21 May 2024 - 23:04 23:04

Enam Kabupaten di Aceh Terendam Banjir

WartaPenaNews, Jakarta – Hujan yang mengguyur sejumlah wilayah di Aceh satu pekan terakhir memicu enam kabupaten kebanjiran. Wilayah yang dirundung banjir, salah satunya Simeulue, Pidie Jaya, Nagan Raya, Kabupaten Aceh Barat, Aceh Jaya, dan Aceh Singkil.

Sejak mulai 21 Oktober sampai 24 Oktober 2019, sudah 26 desa dan sembilan kecamatan terbenang banjir. Wilayah yang terparah yakni di Kabupaten Simeulue, sejumlah infrastruktur seperti jembatan, putus dan sawah penduduk turut terbenang.

Setelah itu di wilayah itu, ketinggian air mencapai seratus meter yang memaksakan penduduk pindah ke masjid dan tempat evakuasi sementara.

Di Aceh Barat dan Aceh Jaya debet air masih tinggi. Di sejumlah kecamatan di Aceh Barat ketinggian air mencapai 50 sentimeter. Setelah itu di Aceh Jaya ketinggian air mencapai 70 sentimeter. Ini karena meluapnya air sungai dan tersumbatnya aliran parit.

Begitupun di Kabupaten Nagan Raya, banjir merendam sekolah di Kecamatan Darul Makmur hingga mengganggu aktivitas belajar di sekolah itu karena ruangan kelas turut terbenang.

Kepala Badan Penanggulangan Tragedi Aceh Sunawardi memerintah setiap aparat BPBD mengamati dan bekerjasama dengan team dan bagian pimpinan kecamatan ditempat untuk melakukan bahas cepat terkait jumlahnya korban terekses dan efek material.

“Hingga saat ini, kita masih melakukan observasi dan pendaftaran ke titik area yang terkena banjir,” kata Sunawardi, Kamis, 24 Oktober 2019. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
21 May 2024 - 12:39
Presiden Iran Ebrahim Raisi Akan Dimakamkan di Kota Mashhad

WARTAPENANEWS.COM – Meninggalnya Presiden Iran Ebrahim Rais dalam kecelakaan helikopter di Azerbaijan Timur menyisakan duka bagi masyarakat Iran. Prosesi upacara pemakaman terhadap Raisi akan digelar dari Selasa sampai Kamis pekan

01
|
21 May 2024 - 12:19
Gempa Berkekuatan 5,3 Magnitudo Guncang Malang Getarannya Terasa hingga Jember

WARTAPENANEWS.COM – Gempa berkekuatan 5,3 magnitudo mengguncang Kab. Malang, Jawa Timur, Selasa (21/5). Gempa terjadi sekitar pukul 02.42 WIB. BMKG menginformasikan, gempa berpusat di 127 km Tenggara Kab. Malang tepatnya

02
|
21 May 2024 - 11:36
Ini Penyebab Tabrakan Beruntun di Tol Jagorawi

WARTAPENANEWS.COM – Terjadi tabrakan beruntun di Tol Jagorawi arah Jakarta, Selasa pagi (21/5). Setidaknya tiga mobil terlibat, dua di antaranya adalah Toyota Calya/Daihatsu Sigra. Kecelakaan tersebut viral di media sosial

03