3 May 2024 - 10:23 10:23

Di Jatim, Densus 88 Kembali Gulung Delapan Terduga Teroris

WartaPenaNews, Surabaya – Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri kembali mengamankan delapan terduga teroris di Jawa Tuimur. Mereka ditangkap petugas sejak Senin (1/3) hingga Selasa (2/3) hari ini.

Operasi penangkapan itu merupakan pengembangan dari penangkapan sebelumnya yang berhasil membekuk 12 tersangka teroris dari jaringan Jamaah Islamiyah (JI) pekan lalu. Semuanya berlangsung di Jawa Timur.

Dengan demikian, total ada 20 terduga teroris diamankan sejauh ini dari Jatim.

“Delapan orang lagi yang diamankan dari tiga lokasi. Dari Surabaya dua orang, Malang dua orang, empat di Bojonegoro,” ujar Kepala Bidang Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko saat dikonfirmasi, Selasa (2/3).

Diketahui, para terduga teroris ini masih berada dalam satu jaringan dari serangkaian penangkapan terdahulu. Oleh sebab itu, hingga saat ini polisi masih melakukan pengembangan terkait jaringan teroris itu di Jawa Timur.

“(Ditangkap) dari kemarin sore, sampai siang ini. Makanya masih bergerak terus Densus,” kata dia. “Untuk lengkapnya nanti harus dari Mabes Polri,” tambahnya lagi.

Terpisah, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigadir Jenderal Rusdi Hartono mengatakan penangkapan terhadap terduga teroris N, yang merupakan seorang penjual baju, merupakan hasil pengembangan dari penangkapan teroris di Surabaya sebelumnya.

“Kalau didapatkan lagi satu tersangka, sekarang sudah diamankan itu merupakan bagian dari pengembangan tersangka 12 kemarin,” kata Rusdi kepada wartawan di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur pada Selasa (2/3).

Dia menjelaskan bahwa saat ini tim Densus 88 masih mengantisipasi gerakan dan aksi terorisme yang berkembang di Indonesia.

Dalam hal ini, kata dia, upaya penangkapan itu merupakan bagian dari langkah pencegahan atau preventive strike terhadap aksi teror.

“Yang jelas, Densus terus bekerja bersama dengan instansi yang lain,” ucapnya lagi.

Namun demikian, Rusdi belum dapat memastikan berapa jumlah tersangka kasus terorisme yang sudah diringkus oleh Densus 88 di wilayah Jawa Timur dalam beberapa waktu belakangan ini.

Dalam hal ini, 12 tersangka terorisme yang telah diekspos oleh kepolisian merupakan bagian dari jaringan Jamaah Islamiyah (JI). Mereka diduga berkaitan dengan teroris Upik Lawanga alias Taufik Bulaga.

Upik Lawanga merupakan petinggi Jamaah Islamiyah yang merupakan sosok perakit bom ulung. Dia buron dari kejaran polisi selama 14 tahun dan baru ditangkap November tahun lalu.

JI sendiri merupakan jaringan terorisme yang bertanggung jawab atas pelbagai kasus teror di Indonesia. Beberapa di antaranya seperti Bom Bali 1 dan 2, kemudian ledakan di hotel JW Marriot dan Ritz-Carlton di kawasan Mega Kuningan, Jakarta pada 2009. (wsa)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
3 May 2024 - 09:14
Hujan Lebat di Brasil, 10 Ribu Warga Mengungsi dan 29 Orang Tewas

WARTAPENANEWS.COM –  Presiden Brasil, Luiz Inacio Lula da Silva, menyebut hujan lebat telah menyebabkan banjir dan tanah longsor di bagian selatan negara itu. Akibat bencana alam ini, setidaknya 29 orang

01
|
3 May 2024 - 08:32
Usai Ditabrak Pria yang Mengaku Polisi, Dua Warga Bogor Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Dua warga Bogor bernama Diva Maulana Akbar dan Siti Mardiana tewas usai ditabrak pria mengaku polisi di area Stadion Pakansari, Cibinong, Jumat, 10 November 2023 lalu. Kasus ini

02
|
3 May 2024 - 08:09
Waspada, Indonesia Bakal Dilanda Hujan Badai

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memprakirakan, hujan disertai petir akan melanda sebagian wilayah Indonesia. Pengendara motor harus lebih waspada ketika terjadi hujan badai. Seperti diketahui, sepeda

03