Deretan Makanan Agar Kulit Tetap Sehat dan Lentur

oleh -
Ilustrasi makanan sehat

WartaPenaNews, Jakarta – Perawatan kulit tidak hanya dari luar saja, misalkan dengan menggunakan kosmetik. Tetapi kamu juga perlu memperhatikan makanan, yang memainkan peran penting bagi kesehatan tubuh.

Tubuh yang sehat akan berdampak pada kesehatan kulit. Kulit tidak akan mudah berkerut, tetap kenyal dan lentur. Nah untuk itu sangat penting memerhatikan makanan, khususnya untuk merawat kulit tetap sehat dan lentur.

Untuk itu, kami akan sajikan kandungan dari makanan sehat yang dikutip dari Webmd.com, agar kulit tetap sehat dan lentur. Serta makanan apa yang harus dikonsumsi secara rutin.

Manfaat Air bagi Kulit
Minum air putih adalah salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kondisi kulit. Air membuat kulit tetap lembab, dan membuat garis-garis halus dan kerutan tidak terlihat. Juga membantu sel mengambil nutrisi dan membuang racun.

Disarankan minum 8 gelas air sehari, tetapi kamu mungkin tidak membutuhkannya sebanyak itu. Air dalam buah-buahan, sayuran, jus dan susu juga perlu diperhitungkan.

BACA JUGA:   Rentan Terhadap Perempuan, Ini Tips Cegah Osteoporosis Sejak Dini

Selenium untuk Kulit
Mineral ini membantu sel-sel kulit terlindung dari radikal bebas. Radikal bebas menyebabkan tanda-tanda penuaan seperti keriput dan kulit kering, kerusakan jaringan dan mungkin beberapa penyakit.

Selenium juga dapat membantu mencegah kanker kulit. Kamu bisa mendapatkannya dari kacang Brazil, jamur kancing, udang, domba, dan ikan seperti kakap, cod, halibut, tuna, dan salmon. Daging sapi yang dimasak, tiram, sarden, kepiting, dan pasta gandum juga mengandunng selenium.

Antioksidan untuk Sel Sehat
Antioksidan penting untuk memperlambat dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Kamu dapat menemukannya di semua jenis makanan, terutama buah-buahan dan sayuran berwarna seperti buah beri, tomat, aprikot, bit, labu, bayam, kentang, tangerine, paprika dan kacang-kacangan.

Lawan Radikal Bebas dengan CoQ10
Tubuh membuat antioksidan penting yang disebut Coenzyme Q10. Tetapi seiring bertambahnya usia, tubuh menghasilkannya lebih sedikit.

Kamu dapat menemukan CoQ10 pada ikan seperti salmon dan tuna, unggas, daging organ seperti hati, dan biji-bijian utuh. Jika kamu menggunakan produk kulit yang memiliki CoQ10, akan membantu menyamarkan kerutan dan tanda-tanda penuaan lainnya.

BACA JUGA:   Khasiat Tersembunyi Bawang Merah Mentah

Vitamin A untuk Perbaikan Kulit
Jeruk, wortel, atau irisan melon kaya dengan vitamin A. Kamu juga bisa menemukannya di sayuran hijau, telur dan makanan olahan susu rendah lemak. Saat kamu menggunakan produk kulit dengan vitamin A, kerutan dan bintik-bintik cokelat akan tersamarkan. Produk-produk tersebut menyebutnya dengan istilah retinoid.

Vitamin C Melindungi dari Sinar Matahari
Sinar matahari bisa membuat kulit terasa kaku. Vitamin C dapat membantu melindunginya. Juga membantu memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari pada kolagen dan elastin, yang mengencangkan kulit. Vitamin C banyak terkandung di paprika merah, buah jeruk, pepaya, kiwi, brokoli, sayuran hijau dan taoge.

Vitamin E Menambah Kesehatan Kulit
Antioksidan lain yang dapat membantu menyelamatkan kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan peradangan adalah vitamin E. Kamu bisa mendapatkannya dari minyak nabati, kacang-kacangan, biji-bijian, zaitun, bayam, asparagus dan sayuran hijau.

BACA JUGA:   Tips Agar Wajahmu Cerah Secara Alami

Konsumsi Lemak Sehat
Omega-3 dan omega-6s adalah lemak baik yang membantu kulit melindungi dari kekeringan dan noda. Asam lemak esensial seperti ini membantu membuat kulit lebih halus dan terlihat lebih muda. kamu bisa mendapatkannya dari minyak zaitun dan minyak canola, biji rami, kenari, dan ikan air dingin seperti salmon, sarden dan mackerel.

Minyak Baik untuk Kulit
Minyak zaitun extra virgin atau yang tanpa diproses memanaskannya, sangat baik untuk kulit. Minyak ini juga dapat membantu melumasi kulit dan membuatnya tetap terlihat dan terasa sehat.

Antioksidan dalam Gelas
Teh hijau adalah salah satu antioksidan paling kuat yang bisa membantu kulit tetap sehat. Selain itu, juga membantu menghentikan peradangan, membantu memperlambat kerusakan DNA. Rutin minum teh hijau atau gunakan kosmetik yang mengandung ekstrak teh hijau agar kulit lebih sehat.

Itulah beberapa kandungan dalam makanan yang bisa membuat kulit kamu tetap sehat dan lentur. (mus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *