12 May 2024 - 21:20 21:20

Di Tengah Pandemi Corona, Kapolri Perintahkan Pengaktifan Siskamling

WartaPenaNews, Jakarta – Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz mengeluarkan Surat Telegram terkait pemantapan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) serta antisipasi gangguan kamtibmas terkait pandemi virus corona atau Covid-19 yang masih mewabah di Indonesia.

Surat Telegram Kapolri yang ditandatangani oleh Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto itu berisikan perintah kepada jajaran Polri untuk mengoptimalkan pencegahan gangguan kamtibmas sampai ke pelosok daerah.

Hal ini terlihat dari isi Surat Telegram bernomor ST/1336/IV/OPS.2/2020 di mana Kapolri memerintahkan optimalisasi peran Bhabinkamtibmas dan pengaktifan siskamling. Agus mengatakan peran Bhabinkamtibmas harus dioptimalkan apalagi di tengah upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 yang saat ini masih mewabah di Indonesia.

“Bhabinkamtibmas itu kan ujung tombak kepolisian di masyakarat, paling dekat dengan masyarakat,” kata Komjen Agus, Kamis, 30 April 2020.

Agus mengatakan bahwa di tengah upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 saat ini, Bhabinkamtibmas harus mampu membangun kesadararan masyarakat akan bahaya Covid-19. Bhabinkamtibmas juga harus mampu bersinergi dengan semua stakeholder di daerah sehingga penyebab timbulnya gangguan kamtibmas dapat diredam sejak dini.

“Pengaktifan siskamling juga penting saat ini, karena siskamling mempunyai daya cegah, daya tangkal dan daya lawan terhadap segala bentuk gangguan kamtibmas di tengah masyarakat,” ujar Agus.

Agus menambahkan saat Ramadhan seperti sekarang ini tentu tugas kepolisan akan semakin berat, tapi dia menegaskan bahwa tanggung jawab memelihara kamtibmas di masyarakat adalah amanah untuk mengabdi kepada bangsa dan negara. “Insya Allah bernilai ibadah,” tutur Agus. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
11 May 2024 - 12:17
Ayah di Bekasi Pukul Anak Pakai Linggis hingga Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Polres Metro Bekasi Kota menghentikan kasus seorang ayah berinisial N (61 tahun) yang memukul anak kandungnya sendiri berinisial C (35) hingga tewas menggunakan linggis. Kasatreskrim Polres Metro Bekasi

01
|
11 May 2024 - 11:16
1 Orang Tewas, 3 Rumah Rusak di Pasuruan akibat Bom Ikan Meledak

WARTAPENANEWS.COM – Bom ikan atau bondet meledak di sebuah gudang Jalan Hangtuah IX RT 006 RW 009 Kelurahan Ngemplakrejo, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, Jumat (10/5) malam. Ledakan tersebut menewaskan satu

02
|
11 May 2024 - 10:13
Sopir Taksi di Bali Diringkus Usai Bawa Kabur Tas Berisi Uang Rp30 Juta

WARTAPENANEWS.COM – Oknum sopir taksi berinisial IKEP (40) diringkus di rumahnya di Jalan Imam Bonjol, Denpasar, karena membawa pulang tas milik penumpangnya yang tertinggal. Dalam tas milik WN Prancis berinisial

03