7 Februari 2023 - 08:05 8:05

Durasi Olahraga yang Baik dalam Seminggu Itu…

WartaPenaNews, Jakarta – Saat ini masyarakat mulai menyadari akan pola hidup sehat. Hal tersebut terlihat dari makin menjamurnya pusat kebugaran, ramainya car free day dengan penggiat olahraga, beragam event olahraga, hingga makin banyaknya pilihan produk dan menu sehat di restoran dan swalayan.

Nah, soal durasi olahraga yang dianjurkan, ini masih simpang siur. Ada yang bilang setiap hari, dua kali, tiga kali, bahkan satu kali seminggu saja sudah cukup. Lalu berapa kali sebaiknya berolahraga dalam seminggu?

Anda disarankan untuk berolahraga minimal:

1. Selama 150 menit dalam seminggu jika melakukan olahraga kardio intensitas ringan-sedang (5 kali seminggu, 30 menit tiap sesi atau 3 kali seminggu, 1 jam tiap sesi).

2. Selama 75 menit untuk olahraga kardio intensitas berat atau kombinasi antara intensitas sedang dan berat (3 kali seminggu, 25 menit tiap sesi).

3. Ada bermacam-macam olahraga kardio yang bisa Anda pilih. Mulai dari joging, lari, renang, bersepeda, menari, dan masih banyak lagi.

Selain olahraga kardio, Anda juga disarankan untuk mengombinasikannya dengan olahraga angkat beban sebanyak 2-3 kali seminggu. Olahraga angkat beban ini bisa dilakukan dengan alat canggih yang ada di pusat kebugaran, dengan dumbell, atau tanpa alat sama sekali. Gerakan yang dapat Anda lakukan tanpa alat antara lain adalah squat, push-up, sit-up, plank, dan pull-up.

Agar lebih bersemangat, ajak teman-teman Anda atau anggota keluarga lainnya untuk berolahraga bersama. Anda juga bisa melakukan variasi jenis olahraga untuk mencegah rasa bosan. Percaya, deh, durasi yang dianjurkan tak akan terasa karena dilakukan dengan senang, badan pun jadi sehat dan bugar. (dbs/klikdokter)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

Presiden Rusia Vladimir Putin
Pasok Tank untuk Ukraina, Putin Ancam Jerman Pakai Nuklir
film
Deretan Film Semi China Terbaik
satu 1
Viral, Siswa Teladan di SMA Kotamobagu Dianiaya hingga Babak Belur
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
6 Februari 2023 - 12:17
Diduga Sebabkan Gagal Ginjal, BPOM Setop Sementara Produksi-Distribusi Obat Sirop

wartapenanews.com - Dua anak di Jakarta dilaporkan mengidap Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) pada awal Februari 2023, setelah kasus serupa tak ditemukan sejak Desember 2022. Satu meninggal dan satu

01
|
6 Februari 2023 - 11:08
Ecky Kuras Harta Senilai 1,1 Miliar, Usai Bunuh dan Mutilasi Angela

wartapenanews.com - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya mengungkapkan tersangka M Ecky Listiantho (34) atau MEL menguras harta korban usai melakukan pembunuhan terhadap Angela Hindriati (54) atau AHW

02
|
6 Februari 2023 - 10:11
Gempa 7,8 Magnetudo Robohkan Bangunan di Turki

wartapenanews.com -  Gempa bumi dahsyat berkekuatan 7,8 magnitudo menggetarkan Provinsi Osmaniye di Turki, pada Senin (6/2). Getaran gempa terasa hingga negara tetangganya, Suriah, dan berlangsung pada pagi buta — ketika

03