30 Januari 2023 - 15:29 15:29
728x90

Diperiksa Kejagung, Susi Pudjiastuti Jadi Saksi Kasus Korupsi Impor Garam

wartapenanews.com – Eks Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti diperiksa Kejaksaan Agung (Kejagung), Jumat (7/10/2022), dalam perkara korupsi impor garam industri. Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Ketut Sumedana menyebutkan Susi sudah tiba di Gedung Bundar Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) menjalani pemeriksaan sebagai saksi.

“Iya (diperiksa) sudah ada di Gedung Bundar,” kata Sumedana, seraya menambahkan Susi tiba di Gedung Bundar pada pukul 09.00 WIB didampingi kuasa hukum.

Jampidsus belum menetapkan tersangka dalam perkara ini. Begitu pula dengan estimasi kerugian negara dari impor garam yang diduga menyalahi ketentuan. Menurut Kapuspenkum, penghitungan kerugian negara sedang berproses seiring langkah pengusutan untuk menetapkan tersangka.

Ketika ditanyakan mengenai kasus posisi, Kapuspenkum hanya memberi jawaban kepada wartawan untuk bersabar. “Nanti Dirdik doorstop,” kata Kapuspenkum meminta wartawan menunggu keterangan resmi.

Menurutnya, perkara yang ditangani penyidik terkait dengan peristiwa yang terjadi pada 2018 yang lalu yakni, pemberian kuota impor garam industri kepada 21 perusahaan. Total kuoat yang diterima 21 perusahaan inportir tersebut mencapai 3.770.346 ton atau dengan nilai sebesar Rp2 triliun.

Pemberian kuota diduga dilakukan tanpa memperhitungkan stok garam lokal dan stok garam industri yang tersedia, sehingga mengakibatkan garam industri melimpah.

Para importir diduga mengalihkan secara melawan hukum peruntukan garam industri menjadi garam konsumsi dengan perbandingan harga yang cukup tinggi. Dengan begitu petani garam lokal mengalami kerugian yang juga berdampak pada kerugian perekenomian negara. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

garis polisi
Dibakar Hidup-hidup, Wanita Paruh Baya di Sorong Meregang Nyawa
satu 1
Pelaku Pembunuhan Ojol di Tangerang Ternyata Bukan Ojol
film
Deretan Film Semi China Terbaik
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
ahy
Usung Anies Capres, AHY Ajak NasDem-PKS Segera Bentuk Sekretariat Perubahan
satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
bharada e
Tuntutan Terhadap Richard Eliezer Dinilai Janggal
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
30 Januari 2023 - 12:09
Netanyahu Permudah Israel untuk Tembak Orang Palestina

wartapenanews.com - Rencana Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, untuk mempermudah warganya memperoleh senjata api mengingatkan kekhawatiran akan kekerasan terhadap warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki dan Yerusalem Timur sejak

01
|
30 Januari 2023 - 11:06
Mobil Sebar Duit, Warga Jombang Berebut Ambil Uang

wartapenanews.com - Jalan yang ada di Dusun Watudakon, Desa Watudakon, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, mendadak heboh. Tampak sejumlah warga berdiri di pinggir jalan kampung, seperti menunggu kedatangan seseorang. Tidak menunggu

02
|
30 Januari 2023 - 10:06
Arema FC Pertimbangkan Bubarkan Diri karena Tak Diterima Pendukungnya Sendiri

wartapenanews.com -  Klub Arema FC nampak sudah gerah dengan beberapa penolakan dan aksi ricuh dari pendukungnya sendiri di Tanah Air. Akibatnya manajemen mempertimbangkan untuk membubarkan tim menyusul situasi yang tak

03