21 June 2024 - 09:01 9:01

Cara Buat Roti Pisang Cokelat yang Lembut dan Enak

Cara Buat Roti Pisang Cokelat yang Lembut dan Enak

WartaPenaNews.Com – Roti adalah camilan yang cocok untuk segala situasi santai, teman minum teh yang paling pas dan untuk mengganjal sebelum makan-makanan berat. Variasi dari roti sendiri ada banyak, salah satunya roti pisang cokelat .

Sedangkan pisang adalah buah yang terkenal sering jadi campuran dessert dari dulu, seperti bolu, pudding, dan masih banyak lagi. Pisang banyak ditemui di negara-negara tropis.

Perpaduan roti dan pisang memberi tekstur yang lembut dan rasa manis yang khas. Kamu bisa menambahkan cokelat juga. Atau jika ingin gurih, bisa divariasikan dengan campuran keju.

Cara pembuatan roti pisang bisa dibilang gampang, kok, hampir sama seperti membuat roti pada umumnya, lalu diberi isian pisang dan cokelat. Rasanya lezat dan lembut.

Cara Buat Roti Pisang

Berikut cara buat roti pisang yang sederhana untuk dipraktikkan di rumah, rasanya enak dan lembut banget.

Bahan-bahan :

500 gram tepung terigu (pro sedang)

150 gram gula halus

250 ml susu hangat

2 butir telur

40 gram margarin

2,5 sdt ragi instan

1/2 sdt garam halus

1 bungkus vanili bubuk

1 sdt SP (emulsifier, larutkan dengan air hangat)

Langkah-langkah untuk mecampurkan menjadi adonan

Masukkan 1 sdm munjung gula ke dalam susu hangat, campur dengan ragi, aduk merata. Tunggu 5-8 menit.Campurkan tepung terigu dengan gula halus, vanili bubuk, larutan sp, dan telur yang dikocok sebelumnya. Aduk merata.

Tuang larutan ragi ke dalam adonan sedikit demi sedikit, aduk hingga adonan tercampur merata. Uleni hingga adonan kalis, taburi sedikit tepung agar tidak lengket saat diuleni. Campur margarin dengan adonan, uleni hingga adonan tidak lengket.

Masukkan adonan ke dalam wadah yang sudah dioles minyak sebelumnya. Tutup dengan kain dan diamkan selama kurang lebih 35 menit-1 jam, hingga adonan mengembang.

Uleni adonan yang mengembang hingga kempes. Bagi adonan menjadi 16 buah sama rata. Pipihkan dengan rolling spin, beri isian cokelat dan pisang batang lalu gulung.

Siapkan loyang, oles dengan margarin dan taburi tepung. Tata adonan roti di atasnya lalu diamkan selama 30 menit. Panggang di dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya selama 30-45 menit dengan api kecil.

Angkat dan selagi masih panas, oles dengan margarin. Ini dia cara membuat roti pisang coklat dengan tekstur yang lembut dan enak. Mudah untuk di coba dirumah, dengan bajet yang tidak banyak bisa membahagiakan keluarga dirumah. (Vinolla)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
21 June 2024 - 08:32
IHSG Diprediksi Makin Menguat

WARTAPENANEWS.COM –   Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi naik pada perdagangan hari ini. Kenaikan indeks menyusul penguatan yang terjadi hampir sepanjang perdagangan pada Kamis kemarin. Analis Phintraco Sekuritas, Valdy Kurniawan

01
|
21 June 2024 - 08:10
Viral, Pria Mualaf Bawa Babi untuk Kurban

WARTAPENANEWS.COM –  Euforia Idul Adha masih terasa hingga saat ini. Berbagai momen menarik dan unik di hari raya kurban ini pun belakangan mewarnai media sosial. Salah satunya adalah seorang pria

02
|
21 June 2024 - 07:35
Terbukti Terima Suap Rp 40 Miliar, Achsanul Qosasi Divonis 2,5 Tahun Penjara

WARTAPENANEWS.COM – Anggota III Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI nonaktif Achsanul Qosasi divonis 2 tahun 6 bulan penjara dalam kasus penerimaan suap korupsi BTS Bakti Kominfo. Majelis Hakim Pengadilan Tipikor

03