25 April 2024 - 15:00 15:00

Diperiksa Kejagung, Susi Pudjiastuti Jadi Saksi Kasus Korupsi Impor Garam

wartapenanews.com – Eks Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti diperiksa Kejaksaan Agung (Kejagung), Jumat (7/10/2022), dalam perkara korupsi impor garam industri. Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Ketut Sumedana menyebutkan Susi sudah tiba di Gedung Bundar Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) menjalani pemeriksaan sebagai saksi.

“Iya (diperiksa) sudah ada di Gedung Bundar,” kata Sumedana, seraya menambahkan Susi tiba di Gedung Bundar pada pukul 09.00 WIB didampingi kuasa hukum.

Jampidsus belum menetapkan tersangka dalam perkara ini. Begitu pula dengan estimasi kerugian negara dari impor garam yang diduga menyalahi ketentuan. Menurut Kapuspenkum, penghitungan kerugian negara sedang berproses seiring langkah pengusutan untuk menetapkan tersangka.

Ketika ditanyakan mengenai kasus posisi, Kapuspenkum hanya memberi jawaban kepada wartawan untuk bersabar. “Nanti Dirdik doorstop,” kata Kapuspenkum meminta wartawan menunggu keterangan resmi.

Menurutnya, perkara yang ditangani penyidik terkait dengan peristiwa yang terjadi pada 2018 yang lalu yakni, pemberian kuota impor garam industri kepada 21 perusahaan. Total kuoat yang diterima 21 perusahaan inportir tersebut mencapai 3.770.346 ton atau dengan nilai sebesar Rp2 triliun.

Pemberian kuota diduga dilakukan tanpa memperhitungkan stok garam lokal dan stok garam industri yang tersedia, sehingga mengakibatkan garam industri melimpah.

Para importir diduga mengalihkan secara melawan hukum peruntukan garam industri menjadi garam konsumsi dengan perbandingan harga yang cukup tinggi. Dengan begitu petani garam lokal mengalami kerugian yang juga berdampak pada kerugian perekenomian negara. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 April 2024 - 12:38
Ganjar Tolak Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

WARTAPENANEWS.COM – Usai gelaran Pilpres 2024 ini, Ganjar Pranowo kembali menegaskan dirinya berada di luar pemerintahan. Sikap ini, bukan berarti dia tak hormat pada pemenang pilpres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

01
|
25 April 2024 - 11:14
Pegawai Kementerian ESDM Diperiksa Kejagung Terkait Kasus Korupsi Timah

WARTAPENANEWS.COM – Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadwalkan pemeriksaan seorang pegawai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam kasus korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah

02
|
25 April 2024 - 10:17
Bocah Temukan Mayat Wanita Membusuk di Dalam Rumah

WARTAPENANEWS.COM – Warga Kecamatan Cihara, Provinsi Banten dihebohkan penemuan sesosok mayat wanita di Kampung Barung Cayut, Desa Pondok Panjang, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak. Mayat yang ditemukan bocah sekitar pukul 13.00

03