24 April 2024 - 05:14 5:14

Alasan KIB Ogah Deklarasi Dini Capres

wartapenanews.com –  Tiga partai politik yakni Golkar, PAN dan PPP yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sepakat untuk tidak mendeklarasi calon presiden (capres) karena menilai belum waktunya. Petinggi KIB yang berkumpul pada gelaran HUT Golkar di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (20/10/2022) malam, menganggap deklarasi dini lebih banyak mudarat daripada manfaatnya.

Ketum Golkar Airlangga Hartarto menyebutkan, KIB selaku parpol koalisi pendukung pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin memahami ketidakpastian global yang terjadi sekarang ini sehingga prioritas utama yang harus dilakukan yakni menyelesaikan tantangan-tantangan tersebut. Apabila capres dideklarasikan sebelum waktunya dikhawatirkan menjadi kontraproduktif karena memantik silang pendapat yang bisa jadi menghambat agenda pemerintahan.

“KIB menghormati Pak Presiden akan ada kerikil di sepatu, kalau terlalu banyak capres yang di-annaounce (diumumkan) sebelum waktunya karena kita sedang menghadapi tantangan ketidakpastian yang tinggi,” kata Airlangga, yang juga Menko Perekonomian.

Dia juga menyinggung KIB memilih membahas capres pada agenda selanjutnya menjelang pendaftaran capres-cawapres pada September 2023 karena tak mau memilih kucing dalam karung. Artinya diperlukan mekanisme yang tidak sembarang untuk menjaring kandidat capres yang diyakini layak berkontestasi.

“KIB tidak mau membeli kucing dalam karung. Masalahnya kalau ada kucingnya, alhamdulillah, kalau tidak ada? Itu yang masalah,” selorohnya.

Wakil Ketum PPP Amir Uskara juga menyatakan bahwa KIB mematangkan konsep dan visi-misi terlebih dahulu sehingga capres ditentukan pada akhir. Namun, Amir menyampaikan harapan agar capres yang akan diusung KIB berasal dari internal. “Sehingga pikiran kita di internal parpol sendiri kan banyak yang punya kapasitas, berkompetensi untuk membangun bangsa ini. Makanya itu ngapain harus nyari ke luar?” ucapnya.

Sedangkan Ketum PAN Zulkifli Hasan menyatakan KIB perlu mematangkan visi-misi sebelum menetapkan tekad deklarasi capres. “Dengan konsep-konsep yang ada, persoalan siapa presidennya tentu akan kita tentukan pada akhirnya, pada waktunya. Tapi, yang penting adalah konsepnya dulu, visi misinya kemana,” ujarnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03