6 May 2024 - 23:38 23:38

Bisa Dijadikan Produk UMKM yang Enak, Ibu-Ibu di Cipayung Dilatih Buat Brownies

Bisa Dijadikan Produk UMKM yang Enak, Ibu-Ibu di Cipayung Dilatih Buat Brownies

IPOL.ID – Ibu-Ibu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan warga Kelurahan Pondok Ranggon, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur pada Minggu (9/7) siang, dilatih membuat kue brownies oleh sukarelawan Komunitas Warung Tegal (Kowarteg) Indonesia.

“Tujuannya memberdayakan para pelaku UMKM di Jakarta. Jadi pelatihan UMKM itu adalah membuat brownies kukus yang enak dan lezat,” ujar Sekretaris Jenderal Kowarteg Indonesia, Seno Herlangga saat di kawasan Cipayung, Minggu (9/7) siang.

Melalui kegiatan semacam itu, para sukarelawan Ganjar menyasar masyarakat umum terutama pelaku UMKM untuk memperkuat ketahanan keluarga dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga mereka.

Seno menilai, ketahanan keluarga yang merata sebagai salah satu aspek penting untuk menciptakan ketahanan bangsa dan negara. Karena setiap keluarga dapat memenuhi kebutuhan pribadi tanpa bergantung pada pihak lain.

“Tujuan lainnya, pertama meningkatkan ketahanan keluarga. Mandiri untuk bisa membuat kue di keluarga dan bisa dijadikan (produk) UMKM. Kedua, meningkatkan ekonomi keluarga juga,” jelasnya.



Alasan mereka memilih brownies sebagai objek pelatihan kali ini, lantaran kue tersebut dinilai memiliki banyak penggemar, sehingga cukup mudah dijual di pasaran.

“Potensinya (brownies kukus) sangat tinggi karena bisa dijual untuk mendapatkan hasil ekonomi mandiri, meningkatkan ekonomi keluarga itu sendiri,” ungkap Seno.

Lebih jauh, katanya, kegiatan-kegiatan yang digelar sukarelawan Kowarteg Indonesia selama ini dinilai berhasil mendapatkan dukungan dari masyarakat khususnya para pelaku UMKM.

Hal itu, sambung Seno, ditunjukkan dari sambutan positif masyarakat yang menjadi peserta kegiatan-kegiatan Kowarteg seperti halnya pada kegiatan terselenggara kali itu.

“Kami beserta dari seluruh anggota Kowarteg Indonesia tersebar di Jabodetabek yang kurang lebih ada 15 ribu (orang), mendukung 100 persen, sesuai ikhtiar kami mendukung Pak Ganjar Pranowo agar menjadi Presiden di 2024,” harapnya.



Sementara, Koordinator Wilayah (Korwil) Kowarteg DKI Jakarta, Mochammad Hasanudin memastikan pihaknya akan terus menggelar kegiatan bermanfaat bagi masyarakat.

Selama ini, para loyalis Ganjar itu juga konsisten membantu masyarakat dengan menyediakan gerobak gratis lebih dari 100 pelaku UMKM di berbagai wilayah di DKI Jakarta.

“Kegiatan Kowarteg untuk saat ini kami terus bergerak mengembangkan perekonomian UMKM bagi masyarakat Jakarta khususnya, untuk membantu perekonomian Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak, serta masyarakat yang ada di DKI,” beber Hasanudin.

Dia menambahkan, kegiatan-kegiatan mereka selama ini terinspirasi dari program-program Ganjar dalam mengembangkan UMKM saat menjabat Gubernur Jawa Tengah.

Sehingga, masyarakat pun menyampaikan harapannya kepada sukarelawan Kowarteg Indonesia agar Ganjar bisa lebih memperhatikan pelaku usaha kecil jika nantinya terpilih menjadi Presiden di 2024 mendatang. (Joesvicar Iqbal/msb)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
6 May 2024 - 12:17
Rafah Diserang Israel, 19 Warga Gaza Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Israel menyerang Rafah di selatan Gaza pada Minggu (5/5). Aksi Israel adalah tindakan balas dendam atas serangan roket sayap militer Hamas yang menewaskan tiga tentara IDF. Menurut pejabat

01
|
6 May 2024 - 11:14
Pagi Tadi, Gunung Semeru Kembali Erupsi

WARTAPENANEWS.COM – Gunung Semeru yang terletak di Lumajang "batuk" pagi ini, Senin (6/5). Gunung tersebut memuntahkan kolom abu setinggi 700 meter dari atas puncaknya. "Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari

02
|
6 May 2024 - 10:16
Ada Tumpahan Oli, Jalan Juanda Depok Macet Parah

WARTAPENANEWS.COM – Jalan Juanda dari arah Cisalak ke arah Margonda, Depok, macet parah tadi pagi, Senin (6/5) sekitar pukul 08.00 WIB. Ada tumpahan oli jalan dekat Pesona Square Mal. Pantauan

03