24 April 2024 - 16:54 16:54

Erick Thohir Dinilai Sosok yang Tepat untuk Memimpin PSSI

WartaPenaNews, Jakarta – Nama Erick Thohir makin menggema di telinga pengurus PSSI pusat dan daerah. Bukan lantaran pengalamannya dalam mengelola Inter Milan atau klub lainnya, namun menurut Wakil Presiden Wakil Presiden Jusuf Kalla, pendiri Mahaka Group itu sosok ideal untuk menata PSSI dalam sisi organisasi, kompetisi dan prestasi.

Ya, di tengah wacana Kongres luar biasa (KLB) PSSI yang belum juga jelas kapan dihelat, terus bermunculan nama-nama tokoh yang kepincut menahkodai PSSI. Setelah Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar mengungkapkan niat untuk maju, kini giliran nama Erick Thohir disebut-sebut sosok paling layak pimpin PSSI.

“Mempertimbangkan kondisi PSSI saat ini. Dan sisi pengalaman, ya saya rasa Erick. Pengalaman menata bola internasionalnya menjadi poin tersendiri,” ujar JK saat ditanya tentang sosok yang layak memimpin PSSI di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, kemarin (30/1).

Erick tercatat pernah menjadi presiden Inter Milan, pemilik DC United, salah seorang direktur Oxford United, dan wakil komisaris di Persib Bandung. Saat ini Erick juga menjadi ketua umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) periode 20142019.

Sementara itu, mengenai majunya Muhaimin, JK menganggapnya sebagai sesuatu yang biasa. Tapi, tentu masyarakat sepak bola tanah air bisa punya pertimbangan dalam menentukan pilihan. “Ya, mencalonkan diri bisa-bisa saja,” katanya.

Menurut JK, yang terpenting, yang memimpin PSSI harus punya pengalaman. JK sendiri dulu juga pernah berkecimpung di sepak bola, baik di PSM Makassar maupun klub Galatama Makassar Utama. “Saya tidak tahu lagi siapa yang punya pengalaman-pengalaman. Zaman dulu saya tahu karena kami sering rapat di PSSI secara bersama-sama,” ujarnya.

Terpisah, Anggota Executive Committee (Exco) PSSI Gusti Randa mengatakan, siapa pun sosok yang muncul itu adalah dinamika yang harus dihargai. Terlebih dengan harapan masyarakat yang kian tinggi terhadap langkah PSSI. “Sekarang fokus KLB dulu, kan belum ditetapkan waktunya. Kalau soal itu (Erick, ya sah-sah saja siapa pun nama yang dimunculkan. Saya sih terbuka, dan teman-teman juga menyambut baik,” ujarnya.

Meski demikian, lanjut Gusti, tentu ada syaratnya. Salah satunya adalah lewat KLB. Atau menunggu kongres pada 2020 ketika masa jabatan Plt Ketua Umum Joko Driyono selesai. “Yang penting voters (pemilik suara, red) atau anggota PSSI menginginkan hal tersebut,” ungkapnya.

Gusti juga tidak membatasi siapa pun untuk mengajukan diri. Baik politikus, pengusaha, birokrat, maupun orang-orang yang justru ada di luar sepak bola. Tapi, tentu syaratnya tetap harus mengikuti statuta PSSI. “Selama itu ditepati atau dipenuhi, tidak ada masalah,” ucapnya.

Ketika dikonfirmasi secara terpisah, Erick mengaku berterima kasih atas penyebutan namanya oleh JK sebagai salah seorang yang layak memimpin PSSI. Kalau Pak JK bicara begitu, tentu saya sangat menghargai karena beliau juga yang selama ini membina saya di banyak hal, kata Erick.

Namun, jelas Erick, posisinya sekarang masih berada di Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Maruf Amin. Setidaknya sampai April atau setelah pemilihan umum presiden. Dia tidak ingin ada kesan sepak bola dicampuradukkan dengan urusan politik. “Wah PSSI lagi ya. Itu nanti ya, yang pasti terima kasih atas support semua pihak,” singkatnya. (dbs)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
24 April 2024 - 12:17
Imbas Tebak-tebakan ‘Hewan Mengaji’, TikToker Galih Loss Berakhir di Jeruji Besi

WARTAPENANEWS.COM -  Polda Metro Jaya menetapkan TikToker bernama Galih yang memiliki akun @Galihloss29 sebagai tersangka. Hal ini dilakukan buntut dari konten tebak-tebakan terkait 'hewan mengaji'. Galih ditangkap oleh Dittipidsiber Bareskrim

01
|
24 April 2024 - 11:16
Alyssa Soebandono Lahirkan Anak Perempuan

WARTAPENANEWS.COM - Alyssa Soebandono baru saja melahirkan anak ketiganya yang berjenis kelamin perempuan. Kehadiran anak ketiganya jelas disambut bahagia oleh istri Dude Harlino beserta keluarganya. Diketahui anak ketiga Alyssa dan

02
|
24 April 2024 - 10:15
Perkosa Perempuan ODGJ, Pria di Bandar Lampung Dibekuk Polisi

WARTAPENANEWS.COM - Seorang pria lansia nekat memperkosa perempuan pengidap gangguan jiwa atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di pinggir jalan. Pelaku berinisial MA (66) warga Gunung Agung, Kecamatan Tanjung Karang

03