5 May 2024 - 08:34 8:34

Hanya Pasien Sedang-Berat Covid-19 Dirawat di RS

WartaPenaNews, Jakarta – Pemerintah telah menyiapkan sejumlah rumah sakit untuk penanganan pasien virus corona atau Covid-19. Bahkan wisma atlet di Kemayoran, Jakarta, juga ikut dijadikan sebagai tempat penanganan pasien. Nantinya sejumlah tambahan ruang isolasi tersebut akan dijadikan role model bagi daerah dalam menangani Covid-19.

“Dua-duanya ini adalah prototype yang dibangun dari pusat harapannya nanti juga bisa dilaksanakan oleh pemerintah daerah dalam rangka melaksanakan isolasi RS,” katajuru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, Minggu (22/3/2020).

Kedepan ruang isolasi yang disiapkan tersebut hanya akan diperuntukan bagi pasien positif Covid-19 tingkat sedang dan berat.

“Sehingga hanya untuk kasus sedang-berat dengan komplikasi berat. Ini sajalah yang kita kirim ke RS yang miliki ruang isolasi tekanan negatif dengan peralatan yang canggih. Ini jadi penting karena kita harus selektif betul memanfaatkan kapasitas RS,” tuturnya.

Baca Juga: Lawan Corona, Polres Tangsel Lakukan Gowes Beri Penyuluhan ke Masyarakat

Sedangkan pasien yang mengalami gejala ringan, diminta melakukan isolasi mandiri dikediaman masing-masing. Hal itu dilakukan agar kapasitas dirumah sakit mencukupi untuk pasien sedang-berat.

“Sehingga kita tidak tergesa-gesa seluruhnya masuk ke RS, kemudian ada pasien yang miliki tuntutan layanan rawatan untuk sedang-berat kita akan kelabakan dalam menyiapkan.Ini tentunya akan mutlak butuhkan kerja sama antarpihak. Bukan hanya pemerintah, di dalam komponen pemerintah mengintegrasikan kapasitas sipil dan militer, juga dengan dunia usaha dan masyarakat. Ini kunci keberhasilan kita bersama-sama memerangi COVID-19,” tandasnya.

Untuk diketahui, hingga Minggu pukul 12.00 pasien positif Covid-19 bertambah menjadi 514 orang, 48 meninggal dan 29 berhasil sembuh. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
4 May 2024 - 12:14
Mal Rabinza di Lebak Hangus Terbakar

WARTAPENANEWS.COM – Kebakaran hebat terjadi di Mal Rangkasbitung Indah Plaza (Rabinza), Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada Sabtu (4/5/2024) dini hari. Informasi diperoleh, peristiwa itu terjadi pukul 00.25 WIB.

01
|
4 May 2024 - 11:13
Mayat Pria Ditemukan Tanpa Busana di Perumahan Sukabumi

WARTAPENANEWS.COM – Warga di Perumahan Frinanda, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, digegerkan dengan penemuan mayat pria dalam kondisi telanjang. Kejadian tragis tersebut terjadi di rumah blok B1 Nomor 1

02
|
4 May 2024 - 10:06
Exit Tol Jagorawi Arah Puncak Macet, Contraflow Diberlakukan di KM 44

WARTAPENANEWS.COM – Kemacetan terjadi di exit Tol Jagorawi arah Puncak pagi ini, Sabtu (4/5). Ini disebabkan wisatawan yang akan berlibur ke kawasan Puncak pada weekend. Informasi dari Jasa Marga, kemacetan

03