26 April 2024 - 09:57 9:57

BUMN Ikut Pengadaan 1.050 Gerbong Kereta Api di Bangladesh

Jakarta, WartaPenaNews – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ikut bertisipasi dalam pengadaan 1.050 Gerbong Kereta Api di Bangladesh dengan nilai mencapai ratusan juta dollar. Kerjasama ini menjadi bagian dari pengembangan industri kereta api yang tidak hanya fokus di dalam negeri, tetapi juga negara lain.

Menteri BUMN ERick Thohir mengatakan, kerjasama bisnis antara Indonesia dan Bangladesh tercatat meningkat dari semula US$1.45 miliar pada 2014 menjadi US$1.97 miliar pada 2018.

“Terima kasih telah bekerja sama dengan BUMN kami sejak 2006 untuk menyuplai gerbong kereta atau lokomotif di Bangladesh, kami sangat menantikan dukungan yang bisa diberikan untuk membangun perekonomian di Bangladesh,” ujar Erick dalam sambutannya saat menerima kunjungan delegasi Bangladesh di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (28/2/2020) pagi.

Dalam pertemuan tersebut, dihadiri Direktur Utama PT Industri Kereta Api (Persero) Budi Noviantoro, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro, Direktur Utama PT LEN Industri (Persero) Zakky Gamal Yasin, serta Direktur Asia Selatan dan Tengah Kementerian Luar Negeri, Ferdy Piay.

Sementara delegasi dari Bangladesh terdiri dari Menteri Perkeretaapian Bangladesh Nurul Islam Sujan bersama beberapa pejabat Kementerian Perkeretaapian Bangladesh, serta Duta Besar Bangladesh untuk Indonesia Azmar Kabir.

Erick menambahkan, selain kerja sama dengan INKA, terdapat peluang kerja sama lainnya seperti pembangunan Power Plan dan LNG melalui PT Pertamina (Persero) Tbk, dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

“Untuk membangun perekonomian, listrik tentu sangat penting sehingga peluang kerja sama ini menjadi sesuatu yang harus kita diskusikan di masa depan,” lanjutnya.

Menteri Erick juga memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menawarkan kerja sama dalam hal Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui pelatihan pekerja di Bangladesh, serta pengelolaan Rumah Sakit untuk mengatasi isu kesehatan di negara tersebut.

“Saya berharap di masa depan kita dapat mengadakan kerjasama dengan Bangladesh di sektor-sektor lainnya,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, sejak 2005 hingga saat ini, terdapat 5 perjanjian kontrak yang telah disepakati antara Perkeretaapian Bangladesh dengan INKA. Dari perjanjian kerjasama tersebut, sebanyak 450 gerbong kereta produksi INKA telah beroperasi di Bangladesh. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 08:08
Stok Beras Nasional Dipastikan Aman

WARTAPENANEWS.COM – Perum Bulog memastikan pasokan beras masih aman. Secara nasional, stok pangan dasar ini mencapai 1,45 juta ton. Jumlah cadangan beras pemerintah (CBP) itu sudah termasuk penyerapan 633.000 ton

01
|
26 April 2024 - 07:09
Tante yang Bunuh Keponakan di Tangerang Terungkap

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menangkap wanita berinisial LN (40) setelah membunuh bocah berinisial EV berusia 7 tahun di Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Banten. Diketahui, korban merupakan keponakan dari pelaku LN. Kapolres Metro

02
|
26 April 2024 - 06:10
Dalam Sehari, Pelaku Begal HP Bocah Depok Beraksi di 3 Tempat

WARTAPENANEWS.COM – Kapolres Metro Depok Kombes Pol Arya Perdana mengungkapkan duo pelaku begal yang viral usai membacok seorang pelajar SMPN 2 Kota Depok berinisial DT di Jalan Anggrek 5, Depok

03