24 April 2024 - 11:25 11:25

Calon Ketum PSSI Harus Punya Catatan Bersih

WartaPenaNews, Jakarta – Mantan Anggota Komite Eksekutif (Exco) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSS), Bob Hippy angkat bicara mengenai rencana bakal digelarnya Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI.

Pria yang akrab disapa Om Bob itu mengaku dirinya menginginkan orang yang tepat untuk memimpin induk sepak bola di Tanah Air. Oleh sebab itu, ia menginginkan pemimpin Federasi Sepak Bola Indonesia itu harus mengerti sepak bola.

“Ya tentunya (Ketum PSSI) itu harus memiliki wawasan yang luas di dunia sepak bola Indonesia, Asia (AFC) dan juga dunia (FIFA),” ungkap Om Bob, Kamis (28/2).

Om Bob juga berharap Ketua Umum PSSI kedepannya tidak merangkap dua jabatan dan memiliki waktu penuh. “(Ketua Umum PSSI) juga harus memiliki waktu penuh dan tidak memegang jabatan lain,” kata Om Bob.

Selain itu, Om Bob juga berharap Ketua Umum PSSI berikutnya memiliki catatan baik di seluruh pengurus PSSI yang ada di Indonesia serta memiliki komitmen yang tinggi membangun sepak bola Tanah Air yang lebih baik. Menurutnya, hal tersebut demi membangun kepercayaan terhadap seluruh pengurus PSSI di Indonesia.

“Saya pikir, (Ketum PSSI) harus (memiliki catatan) bersih di federasi, bersih di asprov (asosiasi Provinsi) serta bersih di klub-klub dan pemilik suara atau voters,” terangnya.

“Jadi, saya pikir PSSI itu saat ini membutuhkan sosok (pemimpin) yang komit membangun sepak bola Indonesia yang bersih dan bertanggung jawab,” sambungnya.

Lebih lanjut, Om Bob mengaku catatan bersih yang harus dimiliki oleh Ketua Umum PSSI nantinya itu harus juga didapat terhadap anggota Exco PSSI. “(Catatan bersih) Ini bukan hanya untuk ketua dan wakilnya saja tapi juga untuk anggota Exco-nya. Jangan hanya Ketum saja. Bisa jadi Ketumnya bagus, tapi Exco-nya brengsek,” tegasnya.

Sementara itu, Anggota Exco PSSI, Yoyok Sukawi mengaku pihaknya terbuka bagi siapa saja yang ingin dicalonkan menjadi Ketua Umum PSSI. Namun, ia mengatakan hal tersebut harus sesuai dengan mekanisme yang ada.

“Tugas kami (PSSI,red) mengantarkan KLB lancar dan tuntas. Kita siapkan KLB-nya, silahkan bagi yang berminat mencalonkan diri sesuai mekanisme,” ungkap Yoyok.

“Kalau saya pribadi terbuka kepada siapapun yang berminat dan punya kemampuan (untuk memimpin PSSI),” sambungnya menandaskan.

Nantinya, KLB akan yang akan digelar memiliki dua agenda khusus, yakni membentuk perangkat Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP). Sedangkan, agenda kedua yaitu penetapan tanggal Kongres pemilihan kepengurusan baru. (dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
24 April 2024 - 11:16
Alyssa Soebandono Lahirkan Anak Perempuan

WARTAPENANEWS.COM - Alyssa Soebandono baru saja melahirkan anak ketiganya yang berjenis kelamin perempuan. Kehadiran anak ketiganya jelas disambut bahagia oleh istri Dude Harlino beserta keluarganya. Diketahui anak ketiga Alyssa dan

01
|
24 April 2024 - 10:15
Perkosa Perempuan ODGJ, Pria di Bandar Lampung Dibekuk Polisi

WARTAPENANEWS.COM - Seorang pria lansia nekat memperkosa perempuan pengidap gangguan jiwa atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di pinggir jalan. Pelaku berinisial MA (66) warga Gunung Agung, Kecamatan Tanjung Karang

02
|
24 April 2024 - 09:18
Jelang Penetapan Prabowo-Gibran Pemenang Pilpres di KPU, 4.266 Personel TNI-Polri Diterjunkan

WARTAPENANEWS.COM - KPU akan melaksanakan agenda penetapan pemenang untuk pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, di Kantor KPU Pusat, Jakarta Pusat, Rabu (24/4). Selain capres-cawapres terpilih, KPU mengundang berbagai

03