8 May 2024 - 02:00 2:00

Cara Mudah Turunkan Kolesterol Bagi Orang Kantoran

WartaPenaNews, Jakarta – Kebiasaan di kantor yang kurang sehat dapat bikin kadar kolesterol melompat naik. Persentase kolesterol tinggi merupakan keadaan serius karena bisa tingkatkan kemungkinan penyakit jantung. Untungnya, kolesterol yang naik dapat Anda turunkan kadarnya kembali konstan. Tetapi, bagaimana caranya?

Penyakit jantung masuk dalam jejeran penyakit yang bisa menyebabkan kematian terbesar di Indonesia. Risikonya akan begitu besar terjadi pada seorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Ini terjadi karena kolesterol yang terlalu banyak dalam darah akan teperdaya pada dinding pembuluh arteri.

Seiring bersamanya waktu, kolesterol akan menumpuk berubah menjadi plak dan mempersempit ruang pembuluh darah. Menyebabkan, darah yang bawa oksigen dan nutrisi ke otot jantung jadi terhambat. Setelahnya, aterosklerosis ataupun serangan jantung bisa terjadi.

Untuk menahan mengembangnya penyakit ini, pekerja kantor butuh mengontrol kadar kolesterol tetap normal. Kuncinya dengan mengedit kebiasaan di kantor bertambah sehat. Jangan risau, Anda dapat ikuti beberapa panduan menurunkan kadar kolesterol untuk orang kantoran berikut ini.

1. Berhenti merokok dan jauhi asap rokok

Merokok tidak cuma lawan buat paru-paru Anda, namun buat semua jaringan badan, termasuk kolesterol. Karbon monoksida, nikotin, zat kimia yang lain yang terdapat pada rokok dapat tingkatkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida (lemak darah). Kedua-duanya bisa membuat plak berlilin di arteri.

Nah, untuk menurunkan kembali kadar kolesterol jahat yang naik gara-gara merokok, pekerja kantor harus menyudahi kebiasaan merokok. Satu studi memperlihatkan kalau berhenti merokok bisa tingkatkan konsentrasi HDL-C, ialah kolesterol baik yang menentang LDL.

Penambahan kolesterol baik itu terjadi dalam sekejap, ialah kurang dari 3 minggu. Ini memperlihatkan kalau berhenti merokok merupakan langkah efisien buat pekerja kantoran untuk menurunkan kolesterol yang tinggi.

Kecuali berhenti merokok, pekerja kantor pula butuh menjauhi asap rokok. Kalau ada kawan Anda yang sedang merokok, seharusnya pergi dari tempat itu dengan sopan. Ini biar Anda tidak turut hirup asap rokok dan berubah menjadi perokok pasif.

2. Naik tangga, kurangi naik lift

Aktif bergerak ternyata bikin sehat badan. Diantaranya bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi pada seorang kantoran. Pekerja kantoran condong memakan waktu untuk duduk di muka laptop. Kurang aktifnya badan untuk bergerak ini dapat menyebabkan kadar kolesterol naik.

Kalau Anda mager alias malas bergerak, berat badan sangatlah mudah naik. Jika berat badan sudah berlebihan, kadar LDL dan trigliserida akan bertambah. Tersebut pemicunya pekerja kantor harus tetap aktif biarpun memakan waktu duduk di bangku. Ini dapat dilakukan dengan memperbanyak berjalan kaki atau menentukan naik tangga dibanding dengan naik eskalator atau lift.

3. Kurangi jajan junk food

Kerja di kantor seharian pastinya bikin Anda lapar atau mau kunyah. Ini menggerakkan Anda untuk membeli junk food yang praktis, cepat, dan tentulah bisa mengenyangkan perut. Tetapi, makanan ini berubah menjadi pantangan buat orang dengan kadar kolesterol tinggi.

Junk food condong tinggi gula, garam, dan lemak bosan. Kalau dikonsumsi asal-asalan, berat badan Anda dapat naik tanpa kendali. Menyebabkan, kenaikan berat badan ini menimbulkan kadar kolesterol jahat melompat naik.

Untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi ini, pekerja kantoran harus mengurangi makan junk food. Jadi alternatifnya, siapkan selalu cemilan sehat yang dapat mengenyangkan perut. Umpamanya pisang, apel, atau yogurt.

4. Luangkan olahraga mudah di celah pekerjaan

Kecuali coba lebih aktif di kantor dengan naik tangga, olahraga bisa pula jadikan pilihan. Olahraga mendukung mengontrol berat badan juga sekaligus menurunkan kadar kolesterol buat pekerja kantoran.

Walau repot, olahraga mudah dapat dilakukan di antara jam kantor. Anda dapat coba gerakan kontraksi, contohnya:

Angkat pundak turun-naik setinggi telinga. Posisikan badan berdiri tegak, lalu angkat pundak dekati telinga Anda. Tahan selama 5 detik dan lemaskan badan. Melakukan secara berulang-ulang sejumlah 15 kali.
Melakukan squat. Mulai dengan berdiri tegak, lantas luruskan tangan ke depan. Secara perlahan-lahan, tekuk lutut Anda dan bentuk sikap duduk tanpa bangku. Tahan selama 15 detik, lalu bangun dan berdiri tegak kembali. Ulangilah gerakan ini sejumlah 4 sampai 6 kali.

5. Mengonsumsi minuman mengandung susu yang diperkaya inulin dan beta-glukan
minum susu setelah minum obat

Turunkan kadar kolesterol pada seorang kantoran bisa pula dilakukan dengan tingkatkan konsumsi serat. Misalnya serat beta-glukan dan inulin.

Menurut studi, serat beta-glukan bisa berinteraksi dengan lemak darah hingga bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi. Demikian dengan kandungan prebiotik pada inulin bisa mengurangi kadar serum dari LDL pada tubuh.

Anda dapat mendapatkan kegunaan baik ini dari minuman mengandung susu yang telah diperkaya beta-glukan dan inulin. Dapat tetapi, untuk menurunkan kadar kolesterol, Anda tetap dianjurkan untuk mengawasi skema makan sehat, teratur melakukan olahraga, cukup istirahat, dan rajin memeriksakan kadar kolesterol. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
6 May 2024 - 12:17
Rafah Diserang Israel, 19 Warga Gaza Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Israel menyerang Rafah di selatan Gaza pada Minggu (5/5). Aksi Israel adalah tindakan balas dendam atas serangan roket sayap militer Hamas yang menewaskan tiga tentara IDF. Menurut pejabat

01
|
6 May 2024 - 11:14
Pagi Tadi, Gunung Semeru Kembali Erupsi

WARTAPENANEWS.COM – Gunung Semeru yang terletak di Lumajang "batuk" pagi ini, Senin (6/5). Gunung tersebut memuntahkan kolom abu setinggi 700 meter dari atas puncaknya. "Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari

02
|
6 May 2024 - 10:16
Ada Tumpahan Oli, Jalan Juanda Depok Macet Parah

WARTAPENANEWS.COM – Jalan Juanda dari arah Cisalak ke arah Margonda, Depok, macet parah tadi pagi, Senin (6/5) sekitar pukul 08.00 WIB. Ada tumpahan oli jalan dekat Pesona Square Mal. Pantauan

03