12 May 2024 - 16:05 16:05

Catat! Partai Ummat Akan Daftarkan Diri ke Kemenkumham

WartaPenaNews, Jakarta – Partai Ummat yang baru saja dideklarasikan pada 29 April 2021 atau 17 Ramadhan 1442 Hijrah berencana akan diri sendiri ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Namun secara tiba-tiba kapan partai ini akan menempatkan diri.

Sekretaris Jenderal Partai Ummat Ahmad Muhajir mengkaim partai dengan semboyan “Lawan Kezaliman, Tegakkan Keadilan” ini sudah memiliki kepengurusan di 34 provinsi, 400 kabupaten kota, dan lebih dari 50 persen kepengurusan di tingkat kecamatan.

“Partai Ummat sudah memenuhi syarat undang-undang sebagai sebuah partai politik di mana sudah punya kepengurusan di 34 provinsi, 400 kabupaten kota, serta hampir 50 persen kepengurusan di tingkat kecamatan,” kata Muhajir ketika dihubungi, Kamis (27/5/2021).

Berdasarkan Undang-undang Nomor 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi untuk mendirikan partai baru, diantaranya adalah memiliki kepengurusan paling sedikit 60 persen dari jumlah provinsi, 50 persen dari jumlah kabupaten / kota pada setiap provinsi yang memperhatikan, dan 25 persen dari jumlah kecamatan pada setiap kabupaten / kota pada daerah yang bersangkutan.

Muhajir mengaku animo masyarakat dari berbagai kota di Tanah Air terlihat begitu besar untuk bergabung dengan partai yang menegakkan Amar Ma’ruf Nahi Munkar ini. bahkan dia menyebutkan ada sejumlah kader dan simpatisan asal partai lain yang bergabung ke partainya.

Jika ditilik dari daftar nama jajaran pengurus, nama-nama tokoh dari berbagai parpol banyak menghiasai partai ini. Sebut saja Amien Rais duduk sebagai Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, dengan Idrus Sambo sebagai Sekretarisnya. Lalu MS Kaban, yang mantan Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), duduk sebagai Wakil Ketua I Majelis Syuro Partai Ummat.

Sebagai Wakil Ketua II adalah Thalib Sagaf Aldjufri, yang diketahui merupakan saudara mantan Menteri Sosial, Salim Segaf Al-Jufri, yang juga ketua Majelis Syuro PKS. Wakil Ketua III dijabat Neno Warisma

Sementara di Dewan Pengurus Pusat, menantu Amien yang dikenal sebagai dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Ridho Rahmadi, diangkat menjadi ketua umum partai.

Sebagai sekretaris jenderal Partai Ummat, Ahmad Muhajir Sodruddin, seorang advokat dan mantan anggota DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN).

Di posisi Wakil Ketua Umum I adalah Agung Mozin yang juga menjadi salah seorang penggagas Partai Ummat. Wakil Ketua Umum II Sugeng, mantan Ketua Majelis Pertimbangan Partai PAN Provinsi Jawa Timur. Lalu Ketua Umum III Chandra Tirta Wijaya, yang juga dikenal sebagai mantan legislator dari Fraksi PAN.

Sebagai sekretaris jenderal Partai Ummat, Ahmad Muhajir Sodruddin, seorang advokat dan mantan anggota DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN).

Di posisi Wakil Ketua Umum I adalah Agung Mozin, mantan anggota DPR dari PAN yang juga menjadi salah seorang penggagas Partai Ummat. Wakil Ketua Umum II Sugeng, mantan Ketua Majelis Pertimbangan Partai PAN Provinsi Jawa Timur. Lalu Ketua Umum III Chandra Tirta Wijaya, yang juga dikenal sebagai mantan legislator dari Fraksi PAN. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
11 May 2024 - 12:17
Ayah di Bekasi Pukul Anak Pakai Linggis hingga Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Polres Metro Bekasi Kota menghentikan kasus seorang ayah berinisial N (61 tahun) yang memukul anak kandungnya sendiri berinisial C (35) hingga tewas menggunakan linggis. Kasatreskrim Polres Metro Bekasi

01
|
11 May 2024 - 11:16
1 Orang Tewas, 3 Rumah Rusak di Pasuruan akibat Bom Ikan Meledak

WARTAPENANEWS.COM – Bom ikan atau bondet meledak di sebuah gudang Jalan Hangtuah IX RT 006 RW 009 Kelurahan Ngemplakrejo, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, Jumat (10/5) malam. Ledakan tersebut menewaskan satu

02
|
11 May 2024 - 10:13
Sopir Taksi di Bali Diringkus Usai Bawa Kabur Tas Berisi Uang Rp30 Juta

WARTAPENANEWS.COM – Oknum sopir taksi berinisial IKEP (40) diringkus di rumahnya di Jalan Imam Bonjol, Denpasar, karena membawa pulang tas milik penumpangnya yang tertinggal. Dalam tas milik WN Prancis berinisial

03