29 April 2024 - 11:17 11:17

Dengan Tertawa, Kita Sebenarnya Berolahraga, Yuk Simak Manfaat Tertawa Lainnya

tertawa, laugh ilustrasi

IPOL.ID – Tertawa adalah reaksi psikologis juga anggota tubuh karena mendengar, mengalami, atau merasakan hal-hal yang lucu. Bila dilihat dari sudut pandang psikologis, tertawa dapat mendorong pelepasan endorfin atau hormon yang berkaitan dengan rasa bahagia.

Ketika endorfin meningkat, suasana hati akan menjadi lebih baik dan stres serta kecemasan akan menurun. Salah satu manfaat tertawa, yakni bisa menjadi obat hati ketika sedang merasa sedih atau kesepian. Namun bukan hanya sebagai ekspresi gembira. Tertawa juga bisa mengundang banyak manfaat sehat.

Para ahli telah membuktikan bahwa tertawa dapat mengurangi nyeri, membawa lebih banyak kebahagiaan, bahkan meningkatkan daya tahan tubuh. Ketika mulai tertawa, beban mental pun akan terasa lebih ringan. Selain itu, aktivitas tersebut juga bisa menyebabkan banyak perubahan positif di dalam tubuh.

Tertawa tidak hanya memiliki efek terapeutik, tetapi juga memiliki efek negatif. Seperti obat-obatan, jika Terapi Tawa diberikan dalam overdosis atau tanpa mempertimbangkan kontraindikasi; akan berdampak berbahaya bagi kesehatan. Efek terapeutik Terapi Tertawa terhadap kesehatan mental.

Dilansir dari kemenkes.go.id, berikut beberapa manfaat tertawa bagi kesehatan tubuh :

  1. Mengaktifkan dan Melegakan Respons terhadap Stres

Manfaat tertawa lepas akan meningkatkan respons stres, untuk kemudian menurunkannya. Di waktu yang sama, detak jantung akan meningkat dan langsung menurun seketika. Hal ini dapat menciptakan perasaan yang melegakan dan memberikan sensasi relaksasi. Saat kita mengalami stress, hormon kortisol adrenalin kita naik, sehingga dengan tertawa akan memicu pelepasan hormon endorphin yang mengurangi rasa sakit sehingga tubuh terasa menjadi baik dalam mengatur dan memproses emosi.

  1. Sarana Olahraga

Ada anggapan, banyak tertawa bikin Anda lebih awet muda. Ternyata, hal tersebut tak sepenuhnya salah, Tertawa dapat meningkatkan hormon endorfin dan mengurangi stres, sehingga meringankan ketegangan otot-otot di wajah.

  1. Mengurangi Ketegangan Pada Tubuh

Tertawa juga dapat menstimulasi sirkulasi darah dan membantu relaksasi otot. Kedua hal tersebut dapat mengurangi beberapa gejala fisik yang ditimbulkan oleh stres, seperti ketegangan pada otot leher dan bahu.

  1. Olahraga yang Tidak Disadari

Sebuah studi tahun 2009 yang dilakukan oleh peneliti Medical Hypotheses menemukan manfaat yang kuat dari tertawa untuk kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular. Pasalnya, tertawa dapat membantu aliran darah seseorang menjadi lebih baik. Aktivitas tertawa yang baik dapat melatih otot diafragma.

Selain itu, tertawa juga bisa membantu kontraksi otot perut dan bahu. Hal-hal tersebut dapat memicu sensasi relaks setelahnya. Jantung pun turut terlatih saat tertawa, sehingga fungsinya lebih terjaga.

Tertawa meningkatkan suasana hati dan efek positif pada orang dewasa yang sehat; gangguan depresi sementara membaik, stres moderat pada orang dewasa yang sehat, dan kecemasan. Hasil dari berbagai jenis penelitian menemukan bahwa tertawa memiliki banyak efek bagi kesehatan kita, baik efek positif maupun negatif pada kesejahteraan fisik dan mental. Yim, (2016) menyatakan bahwa manfaat psikologis dari tertawa lebih besar daripada manfaat fisiologis, seperti Tertawa mengurangi stres, kecemasan, dan ketegangan, serta menangkal gejala depresi, meningkatkan suasana hati, energi, harapan, harga diri, dan semangat; meningkatkan pemikiran kreatif, memori, dan pemecahan masalah, meningkatkan hubungan, interaksi interpersonal, ketertarikan, dan kedekatan, meningkatkan sikap tolong-menolong, keramahan, membangun identitas kelompok, solidaritas, dan kekompakan, mempromosikan kesejahteraan psikologis.

Jadi, kesimpulannya tertawa itu menyehatkan memang bermanfaat. Namun, pastikan untuk tidak melakukannya secara berlebihan. Sebab, tertawa yang tidak terkontrol atau di waktu yang kurang tepat tidak akan membawa manfaat sehat.

Pada beberapa orang, tertawa Olahraga yang Tidak Disadari Sebuah studi tahun 2009 yang dilakukan oleh peneliti Medical Hypotheses menemukan manfaat yang kuat dari tertawa untuk kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular.

Pasalnya, tertawa dapat membantu aliran darah seseorang menjadi lebih baik. Aktivitas tertawa yang baik dapat melatih otot diafragma. Selain itu, tertawa juga bisa membantu kontraksi otot perut dan bahu.

Hal-hal tersebut dapat memicu sensasi relaks setelahnya. Jantung pun turut terlatih saat tertawa, sehingga fungsinya lebih terjaga Menguangi Ketegangan.

PadaTubuh Tertawa juga dapat menstimulasi sirkulasi darah dan membantu relaksasi otot. Kedua hal tersebut dapat mengurangi beberapa gejala fisik yang ditimbulkan oleh stres, seperti ketegangan pada otot leher dan bahu. berlebihan bahkan dapat memicu reaksi asma, pecahnya benjolan pembuluh darah (aneurisma), dan penurunan kesadaran hingga pingsan. (tim)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

01
|
29 April 2024 - 09:12
Diduga Korban Pengeroyokan, Mayat Pria Penuh Luka Mengapung di Sungai Kedungsiling

WARTAPENANEWS.COM – Mayat laki-laki ditemukan mengapung di Sungai Kedungsiling, perbatasan Kecamatan Gunungpati – Kecamatan Mijen, Kota Semarang. Polisi menemukan sejumlah bukti awal, laki-laki yang tewas itu adalah korban pengeroyokan. Korban

02
|
29 April 2024 - 08:11
Protes Perang Israel, 900 Mahasiswa Pro-Palestina di Amerika Serikat Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM – Kampus-kampus di Amerika Serikat terus menggelar aksi protes pro-Palestina yang menuntut pemutusan hubungan keuangan dengan Israel akibat perang di Gaza. Pihak kampus semakin terdesak karena upacara wisuda yang

03