3 Februari 2023 - 13:47 13:47

Lebih Sehat Mana, Jagung Muda atau Jagung Tua?

WartaPenaNews, Jakarta – Jagung adalah salah satu jenis karbohidrat pengganti nasi. Di sejumlah negara bahkan jagung menjadi makanan pokok selain beras dan gandum. Warna jagung berasal dari Anthocyanin dan Phlobaphenes.

Selain jagung dewasa (tua), ada juga jagung muda atau baby corn. Jagung muda dipanen pada usia dini, ketika batangnya masih belum matang dan kecil. Jagung muda umumnya berwarna kuning pucat beda dengan jagung dewasa. Tapi, lebih sehat mengosumsi jagung tua atau muda ya? Dilansir dari Boldsky, Senin (4/2), ada bebera fakta yang wajib diketahui sebelum memakan jagung.

Jagung Tua
Jagung tua biasa dimakan secara keseluruhan dan bisa juga dikonsumsi dalam bentuk tepung jagung. Jagung kaya akan vitamin A, B dan E, Thiamin, Niacin, Pantothenic Acid, dan folat. Vitamin dan Niacin mendorong pertumbuhan sel. Panthothenic Acid penting untuk lipid, protein dan metabolisme karbohidrat dalam tubuh.

Sedangkan Folat sangat penting bagi ibu hamil guna menghindari kasus kekurangan gizi pada bayi. Jagung juga tinggi serat, sehingga mencegah penyakit terkait pencernaan, seperti sembelit. Selain itu jagung juga memiliki cadangan antioksidan yang mencegah oksidasi berlebih di sel-sel tubuh.

Minyak Jagung
Ada pula minyak jagung yang memiliki efek anti-aterogenik pada tingkat kolesterol dalam tubuh. Minyak jagung mengurangi risiko berbagai penyakit kardiovaskular.

Jagung Muda
Sedangkan jagung muda adalah sayuran rendah kalori dengan pati lebih rendah daripada jagung tua. Jagung muda juga memiliki kandungan karbohidrat yang lebih rendah. Jagung muda sangat kaya serat. Serat ini membuat tubuh kenyang dan mencegah makan berlebih. Jagung muda juga mengatur jantung menjadi sehat dan menghindari penyakit yang berhubungan dengan jantung.

Jagung muda memiliki 0 persen lemak di dalamnya. Kaya sumber Vitamin A dan C. Sehingga penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi. Jagung muda juga memiliki zat besi yang berguna untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Jadi Mana yang Lebih Sehat?
Jagung menyimpan kalori dan mencegah semua penyakit jantung. Sedangkan jagung muda adalah teman terbaik, rendah karbohidrat, rendah pati, 0 persen lemak. Jadi kesimpulannya, keduanya sehat, tetapi jika ingin nol persen lemak, pilihlah jagung muda. (dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
satu 1
Wowon Erawan Tega Membunuh Anaknya, Ini Alasannya

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
3 Februari 2023 - 12:13
Viral, Siswa Teladan di SMA Kotamobagu Dianiaya hingga Babak Belur

wartapenanews.com  -  Seorang siswa teladan dari SMA Negeri 1 Kota Kotamobagu di Sulawesi Utara (Sulut) bernama Aldi, dianiaya atau dikeroyok oleh belasan siswa lainnya hingga babak belur dan harus dibawa

01
|
3 Februari 2023 - 11:07
Hujan Deras di Gunungkidul Menyebabkan Tanah Longsor

wartapenanews.com  - Hujan deras yang mengguyur Gunungkidul, Kamis (2/2/2023) malam memicu beberapa bencana tanah longsor. Hujan yang mulai pukul 19.00 WIB mengakibatkan tanah longsor di beberapa titik. Tak hanya itu,

02
|
3 Februari 2023 - 10:06
Anggota DPRD Pekalongan Ditangkap saat Pesan Sabu

wartapenanews.com  -  Seorang anggota DPRD Kota Pekalongan, Jawa Tengah, berinisial JZ (53) ditangkap atas kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu. JZ ditangkap di rumah rekannya pada Minggu 29 Januari 2023 kemarin.

03