7 Februari 2023 - 08:55 8:55

Benarkah Bangun Pagi Mampu Kurangi Risiko Kanker Payudara?

WartaPenaNews, Jakarta – Sebuah penelitian baru menyebutkan, bahwa ada sebuah perubahan kecil dan sederhana yang mampu mengurangi risiko para wanita menderita kanker payudara.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh National Cancer Research Institute dan diterbitkan pada bioRxiv, wanita yang bangun lebih awal cenderung jarang terkena kanker payudara. Bahkan, risiko mereka berkurang hingga 48 persen.

Untuk penelitian ini, para peneliti menganalisis data dari lebih dari 180.000 wanita. Apa yang peneliti temukan adalah bahwa 1 dari setiap 100 wanita yang menganggap diri mereka sebagai “morning person” memiliki sedikit kemungkinan menderita kanker payudara, sementara mereka yang menganggap diri mereka “evening person” menderita kanker payudara pada tingkat dua kali lipat (2 dari setiap 100 wanita).

“Menggunakan varian genetik yang terkait dengan preferensi apakah orang itu adalah morning person atau evening person, durasi tidur dan insomnia, kami menyelidiki apakah sifat tidur ini memiliki kontribusi kausal terhadap risiko pengembangan kanker payudara,” kata Rebecca Richmond, seorang peneliti dalam Program Epidemiologi Integratif Kanker Penelitian Kanker Inggris dan Unit Epidemiologi Integratif MRC di Universitas Bristol, seperti dilansir laman Sheknows.

Sementara Richmond mencatat bahwa temuan ini memiliki implikasi kebijakan yang potensial untuk mengubah kebiasaan tidur populasi umum yang pada gilirannya bisa meningkatkan kesehatan dan mengurangi risiko kanker payudara di kalangan wanita, ia dan seluruh timnya dengan cepat menunjukkan bahwa ada banyak faktor yang menentukan risiko seseorang terkena kanker payudara dan bahwa angka-angka ini tidak mutlak.

“Tidur cenderung menjadi faktor risiko penting untuk kanker payudara, tetapi itu tidak sebesar faktor risiko lainnya seperti BMI atau alkohol,” pungkas Richmond.

Dengan demikian, penelitian tambahan dan lebih menyeluruh akan diperlukan, tetapi ini mungkin menjadi alasan yang baik untuk berhenti menekan tombol snooze dan memulai hari Anda lebih awal. (dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

Presiden Rusia Vladimir Putin
Pasok Tank untuk Ukraina, Putin Ancam Jerman Pakai Nuklir
film
Deretan Film Semi China Terbaik
satu 1
Viral, Siswa Teladan di SMA Kotamobagu Dianiaya hingga Babak Belur
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
7 Februari 2023 - 06:29
Man City Terserat Kasus dan Terancam Pengurangan Poin hingga Degradasi

wartapenanews.com - Manchester City terancam hukuman berat berupa pengurangan poin hingga degradasi setelah Premier League mendakwa mereka. The Citizens didakwa atas lebih dari 100 pelanggaran Financial Fair Play (FFP) selama

01
|
7 Februari 2023 - 06:08
8 Anggota Geng Motor “Kapal Api” Bogor Diamankan Polisi

wartapenanews.com - Kepolisian Sektor Parung, Polres Bogor, berhasil menangkap delapan anggota gangster “Kapal Api” yang berkeliaran di Jalan Raya Lebak Wangi, Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Delapan anggota gangster itu

02
|
6 Februari 2023 - 12:17
Diduga Sebabkan Gagal Ginjal, BPOM Setop Sementara Produksi-Distribusi Obat Sirop

wartapenanews.com - Dua anak di Jakarta dilaporkan mengidap Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) pada awal Februari 2023, setelah kasus serupa tak ditemukan sejak Desember 2022. Satu meninggal dan satu

03