21 April 2024 - 20:43 20:43

Anak Usaha Pertamina Akan Bangun Hotel Untuk Jamaah Haji di Arab Saudi

WartaPenaNews, Jakarta – Perusahaan Indonesia PT Patra Jasa, anak perusahaan PT Pertamina, mengokohkan komitmen bersama melalui pengesahan perjanjian Joint Venture Agreement (JVA) dengan perusahaan asal Arab Saudi Marei Bin Mahfouz Group & Co (MBM) dan ELMAQ.

Hal itu disampaikan dalam keterangan tertulis dari Kementerian Luar Negeri yang diterima Antara di Jakarta, Senin (7/1/2019).

Melalui kesepakatan itu, semua pihak sepakat untuk membentuk usaha patungan (joint venture) dalam pengelolaan dan penyewaan (leasing) hotel-hotel di Mekkah, yang rencananya ke depan akan diperluas ke Madinah dan Indonesia.

PT Patra Jasa menangkap potensi bisnis yang menjanjikan di bidang perhotelan di Arab Saudi, di mana minat masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam, dari seluruh dunia untuk menunaikan Ibadah Haji dan Umrah ke Tanah Suci Mekkah dan berziarah ke Kota Rasulullah di Madinah terus meningkat.

Berdasarkan data General Authority for Statistic Kingdom of Arab Saudi, dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2018 jumlah jamaah haji meningkat rata-rata sebesar 7% dan peningkatan jamaah umrah pada 2017 yang mencapai 15%.

MBM Group saat ini mempunyai 15 hotel di Mekah yang sudah beroperasi, serta tiga hotel yang masih dalam tahap pembangunan, dan empat diantaranya adalah hotel bintang empat, dan 14 hotel lainnya berbintang tiga.

“Bagi PT Pertamina kerja sama ini bukan sekadar kerja sama bisnis, tetapi juga upaya mempererat hubungan kedua negara,” ujar CEO Pertamina Nicke Widyawati dalam sambutannya.

Nicke menambahkan, hubungan Indonesia dan Arab Saudi telah dimulai sejak masa Pemerintahan Presiden Soekarno. Hubungan tersebut semakin diperkokoh pada awal Maret 2017 dengan kunjungan bersejarah Raja Salman Bin Abdulaziz Al Saud ke Indonesia yang diikuti dengan penandatangan 11 nota kesepahaman oleh kedua negara. (isu/rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03