29 March 2024 - 16:09 16:09

Fantastis!, PUSKAPPI Sebut Kerugian ASABRI Capai Rp 21 Triliun

WartaPenaNews, Jakarta – Pusat Kajian Kebijakan Publik Pemerintah Indonesia (PUSKAPPI) menyebutkan adanya potensi kerugian (capital loss) yang dialami oleh PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Persero) atau disingkat PT ASABRI (Persero). Diperkirakan jumlahnya sangat fantastis, yakni sebesar Rp 21 triliun.

Menurut Direktur Eksekutif PUSKAPPI Maizal Alfian, ASABRI melakukan investasi beresiko di 12 emiten saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

“Sepanjang 2019 hingga Januari 2020 tercatat mengalami kondisi bearish (turun) dan berpotensi capital loss dengan nilai fantastis yakni sebesar lebih dari Rp21 triliun dari nilai awal perhitungan Rp52 triliun, artinya potensi kerugian negara lebih dari Rp10 triliun dari yang disampaikan oleh Menkopolhukam RI,” ungkap Alfian dalam siaran persnya, Senin (13/1/2020).

ASABRI adalah sebuah BUMN yang bergerak di bidang Asuransi Sosial dan pembayaran pensiun khusus untuk Prajurit TNI, Anggota Polri, PNS Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dan PNS Polri.

Alfian menerangkan, ke-12 emiten saham yang dimiliki PT. ASABRI yakni pada emiten;
1. PT Bank Yudha Bhakti Tbk (BBYB),
2. PT Pelat Timah Nusantara Tbk (NIKL),
3. PT Indofarma Tbk (INAF),
4. PT Hanson International Tbk (MYRX),
5. PT Inti Agri Resources Tbk (IIKP),
6. PT Prima Cakrawala Abadi Tbk (PCAR),
7. PT Alfa Energi Investama Tbk (FIRE),
8. PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA),
9. PT SMR Utama Tbk (SMRU),
10. PT Kimia Farma Tbk (KAEF),
11. PT Sidomulyo Selaras Tbk (SDMU), dan
12. PT Island Concepts Indonesia Tbk (ICON).

Kepemilikan Saham pada emiten PT. Pool Advista Indonesia Tbk (POOL) sempat dimiliki Asabri hingga akhir 2018, namun saham ini mengalami suspensi pada akhir September 2019. Dua saham lain yaitu PT PP Properti Tbk (PPRO) dan PT Pool Advista Finance Tbk (POLA) sebaliknya.

“Tadinya tidak dimiliki di akhir 2018 sehingga baru dimiliki pada akhir September 2019. Karena itu, hitungan dari tiga saham terakhir, yaitu POOL, POLA, dan PPRO tidak dihitung dalam potensi penurunan portofolio saham PT. ASABRI tersebut,” paparnya.

Dugaan kerugian negara yang dialami dalam tubuh ASABRI sangat menyengsarakan rakyat terutama menyengsarakan prajurit beserta keluarganya yang sudah berpeluh keringat, darah serta air mata untuk bangsa dan negara akan tetapi justru dana mereka disalahgunakan oleh oknum yang hanya ingin memperkaya diri sendiri.

“Bila dugaan kerugiaan negara akibat investasi beresiko ini adalah kesalahan Direksi PT ASABRI beserta jajaran, maka semua oknum yang terlibat harus bertanggung jawab dan diproses hukum sesuai peraturan hukum yang berlaku,” jelasnya.

Atas kejadian itu PUAKAPPI menuntut :

1. Menkopolhukam RI harus segera membentuk tim khusus yang terdiri dari KPK, BPK, Kejagung dan Kepolisian Republik Indonesia untuk mengusut dengan tuntas atas perihal kerugiaan negara atas investasi beresiko oleh Direksi PT ASABRI maupun seluruh perusahaan asuransi plat merah (BUMN) lainnya karena jasa asuransi pemerintah saat ini cenderung menjadi lumbung korupsi.

2. Menkopolhukam RI pun harus bisa mempublikasi secara terang benderang kepada rakyat indonesia, oknum yang terlibat dalam skandal kerugian negara tersebut sebagai langkah konkrit merealisasikan janji Presiden Jokowi untuk memberantas korupsi.

3. Kepada tim khusus yang terdiri dari KPK, BPK, Kejagung dan Kepolisian Republik Indonesia agar menjaga profesionalitas rposes penyelidikan dan penyidikan hingga penuntutan serta konsisten dan berintegritas dalam menjalankan perintah Presiden Jokowi untuk menggebuk siapa pun oknum pejabat PT. ASABRI maupun lainnya yang terlibat dalam dugaan indikasi korupsi kerugian negara di perusahaan asuransi plat merah (BUMN). (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03