20 May 2024 - 01:48 1:48

Australia Ancam Pidanakan Bos Facebook

WartaPenaNews, Jakarta – Australia mengancam akan memenjarakan perusahaan teknologi dan media sosial, yang gagal mentransfer konten atau materi terkait penembakan di dua masjid Christchurch, Selandia Baru.

Peringatan itu diutarakan Jaksa Agung Australia, Christian Porter, setelah bertemu dengan sejumlah petinggi perusahaan teknologi termasuk Facebook, Twitter, dan Google pada Selasa (26/3).

Porter mengatakan, dalam pertemuan tersebut, tanggapan dari para petinggi perusahaan teknologi itu benar-benar mengecewakan.

“Masalah utama yang sebenarnya kami ingin diskusikan adalah, bagaimana Anda (perusahaan) menanggapi pertanyaan seperti itu lebih cepat atau lebih baik, mencegah agar siaran langsung dan mendistribusikan konten-konten seperti itu tidak terjadi. Dan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu tidak terlalu memuaskan,” papar Porter di Canberra.

“Platform media sosial dapat mengirimkan iklan kepada Anda dalam waktu setengah detik. Mereka harus dapat menarik seluruh konten dan materi yang membahas terorisme dan sejenisnya yang juga sangat berbahaya dalam waktu yang sama,” ucap Morrison

Facebook mengumumkan telah menerbitkan publikasi 1,5 juta video yang dikeluarkan terkait penembakan Christchurch dengan cepat.

Sebelumnya, rekaman video selama 17 menit marak diterbitkan di media sosial tak lama setelah penembakan terjadi. Video itu mengeluarkan Brenton Tarrant, menerbitkan penembakan, melancarkan terornya.

Tarrant, warga Australia, menyiarkan aksi kejamnya secara langsung melalui Facebook Live. Ia juga sempat mengunggah sejumlah manifesto berisikan motivasinya melakukan penembakan itu di akun Twitternya.

Sebelumnya saat ini cuplikan video Tarrant ini telah ditarik seluruh media sosial dan portal berita, dikumpulkan oleh ahli mencatat rekaman-rekaman itu bisa diunduh dengan mudah oleh pengguna internet bahkan beberapa jam setelah kejadian berlangsung. (dbs/cnn/*)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 12:19
Sosok Ayah Pacar Vina Cirebon Ternyata Seorang Perwira Polisi

WARTAPENANEWS.COM –  Ternyata sosok ayah pacar Vina Cirebon yang tewas dibunuh seorang Perwira Polisi. Diketahui, kasus Vina kembali jadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul

01
|
18 May 2024 - 11:17
Gegara Perang Gaza, Ada Perpecahan Dalam Kabinet Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Satu demi satu perpecahan dalam kabinet Israel terkait perang di Gaza mulai terungkap. Menteri Pertahanan Yoav Gallant secara terbuka menuntut strategi yang jelas dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,

02
|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

03