24 April 2024 - 12:52 12:52

Bangkitkan Kreativitas Ekonomi Generasi Milenial Berbasis Religi, BNI Syariah Dukung Kegiatan Islamic Nexgen Fest

WartaPenaNews, Jakarta – Dalam rangka mendorong generasi milenial Indonesia untuk turut berkontribusi dalam membangun negeri melalui kreatif ekonomi berbasis religi, BNI Syariah berpartisipasi dalam kick off Islamic Nexgen Festival bertempat di Convention Hall Telkom University, Bandung. Hadir dalam kesempatan ini Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno; Direktur Utama BNI, Achmad Baiquni; dan Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo.

Sebagai bagian dari anak perusahàan BUMN, BNI Syariah berpartisipasi mendukung Islamic Nexgen Fest dalam 3 (tiga) kegiatan besar yakni mengajak generasi muslimah untuk lebih menggemari penggunaan hijab di kalangan millenial khususnya hijab fashion style, mendukung lahirnya santri-santri yang tidak hanya menguasai ilmu agama namun juga entrepeneur yang berbasis syariah Islam dan mendukung anak muda untuk lebih mengenal dunia seni musik Islami dengan harapan akan lahir para musisi maupun seniman musik yang akan melahirkan musik-musik Islam yang modern namun tetap syar’i.

Kegiatan ini dikemas sebagai bagian dari rangkaian hari jadi Kementerian BUMN, dimana selama tiga bulan hingga puncaknya pada bulan April 2019 beragam kegiatan memeriahkan ulang tahun Kementerian BUMN yang melibatkan millenial.

Penduduk milenial di Indonesia mencapai 90 juta orang dengan segmen kelas menengah Muslim Indonesia yang terbesar di ASEAN dan ketiga terbesar di Asia. Dengan tren industri halal yang sedang berkembang, berpotensi besar dalam pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia, terlebih dalam menghadapi revolusi industri.

Pada kick off Islamic Nexgen Fest, BNI Syariah menghadirkan promo menarik menggunakan BNI iB Hasanah Card dengan menggandeng partner yang bergerak di industri halal seperti Shafira, serta memasarkan program tematik Umroh Tadabur Hasanah dan Wakaf Hasanah.

Dalam mendukung terbentuknya ekosistem halal di Indonesia, BNI Syariah memiliki produk-produk unggulan yang dapat dimanfaatkan oleh generasi milenial diantaranya pembiayaan konsumtif untuk pembelian rumah atau kendaraan, kartu pembiayaan (BNI iB Hasanah Card), pembiayaan produktif modal kerja, investasi, dan mikro, tabungan haji dan umroh, serta Wakaf Hasanah.

Sebagai institusi perbankan syariah yang mengangkat corporate value Hasanah Banking Partner, BNI Syariah senantiasa berupaya menjadi one stop solution yang hadir dalam setiap tahap kehidupan (lifestage), sehingga keberadaan BNI Syariah dapat menjadi partner yang Hasanah bagi nasabah, tidak hanya berorientasi pada keuntungan dunia, melainkan juga memberikan kebaikan (Hasanah) untuk kehidupan akhirat (Hasanah Way). Dengan didukung teknologi dan jaringan sharia channeling office (SCO) dari BNI, BNI Syariah siap memberikan layanan yang terbaik sesuai prinsip syariah.

Lebih jauh lagi, pada tahun 2018 BNI Syariah menjadi satu-satunya bank syariah yang bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) pada penyelenggaraan Deureuham (Derap Ekrafpreneuer Hasanah Mulia), yaitu kompetisi untuk mendorong pelaku usaha ekonomi kreatif baru / start up berbasis syariah melalui akses pembiayaan perbankan syariah serta pembekalan produk-produk perbankan syariah dan pengelolaan keuangan sesuai prinsip syariah yang menjangkau kebutuhan para pelaku usaha.

Dari 500 orang peserta, diseleksi menjadi 25 orang entrepreneur untuk mengikuti bootcamp dan training di Jakarta, kemudian terpilih 6 orang pemenang, yaitu 3 orang pemenang dari kategori umum dan 3 orang pemenang dari kategori teknologi. Kegiatan ini diharapkan mampu menstimulasi pertumbuhan bisnis berbasis syariah secara signifikan di Indonesia.

Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo menjelaskan bahwa selama tahun 2018, BNI Syariah telah menyalurkan pembiayaan untuk industri halal sebesar Rp 1,216 Triliun, tumbuh sebesar 104% (year on year) dari Rp 595 Miliar periode yang sama tahun sebelumnya.

“Penyaluran pembiayaan ini terdiri dari sektor industri halal food, halal travel, Islamic fashion, Islamic education, Islamic hospital, dan Islamic accommodation,” jelas Firman.

“Dalam membentuk ekosistem halal, diperlukan peningkatan literasi dan inklusi keuangan syariah kepada segenap masyarakat terutama generasi milenial melalui berbagai kegiatan salah satunya seperti Islamic NexGen Festival,” tambahnya. (dbs)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
24 April 2024 - 12:17
Imbas Tebak-tebakan ‘Hewan Mengaji’, TikToker Galih Loss Berakhir di Jeruji Besi

WARTAPENANEWS.COM -  Polda Metro Jaya menetapkan TikToker bernama Galih yang memiliki akun @Galihloss29 sebagai tersangka. Hal ini dilakukan buntut dari konten tebak-tebakan terkait 'hewan mengaji'. Galih ditangkap oleh Dittipidsiber Bareskrim

01
|
24 April 2024 - 11:16
Alyssa Soebandono Lahirkan Anak Perempuan

WARTAPENANEWS.COM - Alyssa Soebandono baru saja melahirkan anak ketiganya yang berjenis kelamin perempuan. Kehadiran anak ketiganya jelas disambut bahagia oleh istri Dude Harlino beserta keluarganya. Diketahui anak ketiga Alyssa dan

02
|
24 April 2024 - 10:15
Perkosa Perempuan ODGJ, Pria di Bandar Lampung Dibekuk Polisi

WARTAPENANEWS.COM - Seorang pria lansia nekat memperkosa perempuan pengidap gangguan jiwa atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di pinggir jalan. Pelaku berinisial MA (66) warga Gunung Agung, Kecamatan Tanjung Karang

03