25 May 2024 - 21:50 21:50

AS Optimis Tak Akan Mengalami Resesi Ekonomi

WartaPenaNews, – Ketua Federal Reserve AS (Fed) Jerome H. Powell, mengatakan pada Kamis (10/1) bahwa ekonomi AS tidak akan jatuh ke dalam resesi tahun ini, meskipun proyeksi tingkat pertumbuhannya menurun.

“Ada momentum bagus menuju tahun ini,” kata Powell saat wawancara di The Economic Club of Washington D.C.

Untuk menguraikan pandangannya tentang resesi, Powell menjelaskan bahwa resesi biasanya dihasilkan dari dua faktor, yakni lonjakan inflasi dan ledakan gelembung-gelembung aset (asset bubbles).

“Kami tidak melihat dua penyebab paling mendasar dari resesi itu,” kata juru mudi bank sentral tersebut.

Namun, The Fed telah menurunkan perkiraan pertumbuhan ekonomi AS menjadi 2,3% selama kenaikan suku bunga terbaru pada Desember. Bank Dunia, sebuah lembaga keuangan internasional, juga memperkirakan tingkat pertumbuhan ekonomi AS akan turun menjadi 2,5% pada 2019.

Sebagai agen pembuat kebijakan moneter di Amerika Serikat, The Fed baru-baru ini beralih ke nada menjadi lebih dovish untuk jalur kenaikan suku bunga.

Bank sentral menurunkan proyeksi pada jumlah kenaikan suku bunga pada 2019 dari 3 kali menjadi 2 kali selama pengumuman kenaikan suku bunga terbaru.

Berbicara tentang laju kenaikan suku bunga, Powell mengatakan The Fed “tidak benar-benar memilih jalur atau rencana untuk suku bunga.” “Kami berada di tempat di mana kami bisa sabar dan fleksibel serta menunggu dan melihat apa yang berkembang,” kata Powell.

Menurut risalah pertemuan kebijakan moneter The Fed 18-19 Desember yang dirilis Rabu (9/1), para pembuat kebijakan The Fed berpikir mereka “mampu bersabar” dengan kenaikan suku bunga mendatang. (ant/Xinhua/rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 May 2024 - 12:41
Terjadi Lagi, Bus Rombongan Study Tour Alami Kecelakaan di Sumsel

WARTAPENANEWS.COM – Kecelakaan bus rombongan study tour kembali terjadi, kali ini dialami oleh bus membawa rombongan study tour Sekolah Dasar (SD) yang diduga dari Kecamatan Cempaka, Kabupaten OKU Timur, Sumatera

01
|
25 May 2024 - 11:38
Di Wilayah Ini, Kendaraan Tanpa Pelat Nomor Makin Marak

WARTAPENANEWS.COM –  Kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil tanpa pelat nomor (TNKB) kembali marak di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Ironisnya, para pengemudi kendaraan ini rata-rata mengemudi secara ugal-ugalan

02
|
25 May 2024 - 10:39
Makin Meluas, Ada 47 RT di Jakarta yang Terendam Banjir

WARTAPENANEWS.COM – Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya mulai Jumat (24/5), menimbulkan genangan dan banjir di sejumlah wilayah, Sabtu (25/5). BPBD DKI melaporkan, banjir siang ini meluas hingga ke

03