26 May 2024 - 03:18 3:18

Erick Thohir Dinilai Sosok yang Tepat untuk Memimpin PSSI

WartaPenaNews, Jakarta – Nama Erick Thohir makin menggema di telinga pengurus PSSI pusat dan daerah. Bukan lantaran pengalamannya dalam mengelola Inter Milan atau klub lainnya, namun menurut Wakil Presiden Wakil Presiden Jusuf Kalla, pendiri Mahaka Group itu sosok ideal untuk menata PSSI dalam sisi organisasi, kompetisi dan prestasi.

Ya, di tengah wacana Kongres luar biasa (KLB) PSSI yang belum juga jelas kapan dihelat, terus bermunculan nama-nama tokoh yang kepincut menahkodai PSSI. Setelah Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar mengungkapkan niat untuk maju, kini giliran nama Erick Thohir disebut-sebut sosok paling layak pimpin PSSI.

“Mempertimbangkan kondisi PSSI saat ini. Dan sisi pengalaman, ya saya rasa Erick. Pengalaman menata bola internasionalnya menjadi poin tersendiri,” ujar JK saat ditanya tentang sosok yang layak memimpin PSSI di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, kemarin (30/1).

Erick tercatat pernah menjadi presiden Inter Milan, pemilik DC United, salah seorang direktur Oxford United, dan wakil komisaris di Persib Bandung. Saat ini Erick juga menjadi ketua umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) periode 20142019.

Sementara itu, mengenai majunya Muhaimin, JK menganggapnya sebagai sesuatu yang biasa. Tapi, tentu masyarakat sepak bola tanah air bisa punya pertimbangan dalam menentukan pilihan. “Ya, mencalonkan diri bisa-bisa saja,” katanya.

Menurut JK, yang terpenting, yang memimpin PSSI harus punya pengalaman. JK sendiri dulu juga pernah berkecimpung di sepak bola, baik di PSM Makassar maupun klub Galatama Makassar Utama. “Saya tidak tahu lagi siapa yang punya pengalaman-pengalaman. Zaman dulu saya tahu karena kami sering rapat di PSSI secara bersama-sama,” ujarnya.

Terpisah, Anggota Executive Committee (Exco) PSSI Gusti Randa mengatakan, siapa pun sosok yang muncul itu adalah dinamika yang harus dihargai. Terlebih dengan harapan masyarakat yang kian tinggi terhadap langkah PSSI. “Sekarang fokus KLB dulu, kan belum ditetapkan waktunya. Kalau soal itu (Erick, ya sah-sah saja siapa pun nama yang dimunculkan. Saya sih terbuka, dan teman-teman juga menyambut baik,” ujarnya.

Meski demikian, lanjut Gusti, tentu ada syaratnya. Salah satunya adalah lewat KLB. Atau menunggu kongres pada 2020 ketika masa jabatan Plt Ketua Umum Joko Driyono selesai. “Yang penting voters (pemilik suara, red) atau anggota PSSI menginginkan hal tersebut,” ungkapnya.

Gusti juga tidak membatasi siapa pun untuk mengajukan diri. Baik politikus, pengusaha, birokrat, maupun orang-orang yang justru ada di luar sepak bola. Tapi, tentu syaratnya tetap harus mengikuti statuta PSSI. “Selama itu ditepati atau dipenuhi, tidak ada masalah,” ucapnya.

Ketika dikonfirmasi secara terpisah, Erick mengaku berterima kasih atas penyebutan namanya oleh JK sebagai salah seorang yang layak memimpin PSSI. Kalau Pak JK bicara begitu, tentu saya sangat menghargai karena beliau juga yang selama ini membina saya di banyak hal, kata Erick.

Namun, jelas Erick, posisinya sekarang masih berada di Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Maruf Amin. Setidaknya sampai April atau setelah pemilihan umum presiden. Dia tidak ingin ada kesan sepak bola dicampuradukkan dengan urusan politik. “Wah PSSI lagi ya. Itu nanti ya, yang pasti terima kasih atas support semua pihak,” singkatnya. (dbs)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 May 2024 - 12:41
Terjadi Lagi, Bus Rombongan Study Tour Alami Kecelakaan di Sumsel

WARTAPENANEWS.COM – Kecelakaan bus rombongan study tour kembali terjadi, kali ini dialami oleh bus membawa rombongan study tour Sekolah Dasar (SD) yang diduga dari Kecamatan Cempaka, Kabupaten OKU Timur, Sumatera

01
|
25 May 2024 - 11:38
Di Wilayah Ini, Kendaraan Tanpa Pelat Nomor Makin Marak

WARTAPENANEWS.COM –  Kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil tanpa pelat nomor (TNKB) kembali marak di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Ironisnya, para pengemudi kendaraan ini rata-rata mengemudi secara ugal-ugalan

02
|
25 May 2024 - 10:39
Makin Meluas, Ada 47 RT di Jakarta yang Terendam Banjir

WARTAPENANEWS.COM – Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya mulai Jumat (24/5), menimbulkan genangan dan banjir di sejumlah wilayah, Sabtu (25/5). BPBD DKI melaporkan, banjir siang ini meluas hingga ke

03