21 June 2024 - 09:22 9:22

Angka Kematian Ibu Hamil di Daerah Ini Menurun

WARTAPENANEWS.COM –    Bupati Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen, meminta agar program One One Solution dalam pelayanan untuk ibu hamil tetap fokus dan dilaksanakan sebaik mungkin.

Program yang diciptakan pemerintah sebagai intervensi agar angka kematian ibu di Kabupaten Sitaro menurun tersebut, terbukti telah berhasil menurunkan angka kematian ibu pada tahun 2022 lalu.

Dari data yang ada, angka kematian di tahun 2022 hanya ada satu orang, turun jauh dibandingkan tahun 2021 yang mencapai enam orang. Untuk itu menurut Evangelian, program tersebut penting untuk dipertahankan dan terus dimaksimalkan.

“Angka kematian ibu turun karena intervensi dan peningkatan pelayanan dari Pemerintah Daerah pada ibu hamil. Untuk itu program one one solution atau satu tenaga kesehatan atau kader bertanggung jawab atas satu ibu hamil perlu untuk terus dilakukan dengan maksimal,” tutur Evangelian.

Menurutnya, peran pemerintah sangat menentukan pada capaian penurunan kasus kematian ibu. Maka dari itu pendekatan secara holistik dibutuhkan untuk menekan kasus angka kematian ibu tersebut.

Diakuinya, jika pemerintah semakin tanggap pada permasalahan ini, maka tujuan dari program bisa dicapai.

“Tentunya, perlu juga dukungan mekanisme pencatatan peristiwa kasus itu, sehingga dapat membantu pemerintah dalam menentukan langkah atau kebijakan yang sesuai permasalahan yang ada,” katanya.

“Dan penurunan angka kematian ibu dan anak menjadi salah satu tolak ukur untuk kemajuan suatu daerah. Tak hanya dari aspek ekonomi dan pendidikan, penurunan angka kematian ibu dan bayi juga menjadi bagian dari tujuan pembangunan berkelanjutan,” ujarnya lagi. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
21 June 2024 - 09:11
Pengangguran di Makassar Aniaya dan Perkosa Pacar hingga Ancam Sebar Video Mesum

WARTAPENANEWS.COM –  Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Metro meringkus seorang pemuda lantaran diduga melakukan penganiayaan terhadap kekasihnya. Tak hanya menganiaya, pemuda tersebut juga diduga melakukan pengancaman untuk

01
|
21 June 2024 - 08:32
IHSG Diprediksi Makin Menguat

WARTAPENANEWS.COM –   Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi naik pada perdagangan hari ini. Kenaikan indeks menyusul penguatan yang terjadi hampir sepanjang perdagangan pada Kamis kemarin. Analis Phintraco Sekuritas, Valdy Kurniawan

02
|
21 June 2024 - 08:10
Viral, Pria Mualaf Bawa Babi untuk Kurban

WARTAPENANEWS.COM –  Euforia Idul Adha masih terasa hingga saat ini. Berbagai momen menarik dan unik di hari raya kurban ini pun belakangan mewarnai media sosial. Salah satunya adalah seorang pria

03