29 April 2024 - 14:42 14:42

Eksplorasi Minat dan Bakat Anak dengan Minum Susu

WartaPenaNews, Jakarta – Orang tua milenial menjadi pihak yang cukup rentan dengan kemajuan teknologi, serta arus informasi yang kian deras. Khususnya dalam mendukung tumbuh kembang anak mereka, yang merupakan generasi alpha.

Generasi alpha lahir di era globalisasi, yang dihadapkan dengan beragam pilihan, termasuk minat yang beragam. Minat pada anak mulai bisa dikenali sejak periode usia emas (usia 1 – 5 tahun).
Untuk mendukung potensi dan minat anak, penting melengkapi kebutuhan dasar anak akan pemenuhan nutrisi yang baik dan seimbang.

Empat Langkah Penting Maksimalkan Minat dan Potensi Generasi Alpha

Selain pertumbuhan fisik dan kognitif, di usia emas, anak juga mulai menunjukkan rasa ingin tahu dan minat terhadap sesuatu.

Psikolog Klinis Anak, Kantiana Taslim menyampaikan, ” Minat seorang anak dimulai dari perasaan penasaran (curiosity) yang mendorong anak untuk bereksplorasi. Minat juga merupakan aspek penting dalam hubungan antara orang tua dan anak. Sebagai orang tua, memberikan respon yang antusias akan membuat anak bersemangat untuk mencari tahu dan mengeksplorasi banyak hal.

Namun perlu diingat, anak-anak generasi alpha tumbuh secara berbeda dari orang tua mereka. Sehingga pendekatan yang dilakukan pun perlu disesuaikan dengan kondisi yang ada.

Berikut 4 langkah penting, peran orang tua dalam memaksimalkan minat dan potensi generasi alpha:

1. Penuhi kebutuhan nutrisi harian, khususnya yang berperan dalam pembentukan otak anak.

2. Berikan stimulus melalui berbagai macam aktivitas, namun jangan memaksakan minat orang tua kepada anak. Biarkan anak berproses menemukan minatnya sendiri.

3. Mengajarkan optimisme dengan menstimulasi dan mendorong anak untuk terus mencoba.

4. Memberikan apresiasi terhadap usaha anak untuk meningkatkan motivasi dan hindari penilaian atau judgment.

Ayo Bu, Berikan Protein Hewani di Usia Emas Anak

Pemenuhi gizi di masa awal kehidupan, merupakan masa krusial yang berlangsung sangat pendek dan tidak dapat terulang kembali.

Asupan yang sehat dan seimbang pada periode ini, akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan fisik dan otak anak yang optimal di masa depan. Kompisisi pemenuhan gizi pada anak di usia pertumbuhan fisik dan otak anak yang optimal di masa depan.

Komposisi pemenuhi gizi pada anak di usia pertumbuhan, tentu berbeda dengan pemenuhan gizi orang dewasa. Salah satu asupan yang penting pada periode ini adalah protein hewani. Asam amino yang terkandung dalam protein hewani lebih lengkap untuk pertumbuhan tulang dan kecerdasan anak.

Pentingnya pemenuhan gizi, utamanya protein hewani pada periode emas anak, juga ditegaskan Dokter Anak Spesialis Nutrisi dan Penyakit Metabolik Pada Anak, Prof. Dr.dr.Damayanti Rusli Sjarif, SpA(K). “Masa awal kehidupan menjadi periode krusial dalam perkembangan anak, dimana otak anak berkembang dengan pesat. Anak dengan berat badan kurang dari 10 kg, sebanyak 50-60 persen yang ada dipakai untuk perkembangan otak. Bila asupan gizinya kurang, maka otak pula yang akan dikorbankan terlebih dulu.

Dampaknya, jika pada periode ini asupan gizi tidak terpenuhi dengan baik, fungsi kognitif akan terganggu, begitupun sistem pembakaran lemak. Selain memenuhi kebutuhan ASI, penting bagi orang tua untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang anak. Utamanya dengan karbohidrat, lemak dan protein hewani. Protein hewani menjadi penting, karena kandungan asam amino esensial terlengkap yang terkandung di dalamnya berperan dalam membantu pertumbuhan dan kecerdasan otak anak.

Sumber protein hewani terbaik, dapat ditemukan pada susu, daging, telur, unggas, dan ikan.”

“Perlu diingat, asupan protein perlu didukung oleh asupan bergizi lainnya. Selain protein, anak juga membutuhkan energi, karbohidrat, lemak, dan nutrisi mikro lainnya seperti vitamin dan mineral, ” kata Prof. Damayanti.

Dukung Periode Emas Dengam Susu Khusus

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi di masa pertumbuhan emas, Frisian Flag Indonesia (FFI) resmi meluncurkan varian terbaru, Frisian Flag Junio. Inovasi untuk anak Indonesia ini menghadirkan susu sapi yang mengandung asam amino esensial, serta komponen ‘Nutribrain’ berupa 9 vitamin, 6 mineral, omega 3 dan omega 6, serta komposisi rendah gula. Hadir dalam empat pilihan rasa yang disukai anak, plain, cokelat, stroberi, dan pisang. Frisian Flag Junio mendukung anak meraih minat dan bakat terbaiknya, sejak memasuki usia emas.

“Kesadaran dan pengetahuan akan pentingnya pemenuhan kebutuhan nutrisi di masa emas pertumbuhan, perlu dipahami oleh orang tua, guna mendukung potensi terbaik anak sejak usia dini. Hadir dengan inovasi terbaru yang rendah gula, serta menjadi pilihan tepat untuk mengajarkan anak minum susu secara mandiri. Dengan harga yang terjangkau, inovasi hadir melalui rasa pisang. Buah pisang merupakan buah MPASI pertama yang dikenalkan pada anak. Menjadikan produk susu pertama di kelasnya yang hadir dengan varian rasa pisang, ” ujar Marketing Director Frisian Flag Indonesia, Felicia Julian.

“Untuk membantu anak meraih minat dan potensi terbaik mereka, penting bagi orang tua untuk menempatkan diri sebagai pembimbing dan pendukung yang membantu menstimulasi proses eksplorasi minat anak. Nutrisi makro dan mikro yang terkandung di dalam Frisian Flag Junio berperan penting dalam mendukung pertumbuhan, aktivitas harian dan proses eksplorasi anak. Kehadiran produk ini sekaligus menjadi wujud komitmen FFI yang mengusung visi, ‘Nourishing by Nature’ melalui ketersediaan gizi berkualitas bagi keluarga Indonesia. Kami percaya, dengan terus memberikan asupan nutrisi berkualitas, membuka kesempatan bagi anak untuk tumbuh dengan minat yang berbeda. Serta menanamkan nilai-nilai penting dan mendasar pada anak, sejak usia dini. Generasi ini akan tumbuh menjadi generasi yang berkualitas, kompetitif dan siap menghadapi berbagai peluang dan tantangan yang akan dihadapi di masa datang, “tegas Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro. (bud)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 12:13
Polisi Selidiki soal Pelat BMW Emas Milik Pelaku Pembunuhan Remaja Open BO

WARTAPENANEWS.COM – Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan mobil BMW berwarna emas milik Arif Nugroho, pelaku yang mencekoki remaja 16 tahun hingga tewas di sebuah hotel

01
|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

02
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

03