2 Februari 2023 - 16:18 16:18
728x90

Dampak Pemanis Buatan Bagi Tubuh yang Harus Kamu Ketahui

WartaPenaNews, Jakarta – Para ilmuwan bertanya-tanya dampak pemanis buatan pada tubuh Anda. Bahkan, baik American Heart Association dan American Diabetes Association merekomendasikan menggunakan pemanis buatan dalam jumlah sedang, karena produk bebas gula tidak selalu sehat.

Kini, penelitian terbaru – yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Ben-Gurion Negev di Israel dan Nanyang Technological University di Singapura dan diterbitkan dalam jurnal Molecules – menemukan bahwa pemanis buatan bisa merusak kesehatan Anda. Bahkan, pemanis buatan sebenarnya bisa merusak saluran pencernaan, khususnya bakteri alami usus.

Menurut sebuah penelitian, enam dari pemanis buatan yang paling umum, yakni aspartame, sucralose, sakarin, neotame, advantame dan acesulfame potassium-k – ditemukan beracun dalam mikroba usus pencernaan tikus. Terlebih lagi, hanya butuh 1 miligram per mililiter pemanis buatan untuk menghasilkan hasil ini.

“Ini adalah bukti lebih lanjut bahwa konsumsi pemanis buatan secara negatif memengaruhi aktivitas mikroba usus yang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan,” kata profesor Ariel Kushmaro, John A. Ungar chair di bidang bioteknologi di Avram dan Stella Goldstein-Goren Departemen Teknik Bioteknologi dan anggota Ilse Katz Institute untuk Sains dan Teknologi Nanoscale dan Institut Nasional untuk Bioteknologi di Negev, seperti dilansir laman Sheknows, Senin (7/1).

Dan sementara semua pemanis yang diuji dianggap ‘aman untuk dikonsumsi’ oleh Food and Drug Administration, hasil penelitian ini menunjukkan pengujian lebih lanjut diperlukan, terutama karena pemanis ini berada dalam begitu banyak produk yang kebanyakan orang mengonsumsinya tanpa sepengetahuan mereka.

“Hasil penelitian ini mungkin membantu dalam memahami toksisitas relatif pemanis buatan dan potensi efek negatif pada komunitas mikroba usus serta lingkungan,” pungkas Kushmaro.

Sementara itu, konsumen harus memperhatikan apa yang mereka makan dan harus mengkonsumsi makanan segar utuh jika memungkinkan. (dbs)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
sidang ferdy sambo
Hari Ini, Enam Eks Anak Buah Sambo Jalani Sidang Tuntutan
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
2 Februari 2023 - 12:03
Rekonstruksi Ulang Kecelakaan Mahasiswa UI Dijaga Ketat Polisi

wartapenanews.com - Puluhan polisi tampak berbaris, menjaga ketat tempat kejadian perkara (TKP) rekonstruksi ulang kecelakaan Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Hasya Attalah Syaputra di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Puluhan polisi

01
|
2 Februari 2023 - 11:08
Nunung Divonis Idap Kanker Payudara

wartapenanews.com -  Kabar kurang menyenangkan datang dari pelawak Nunung Srimulat. Belum lama ini, ia divonis dokter mengidap penyakit kanker payudara. Awalnya, Nunung merasakan ada benjolan di sekitar payudaranya. Namun, ia

02
|
2 Februari 2023 - 10:06
Hari Ini, Polda Metro Gelar Rekonstruksi Ulang Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI

wartapenanews.com - Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi ulang kasus kecelakaan yang menewaskan mahasiswa UI, Muhammad Hasya Atallah (18), di Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, hari ini, Kamis (2/2). Polisi

03