27 April 2024 - 14:11 14:11

Ekonomi AS Tumbuh 3,3 Persen

WARTAPENANEWS.COM – Amerika Serikat (AS) mencatat pertumbuhan ekonomi 3,3 persen pada kuartal IV 2023. Perekonomian AS tumbuh lebih cepat dari perkiraan pada kuartal ini di tengah kuatnya belanja konsumen, meskipun di lain sisi ada prediksi buruk mengenai resesi.

Mengutip Reuters, Jumat (26/1), laporan pertumbuhan ekonomi oleh Departemen Perdagangan AS pada hari Kamis juga menunjukkan tekanan inflasi semakin mereda.

“Bagaimanapun Anda membaginya, laporan ini menutup tahun dengan kinerja pertumbuhan ekonomi yang luar biasa, terutama dengan latar belakang siklus pengetatan kebijakan moneter agresif The Fed. Momentum pertumbuhan ekonomi memasuki tahun 2024 terlihat sangat baik,” kata Kepala Ekonomi regional AS di Fitch Ratings di New York, Olu Sonola.

Menurut Biro Analisis Ekonomi Departemen Perdagangan, pertumbuhan juga didukung oleh peningkatan ekspor, belanja pemerintah, dan investasi dunia usaha.

Bank sentral diperkirakan akan mempertahankan suku bunga kebijakannya tidak berubah pada kisaran 5,25-5,50 persen saat ini pada pertemuan minggu depan. Sejak Maret 2022, The Fed telah menaikkan suku bunga acuan overnight sebesar 525 basis poin.

Dengan data ekonomi yang terus memberikan kejutan positif, pasar keuangan telah mendorong kemungkinan penurunan suku bunga di bulan Maret menjadi di bawah 50 persen. Sedangkan kemungkinannya meningkat untuk pertemuan kebijakan bulan Mei. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03