18 May 2024 - 10:44 10:44

Demo Hari Buruh Internasional di Prancis Rusuh, 291 Orang Ditangkap & 108 Polisi Terluka

IPOL.ID – Aksi unjuk rasa di seluruh Prancis atas reformasi pensiun yang digelar bertepatan dengan Hari Buruh Internasional 1 Mei diwarnai bentrokan antara polisi dan pengunjuk rasa. Setidaknya 108 polisi dilaporkan terluka dalam bentrokan tersebut

Menurut Menteri Dalam Negeri Prancis Gerald Darmanin, jumlah polisi yang terluka dalam skala besar sangat jarang terjadi. Sementara itu, 291 orang ditangkap selama chaos.

“Di Paris, seorang petugas polisi menderita luka bakar serius di tangan dan wajahnya ketika terkena bom bensin,” ujar Darmanin seperti dilansir BBC, Selasa (2/5).

Belum jelas berapa banyak pengunjuk rasa yang terluka.

Ratusan ribu orang dilaporkan ambil bagian dalam unjuk rasa Hari Buruh, yang fokus pada menentang reformasi pensiun.

Namun sebagian besar demo dilaporkan berlangsung damai. Hanya saja sekelompok orang melemparkan bom molotov dan kembang api, sementara polisi membalasnya dengan tembakan gas air mata serta meriam air.

Darmanin menuduh kelompok sayap kiri yang dikenal sebagai blok hitam dan berjumlah beberapa ribu berada di belakang kekerasan. Ia pun mendesak mereka yang menyerang polisi dan properti publik dihukum berat.

Elemen kekerasan disebut menguat dalam aksi protes sejak Maret, ketika pemerintah memutuskan memaksakan undang-undang reformasi pensiun tanpa pemungutan suara parlemen.

Perdana Menteri Elisabeth Borne men-twit bahwa kekerasan tidak dapat diterima, namun di lain sisi dia memuji mobilisasi dan komitmen yang bertanggung jawab dari para demonstran di banyak kota.

Unjuk rasa May Day adalah hari terakhir aksi massa menentang reformasi pensiun, yang menaikkan usia pensiun dari 62 tahun menjadi 64 tahun.

Kementerian Dalam Negeri Prancis menyebutkan bahwa jumlah keseluruhan para pengunjuk rasa saat May Day mencapai 782.000 orang, termasuk 112.000 di Paris. Akan tetapi Serikat Pekerja CGT mengklaim jumlahnya tiga kali lipat dari yang disebutkan pemerintah.(Far)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

01
|
18 May 2024 - 09:17
Saat Berwisata di Afghanistan, Tiga Turis Spanyol Tewas Dibunuh

WARTAPENANEWS.COM – Sebanyak tiga turis Spanyol tewas terbunuh dan seorang lainnya terluka di Provinsi Bamyan, Afghanistan. Mereka diserang oleh kelompok bersenjata. Menurut jubir Kemendagri Afghanistan Abdul Mateen pada Jumat (17/5),

02
|
18 May 2024 - 08:39
Rumah Warga di Petogogan Jaksel Dilanda Kebakaran

WARTAPENANEWS.COM –  Kebakaran melanda rumah warga di Jalan Petogogan 1 Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (18/5) pagi sekitar pukul 08.15 WIB. Sebanyak 19 unit Damkar dikerahkan ke lokasi.

03