29 March 2024 - 00:38 0:38

Durasi Olahraga yang Baik dalam Seminggu Itu…

WartaPenaNews, Jakarta – Saat ini masyarakat mulai menyadari akan pola hidup sehat. Hal tersebut terlihat dari makin menjamurnya pusat kebugaran, ramainya car free day dengan penggiat olahraga, beragam event olahraga, hingga makin banyaknya pilihan produk dan menu sehat di restoran dan swalayan.

Nah, soal durasi olahraga yang dianjurkan, ini masih simpang siur. Ada yang bilang setiap hari, dua kali, tiga kali, bahkan satu kali seminggu saja sudah cukup. Lalu berapa kali sebaiknya berolahraga dalam seminggu?

Anda disarankan untuk berolahraga minimal:

1. Selama 150 menit dalam seminggu jika melakukan olahraga kardio intensitas ringan-sedang (5 kali seminggu, 30 menit tiap sesi atau 3 kali seminggu, 1 jam tiap sesi).

2. Selama 75 menit untuk olahraga kardio intensitas berat atau kombinasi antara intensitas sedang dan berat (3 kali seminggu, 25 menit tiap sesi).

3. Ada bermacam-macam olahraga kardio yang bisa Anda pilih. Mulai dari joging, lari, renang, bersepeda, menari, dan masih banyak lagi.

Selain olahraga kardio, Anda juga disarankan untuk mengombinasikannya dengan olahraga angkat beban sebanyak 2-3 kali seminggu. Olahraga angkat beban ini bisa dilakukan dengan alat canggih yang ada di pusat kebugaran, dengan dumbell, atau tanpa alat sama sekali. Gerakan yang dapat Anda lakukan tanpa alat antara lain adalah squat, push-up, sit-up, plank, dan pull-up.

Agar lebih bersemangat, ajak teman-teman Anda atau anggota keluarga lainnya untuk berolahraga bersama. Anda juga bisa melakukan variasi jenis olahraga untuk mencegah rasa bosan. Percaya, deh, durasi yang dianjurkan tak akan terasa karena dilakukan dengan senang, badan pun jadi sehat dan bugar. (dbs/klikdokter)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03