28 April 2024 - 23:31 23:31

Cara Buat Roti Pisang Cokelat yang Lembut dan Enak

Cara Buat Roti Pisang Cokelat yang Lembut dan Enak

WartaPenaNews.Com – Roti adalah camilan yang cocok untuk segala situasi santai, teman minum teh yang paling pas dan untuk mengganjal sebelum makan-makanan berat. Variasi dari roti sendiri ada banyak, salah satunya roti pisang cokelat .

Sedangkan pisang adalah buah yang terkenal sering jadi campuran dessert dari dulu, seperti bolu, pudding, dan masih banyak lagi. Pisang banyak ditemui di negara-negara tropis.

Perpaduan roti dan pisang memberi tekstur yang lembut dan rasa manis yang khas. Kamu bisa menambahkan cokelat juga. Atau jika ingin gurih, bisa divariasikan dengan campuran keju.

Cara pembuatan roti pisang bisa dibilang gampang, kok, hampir sama seperti membuat roti pada umumnya, lalu diberi isian pisang dan cokelat. Rasanya lezat dan lembut.

Cara Buat Roti Pisang

Berikut cara buat roti pisang yang sederhana untuk dipraktikkan di rumah, rasanya enak dan lembut banget.

Bahan-bahan :

500 gram tepung terigu (pro sedang)

150 gram gula halus

250 ml susu hangat

2 butir telur

40 gram margarin

2,5 sdt ragi instan

1/2 sdt garam halus

1 bungkus vanili bubuk

1 sdt SP (emulsifier, larutkan dengan air hangat)

Langkah-langkah untuk mecampurkan menjadi adonan

Masukkan 1 sdm munjung gula ke dalam susu hangat, campur dengan ragi, aduk merata. Tunggu 5-8 menit.Campurkan tepung terigu dengan gula halus, vanili bubuk, larutan sp, dan telur yang dikocok sebelumnya. Aduk merata.

Tuang larutan ragi ke dalam adonan sedikit demi sedikit, aduk hingga adonan tercampur merata. Uleni hingga adonan kalis, taburi sedikit tepung agar tidak lengket saat diuleni. Campur margarin dengan adonan, uleni hingga adonan tidak lengket.

Masukkan adonan ke dalam wadah yang sudah dioles minyak sebelumnya. Tutup dengan kain dan diamkan selama kurang lebih 35 menit-1 jam, hingga adonan mengembang.

Uleni adonan yang mengembang hingga kempes. Bagi adonan menjadi 16 buah sama rata. Pipihkan dengan rolling spin, beri isian cokelat dan pisang batang lalu gulung.

Siapkan loyang, oles dengan margarin dan taburi tepung. Tata adonan roti di atasnya lalu diamkan selama 30 menit. Panggang di dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya selama 30-45 menit dengan api kecil.

Angkat dan selagi masih panas, oles dengan margarin. Ini dia cara membuat roti pisang coklat dengan tekstur yang lembut dan enak. Mudah untuk di coba dirumah, dengan bajet yang tidak banyak bisa membahagiakan keluarga dirumah. (Vinolla)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03