4 May 2024 - 21:27 21:27

Badan Antimonopoli Rusia Denda Apple Sebesar Rp 173 Miliar

WartaPenaNews, Jakarta – Badan Antimonopoli Rusia (Federal Antimonopoly Service – FAS) menghukum Apple sebesar USD12 juta atau setara Rp173 miliar terkait praktik dugaan monopoli.

Keputusan itu menyusul hasil investigasi FAS terhadao Apple, setelah menerima keluhan dari Kaspersky Lab pada Maret 2019.

Pada laporannya itu, Kaspersky menuduh Apple membatasi fungsionalitas di aplikasi Safe Kids milik Kaspersky.Pembatasan itu setelah Apple menambahkan fitur Screen Time di iOS 12.

FAS memaksa Apple mengambil langkah adil terkait persaingan dengan aplikasi lainnya.

Namun, Apple menolak putusan pihak regulator dan berupaya naik banding terhadap putusan tersebut.

“Kami sudah bekerja sama dengan Kaspersky untuk memastikan agar aplikasi mereka bisa mematuhi aturan yang dibuat untuk menjaga keamanan anak-anak,” ujar juru bicara Apple.

Apple beralasan jika pembatasan fitur itu dilakukan karena mereka menggunakan teknologi Mobile Device Management (MDM).

Aplle menambahkan, penggunaan teknologi tersebut untuk aplikasi kelas consumer, sangatlah berisiko.

Sebelumnya, Apple juga mendapat hukuman sejenis oleh Uni Eropa terkait potongan 30 persen dari transaksi pembelian in-app di App Store. Kasus tersebut sebagai pihak pelapor ialah Spotify. []

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
4 May 2024 - 12:14
Mal Rabinza di Lebak Hangus Terbakar

WARTAPENANEWS.COM – Kebakaran hebat terjadi di Mal Rangkasbitung Indah Plaza (Rabinza), Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada Sabtu (4/5/2024) dini hari. Informasi diperoleh, peristiwa itu terjadi pukul 00.25 WIB.

01
|
4 May 2024 - 11:13
Mayat Pria Ditemukan Tanpa Busana di Perumahan Sukabumi

WARTAPENANEWS.COM – Warga di Perumahan Frinanda, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, digegerkan dengan penemuan mayat pria dalam kondisi telanjang. Kejadian tragis tersebut terjadi di rumah blok B1 Nomor 1

02
|
4 May 2024 - 10:06
Exit Tol Jagorawi Arah Puncak Macet, Contraflow Diberlakukan di KM 44

WARTAPENANEWS.COM – Kemacetan terjadi di exit Tol Jagorawi arah Puncak pagi ini, Sabtu (4/5). Ini disebabkan wisatawan yang akan berlibur ke kawasan Puncak pada weekend. Informasi dari Jasa Marga, kemacetan

03