30 April 2024 - 00:23 0:23

Bebas dari Mobil Pelat Merah PNS, Dibatasi Cuma untuk Pejabat Negara

WARTAPENANEWS.COM  – Ibu Kota Nusantara (IKN) nantinya bakal dirancang untuk minim kendaraan pribadi. Otorita IKN menyebut untuk mewujudkan keinginan tersebut, salah satu caranya adalah dengan membatasi kendaraan dinas yang beroperasi di ibu kota baru.

Deputi Sarana dan Prasarana OIKN Silvia Halim mengungkapkan, IKN dirancang dengan target 80 persen mobilitas bakal menggunakan transportasi publik.

“Maka pada umumnya akan ada pembatasan jumlah kendaraan pribadi, termasuk mobil dinas tentunya,” ujar Silvia pada Jumat (23/2).

Dengan kebijakan itu, kata Silvia, hanya pejabat tertentu dengan mobilitas paling tinggi yang akan mendapatkan fasilitas mobil dinas. Ini seperti presiden, menteri, kepala lembaga negara, dan untuk pejabat eselon 1 dengan intensitas mobilitas termasuk tinggi.

Dengan target penerapan konsep IKN sebagai 10 minute cities, OIKN bakal memastikan semua fasilitas termasuk transportasi publik dapat dicapai dalam waktu singkat.

“Pastinya nanti akan ditetapkan lebih lanjut dengan perhitungan dan berbagai konsiderasi lainnya,” ujarnya.

Undang-undang Nomor 3 tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara memuat lampiran bahwa tujuan utama dari rencana IKN adalah menciptakan kota masa depan yang tidak bergantung pada kendaraan pribadi, dengan konsep pengembangan kawasan berorientasi transit atau transit oriented development (TOD).

Dengan konsep ini, IKN diharapkan menjadi ibu kota baru di mana masyarakatnya lebih banyak beraktivitas dengan berjalan kaki, bersepeda, serta moda transportasi umum. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 12:13
Polisi Selidiki soal Pelat BMW Emas Milik Pelaku Pembunuhan Remaja Open BO

WARTAPENANEWS.COM – Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan mobil BMW berwarna emas milik Arif Nugroho, pelaku yang mencekoki remaja 16 tahun hingga tewas di sebuah hotel

01
|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

02
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

03