28 April 2024 - 00:30 0:30

Apakah Boleh Menikahi Sepupu Menurut Islam?

WARTAPENANEWS.COM – Hukum menikahi sepupu menurut Islam akan dibahas lengkap dalam artikel berikut ini. Sangat penting dipahami setiap Muslim, karena ternyata tidak semua orang mengetahuinya.

Diketahui ada beberapa orang yang memilih menjalin rumah tangga dengan sepupu sendiri. Hal ini juga ditemui di Indonesia. Mereka merasa lebih nyaman menikah dengan saudara sendiri yang bukan sekandung.

Dihimpun dari Konsultasisyariah.com, dai muda asal Yogyakarta Ustadz Ammi Nur Baits ST BA menerangkan bahwa sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala mengharamkan pria menikahi wanita yang memiliki hubungan mahram.

Hal ini Allah Subhanahu wa Ta’ala tegaskan dalam firman-Nya di Surat An-Nisa Ayat 23. Dalam ayat tersebut, Allah Ta’ala menyebutkan beberapa wanita yang tidak boleh dinikahi oleh seorang pria, karena status mereka sebagai mahram.

Terkait masalah ini, saudara sepupu bukanlah mahram. Sebab, Allah Subhanahu wa Ta’ala menghalalkan untuk menikahi saudara sepupu. Sebagaimana yang Allah Ta’ala tegaskan dalam firman-Nya:

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ إِنَّا أَحْلَلْنَا لَكَ أَزْوَاجَكَ اللَّاتِي آتَيْتَ أُجُورَهُنَّ وَمَا مَلَكَتْ يَمِينُكَ مِمَّا أَفَاءَ اللَّهُ عَلَيْكَ وَبَنَاتِ عَمِّكَ وَبَنَاتِ عَمَّاتِكَ وَبَنَاتِ خَالِكَ وَبَنَاتِ خَالاتِكَ

“Hai Nabi, sesungguhnya Kami telah menghalalkan bagimu istri-istrimu yang telah kamu berikan mas kawinnya dan hamba sahaya yang kamu miliki yang termasuk apa yang kamu peroleh dalam peperangan yang dikaruniakan Allah untukmu, dan (demikian pula) anak-anak perempuan dari saudara laki-laki bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara perempuan bapakmu, anak-anak perempuan dari saudara laki-laki ibumu dan anak-anak perempuan dari saudara perempuan ibumu.” (QS Al Ahzab: 50)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03