28 April 2024 - 00:27 0:27

Dua Hektare Lahan di Aceh Besar Hangus Terbakar akibat Kemarau

wartapenanews.com – Musim kemarau mengakibatkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang menghanguskan sekitar dua hektare lahan di wilayah Gampong Data Makmur, Kecamatan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, pada Minggu (11/6) malam.

“Kondisi terakhir api sudah berhasil dipadamkan,” kata Kepala Pelaksana Badan Pengendalian Bencana Aceh (BPBA), Ilyas, di Banda Aceh, Senin (12/6/2023) dini hari.

Ia menjelaskan, kebakaran lahan terjadi sekitar pukul 19.10 WIB. Luas lahan yang terbakar sekitar dua hektare. Untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan petugas.

Lahan di kawasan berbukit tersebut merupakan milik Syamsuar (42). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Saat menerima informasi Karhutla, kata Ilyas, BPBD Aceh Besar langsung mengerahkan dua unit armada pemadam kebakaran (Damkar) ke lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman.

Hingga kini, petugas sudah berhasil memadamkan api sehingga tidak menjalar membakar lahan lainnya.

“BPBD Aceh Besar mengerahkan dua unit armada damkar masing-masing dari Pos Sibreh dan Pos Durung ke lokasi kejadian,” ujarnya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat Aceh untuk mewaspadai potensi karhutla sebagai dampak dua fenomena perubahan iklim yaitu El Nino dan Indian Ocean Dipole (IOD) yang mengakibatkan kekeringan di wilayah Indonesia.

“Jadi untuk karhutla di periode ini memang lebih berpotensi terjadi, karena kekeringan. Kemudian juga karena pengaruh suhu permukaan yang meningkat sehingga lahan-lahan mudah terbakar,” kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda (SIM), Nasrol Adil. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03