26 April 2024 - 14:54 14:54

Di App Store, Tik Tok Diunduh Lebih dari 33 Juta Kali

WartaPenaNews, Jakarta – Aplikasi jejaring sosial video pendek, Tik Tok baru-baru ini menjadi aplikasi nomor satu atau raja di App Store pada kuartal pertama 2019. Menurut laporan dari Sensor Tower, Tik Tok telah diunduh lebih dari 33 juta kali di pusat aplikasi Apple itu pada triwulan pertama 2019. Tik Tok mengalahkan YouTube, Instagram, WhatsApp dan Messenger.

Dikutip dari laman TechCrunch, Sabtu (18/5/2019), sejak kuartal pertama 2015, Tik Tok menjadi aplikasi yang banyak diunduh. Popularitas Tik Tok kala itu mencapai 11,7 juta unduhan, meningkat 3,6 persen dibanding periode yang sama 2014. ?Tik Tok berjaya di App Store namun masih kalah dalam pusat aplikasi Android, Play Store.

Alasannya, perangkat Android banyak beredar di pasar negara berkembang dan basis penggunanya juga lebih besar ketimbang iOS. Data kuartal pertama 2019 menunjukkan, WhatsApp menjadi aplikasi nomor satu di Google Play Store dengan total mencapai 199 juta unduhan. Aplikasi yang menguntit di bawah WhatsApp yaitu Messenger, Tik Tok, Facebook dan Instagram.

Empat aplikasi teratas, kalau ditotal setidaknya sudah diunduh lebih dari 150 juta kali. Meski Tik Tok tidak populer di Android, data Sensor Tower menunjukkan, Tik tok berjaya di India. Di Negeri Bollywood itu, aplikasi video pendek itu diunduh 88,6 juta pengguna di kuartal pertama, naik 8,2 persen dibanding periode yang sama 2018.

Konon angka yang dihasilkan anak perusahaan ByteDance ini akan menurun pada kuartal berikutnya. Alasan yang mendasarinya adalah karena larangan aplikasi di India pada April. Pemerintah India melarang karena maraknya konten ilegal termasuk pornografi pada platform tersebut.

Pada kuartal pembuka 2019, peningkatan dialami aplikasi YouTube Kids. Peningkatan per kuartalnya mencapai 291 persen. Saat ini total unduhan di Play Store mencapai 29 juta unduhan, dengan demikian membuat YouTube Kids masuk menjadi dalam jajaran 20 besar aplikasi di pusat aplikasi Android tersebut.

Kemudian, jika total unduhan di iOS dan Android digabungkan, maka total pemasangan WhatsApp mencapai 22 juta unduhan sepanjang kuartal pertama. Pencapaian WhatsApp itu mengalahkan aplikasi lainnya. Aplikasi Messenger menduduki peringkat dua dan Tik Tok di posisi tiga, selanjutnya berturut-turut Facebook dan Instagram. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

01
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

02
|
26 April 2024 - 10:13
Warga Kalimantan Enggan Jual Tanahnya untuk Pembangunan IKN

WARTAPENANEWS.COM –  Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkapkan salah satu tantangan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) adalah masalah tanah. Sebab masih ada sebagian warga Kaimantan yang

03