29 April 2024 - 02:07 2:07

DPRD Sumsel Usulkan Kota Palembang Berlakukan Jam Malam Tekan Covid-19

WartaPenaNews, Palembang – DPRD Sumatera Selatan mengusulkan agar Pemerintah Kota Palembang perlu memberlakukan jam malam untuk menekan penyebaran Covid-19.

Wakil Ketua Komisi V DPRD Sumatera Selatan Mgs Syaiful Fadli mengatakan, jam malam bisa diberlakukan mulai pukul 20.00-04.00 WIB untuk seluruh wilayah Sumsel, terutama Kota Palembang.

“Pemberlakuan jam malam untuk memperkuat berbagai aturan yang telah diterbitkan terkait pembatasan aktivitas masyarakat, karena Kota Palembang memegang kunci penyelesaian krisis Covid-19 di Sumsel,” terang Saiful seperti diberitakan kantor berita AntaraNews.com, Kamis (20/5/2021).

Menurutnya, jam malam diterapkan untuk mengurangi kerumunan warga pada malam hari khususnya di kafe-kafe, tempat hiburan dan mal, selain itu agar imunitas warga lebih terjaga sehingga lebih kuat menangkal COVID-19.

Ia mengamati kegiatan warga pada malam hari saat ini semakin ramai, salah satu pemicunya karena pusat perbelanjaan dan tempat hiburan masih beroperasi lebih dari pukul 21.00 WIB.

Meskipun Pemkot Palembang sudah menerbitkan perwali terkait pembatasan operasional, namun aturan tersebut dinilainya belum efektif karena bersifat imbauan dan tidak konkret sebagai penegasan.

Sementara, menurutnya lagi, penanganan-penanganan kasus Covid-19 belum menunjukkan hasil yang optimal.

Selain itu, diberlakukannya jam malam dinilai lebih menimbulkan efek jera ke masyarakat, karena pola-pola penegasan sanksi lebih efektif diterapkan kepada masyarakat dibanding sekadar imbauan.

“Masyarakat perlu diedukasi dengan sanksi yang lebih konkret,” kata Syaiful yang juga anggota tim Satgas Lawan COVID-19 DPRD Sumsel.

Dia menambahkan penerapan jam malam juga tidak terlalu mengganggu sektor ekonomi, karena aktivitas masyarakat masih bisa dilakukan pada siang hari.

Ia meyakini adanya jam malam akan mendorong Kota Palembang lebih cepat menekan kasus positif serta bisa keluar dari zona merah COVID-19. []

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03