan Film Semi China Terbaik
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
ahy
Usung Anies Capres, AHY Ajak NasDem-PKS Segera Bentuk Sekretariat Perubahan
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
bharada e
Tuntutan Terhadap Richard Eliezer Dinilai Janggal
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
satu 1
Ketua Komite Yudisial Asprov PSSI Sulut Dorong Devanda Aditya Putra Jadi Sekjen PSSI

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
28 Januari 2023 - 21:36
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak

wartapenanews.com -  " Saat dunia krisis energi tak terbaharukan, sejumlah kebijakan dan upaya dilakukan pemerintah dan staken holder dengan menghadirkan alternatif energi alam yang ramah lingkungan. Energi alam terbaharukan ini

01
|
28 Januari 2023 - 21:31
Rayakan Hari jadi ke 110 Tahun Sharp Gaungkan Kampaye Pelestarian Lingkungan ke Siswa Sekolah

wartapenanews.com - Berdasarkan data yang dikutip dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, selama tahun 2022 volume sampah di Indonesia mencapai 17.729.071 sampah per tahunnya. Sebesar 18,3%-nya adalah sampah plastik. Saat

02
|
28 Januari 2023 - 12:40
Biaya Haji Naik Jangan Panik, Arrum Haji Pegadaian Jadi Solusi Wujudkan Niat Baik

wartapenanews.com -  Usulan kenaikan biaya haji tengah menjadi perbincangan publik. Tak hanya memakan waktu tunggu keberangkatan yang semakin lama, melainkan biaya haji yang nyaris naik dua kali lipat dibandingkan tahun

03