9 May 2024 - 17:56 17:56

Cara-Cara Menyelamatkan Smartphone yang Terendam Air Agar Tidak Rusak

WartaPenaNews, Jakarta – Beberapa orang yang melakukan kebiasaan bawa smartphone ke kamar mandi. Entahlah itu untuk dengarkan lagu, membalas chat yang penting, atau melakukan beberapa hal penting yang lain. Tetapi, kebiasaan ini tidak jarang selesai dengan nahas.

Sering smartphone yang dibawa ke kamar mandi terjatuh ke bak mandi atau bahkan ke lubang toilet, menyebabkan gadget kesayanganmu jadi rusak. Meskipun sudah ada banyak smartphone yang tahan air, pasti untuk kamu yang smartphone-nya masih usang tidak dapat asal-asalan membawanya ke kamar mandi.

Oleh karena itu, kamu butuh tahu cara selamatkan smartphone yang terbenang air supaya tidak rusak. Meskipun memang ada cara selamatkannya dari kerusakan, lebih baik kamu menghindari kebiasaan bawa smartphone ke kamar mandi untuk menahan hal ini terjadi. Tersebut cara selamatkan smartphone yang terbenang air dari berbagai sumber, Kamis (1/8/2019).

Selekasnya Matikan Smartphone

Langkah pertama untuk selamatkan smartphone yang terbenang air dengan segera mematikannya. Ini dilakukan untuk menghindari terjadinya korsleting.

Kemudian, kamu tidak bisa mencoba-coba untuk menghidupkannya kembali, karena saluran listrik dalam smartphone yang terkena air dapat menyebabkan gadget-mu itu jadi rusak. Jadi bila smartphone mu terbenang air, segera mengeluarkan dari di air itu, dan matikan daya.

Bebaskan Elemen Smartphone

Sesudah kamu mematikan smartphone, kamu harus melepas semua elemen pada smartphone, seperti kartu SIM, kartu ingatan, dan baterei bila smartphone-mu tidak menggunakan baterei tanam. Kemudian, keringkan semua elemen itu dengan tisu atau handuk.

Diluar itu, kamu harus juga mengeringkan semua sisi pada smartphone sampai betul-betul kering. Jika kamu merasakan yakin diri dengan potensi membuat alat elektronik, kamu dapat juga membuka elemen smartphone yang lain supaya makin cepat kering. Tetapi hal ini cuma dianjurkan untuk orang yang betul-betul pahami.

Masukan ke Dalam Beras

Mungkin cara selamatkan smartphone yang terbenang air satu ini sudah benar-benar familier buat kebanyakan orang. Sesudah mengeringkan smartphone dengan tisu, kamu dapat memasukkanya atau menguburkannya di beras.

Ini dilakukan supaya beras menyerap air yang masih sisa di smartphone. Seperti yang sudah diketahui, beras memang baik dalam menyerap air.

Kemudian, kamu harus menanti selama setidaknya dua atau tiga hari sampai smartphone betul-betul kering. Kamu dapat juga membolak-balikkan smartphone supaya air terserap secara baik.

Menggunakan Silica Gel

Tidak hanya menggunakan beras, kamu dapat juga menggunakan silica gel untuk mengeringkan smartphone yang terbenang air. Kamu butuh silica gel dengan jumlahnya yang lumayan banyak supaya bisa menutupi beberapa bagian yang kira-kira berpotensi dimasuki air.

Sama dengan penggunaan beras, kamu harus menanti setidaknya dua atau tiga hari sampai smartphone-mu kering sempurna. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
9 May 2024 - 16:32
Helm Keramat Berusia 2.500 Tahun Ditemukan

WARTAPENANEWS.COM – Helm logam berusia 2.500 ditemukan di situs arkeologi Gomile, Kroasia. Meski ditaksir sudah berumur ribuan tahun, kondisi helm itu masih sangat bagus. Melansir Live Science, Kamis (9/5/2024), para

01
|
9 May 2024 - 16:15
Ilmuwan China Menciptakan Virus Mutan Ebola

WARTAPENANEWS.COM – Ilmuwan China telah merekayasa virus mengandung Ebola di laboratorium. Hasilnya, virus tersebut bisa menimbulkan gejala mengerikan saat menginfeksi dan membunuh hamster. Virus mutan Ebola ini diciptakan oleh para

02
|
9 May 2024 - 15:39
Usai Pesta Miras, Pemuda di Bogor Tusuk Emak-emak

WARTAPENANEWS.COM – Polisi telah menaikkan status hukum pemuda berinisial T yang melakukan penusukan kepada emak-emak di Kota Bogor. Kini, T sudah ditetapkan polisi sebagai tersangka. "Sudah dinaikan menjadi tersangka," kata

03